Home > Ginekologi > Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Aug 17, 2009 49 Comments by lusa

Terbukti 95% wanita yang terdiagnosis pada tahap awal kanker payudara dapat bertahan hidup lebih dari lima tahun setelah terdiagnosis sehingga banyak dokter yang merekomendasikan agar para wanita menjalani ‘sadari’ (periksa payudara sendiri – saat menstruasi – pada hari ke 7 sampai dengan hari ke 10 setelah hari pertama haid) di rumah secara rutin dan menyarankan dilakukannya pemeriksaan rutin tahunan untuk mendeteksi benjolan pada payudara. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan pada usia 20 tahun atau lebih. Bagi wanita usia lebih dari 30 tahun dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri maupun ke bidan atau dokter untuk setiap tahunnya.

Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dengan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan bentuk payudara dengan cara berbaring. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dengan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan bentuk payudara dengan cara berbaring.

  1. Melihat Perubahan Di Hadapan Cermin.
    Lihat pada cermin , bentuk dan keseimbangan bentuk payudara (simetris atau tidak). Cara melakukan :

    • Tahap 1
    • Gambar SADARI berdiri 1
      Melihat perubahan bentuk dan besarnya payudara, perubahan puting susu, serta kulit payudara di depan kaca. Sambil berdiri tegak depan cermin, posisi kedua lengan lurus ke bawah disamping badan.

    • Tahap 2
    • Gambar SADARI berdiri 2
      Periksa payudara dengan tangan diangkat di atas kepala. Dengan maksud untuk melihat retraksi kulit atau perlekatan tumor terhadap otot atau fascia dibawahnya.

    • Tahap 3
    • Gambar SADARI berdiri 3
      Berdiri tegak di depan cermin dengan tangan disamping kanan dan kiri. Miringkan badan ke kanan dan kiri untuk melihat perubahan pada payudara.

    • Tahap 4
    • Gambar SADARI berdiri 4
      Menegangkan otot-otot bagian dada dengan berkacak pinggang/ tangan menekan pinggul dimaksudkan untuk menegangkan otot di daerah axilla.

  2. Melihat Perubahan Bentuk Payudara Dengan Berbaring.
    • Tahap 1. Persiapan
    • Gambar SADARI berbaring 1
      Dimulai dari payudara kanan. Baring menghadap ke kiri dengan membengkokkan kedua lutut Anda. Letakkan bantal atau handuk mandi yang telah dilipat di bawah bahu sebelah kanan untuk menaikan bagian yang akan diperiksa. Kemudian letakkan tangan kanan Anda di bawah kepala. Gunakan tangan kiri Anda untuk memeriksa payudara kanan .Gunakan telapak jari-jari Anda untuk memeriksa sembarang benjolan atau penebalan. Periksa payudara Anda dengan menggunakan Vertical Strip dan Circular.

    • Tahap 2. Pemeriksaan Payudara dengan Vertical Strip Gambar SADARI berbaring 2
      Memeriksa seluruh bagian payudara dengan cara vertical, dari tulang selangka di bagian atas ke bra-line di bagian bawah, dan garis tengah antara kedua payudara ke garis tengah bagian ketiak Anda. Gunakan tangan kiri untuk mengawali pijatan pada ketiak. Kemudian putar dan tekan kuat untuk merasakan benjolan. Gerakkan tangan Anda perlahan-lahan ke bawah bra line dengan putaran ringan dan tekan kuat di setiap tempat. Di bagian bawah bra line, bergerak kurang lebih 2 cm kekiri dan terus ke arah atas menuju tulang selangka dengan memutar dan menekan. Bergeraklah ke atas dan ke bawah mengikuti pijatan dan meliputi seluruh bagian yang ditunjuk.
    • Tahap 3. Pemeriksaan Payudara dengan Cara Memutar.
    • Gambar SADARI berbaring 3
      Berawal dari bagian atas payudara Anda, buat putaran yang besar. Bergeraklah sekeliling payudara dengan memperhatikan benjolan yang luar biasa. Buatlah sekurang-kurangnya tiga putaran kecil sampai ke puting payudara. Lakukan sebanyak 2 kali. Sekali dengan tekanan ringan dan sekali dengan tekanan kuat. Jangan lupa periksa bagian bawah areola mammae.

    • Tahap 4. Pemeriksaan Cairan Di Puting Payudara.
    • Gambar SADARI berbaring 4
      Menggunakan kedua tangan, kemudian tekan payudara Anda untuk melihat adanya cairan abnormal dari puting payudara.

    • Tahap 5. Memeriksa Ketiak
    • Gambar SADARI berbaring 5
      Letakkan tangan kanan Anda ke samping dan rasakan ketiak Anda dengan teliti, apakah teraba benjolan abnormal atau tidak.

Referensi
Ris_Kan_Payudara_01 (Converted).pdf. Kanser Payudara. Kesan Awal Dengan Pemeriksaan Sendiri Payudara (PSP). Oktober, 2004
Brosur Yayasan Kanker Indonesia. Deteksi Dini Kanker Payudara.

Kata Kunci

sadari, payudara animasi bergerak, pemeriksaan payudara sendiri, pemeriksaan payudara, periksa payudara sendiri, pemeriksaan sadari, pengertian sadari, cara memeriksa payudara, pre menstruasi syndrom animasi, cara pemeriksaan payudara, gambar sadari, pemeriksaan sendiri payudara, cara periksa payudara sendiri, gambar payudara, cara pemeriksaan payudara sendiri, cara memeriksa payudara sendiri, sadari periksa payudara sendiri, sadari payudara, cara sadari, cara periksa payudara, gambar pemeriksaan sendiri payudara, cara mengecek payudara, sadari adalah, pemeriksaan payudara sendiri sadari, bentuk payudara.

Ginekologi
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

49 Responses to “Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)”

  1. duniafannie says:

    wah, mantaph. lengkap sekali inponyah.
    makasiy, jeng lusa.
    telat kiy le blogwalking mrene..
    :mrgreen:

  2. wdcruz says:

    kalo yang ga sendiri pie carane (bantuan gtu), hehehe,,,

  3. nina says:

    huloo mbak lusa..dapet nih inpo dari mas nunu..keren….informasine(alah hehe)

  4. ierma says:

    kug kelihatan mantapzzzzzzz c

  5. sukma ,arum sari says:

    ibu kangen nich,,,

  6. retma says:

    wahhhh keren,,,
    kyk orangnya sih…

    ibu kpn k kampus lg????

    • lusa says:

      @retma

      Terimakasih..
      Tapi orangnya yang mana nduk?? Gambar yang ada di materi apa yang posting materi (berjilbab coklat tuh)??

      Kapan yah? .. Kalau dalam waktu dekat ini belum bisa nih.. kuliah & kampus lagi banyak tugas..
      Insya Allah, tetep diusahain main deh..
      Jangan lupa belajar yach.. Semangath.. Sudah mau tempur kan..

  7. sukma says:

    bu… mow tanya untuk keuntungan dan kekurangan dalam pelaksanaan sadari itu apa aja?

    • lusa says:

      @sukma :

      Khan bisa tanya mbah “google map”…. hehehe… Ok deh maen ke kampusnya kapan2 ya…

      Meskipun pada kenyataannya, banyak penelitian yang sudah tidak merekomendasikan SADARI.. Tetapi masih SADARI masih menjadi pilihan untuk pendeteksian dini, adapun keuntungan dan keterbatasan dari SADARI antara lain:

      Keuntungan SADARI:
      1. Murah dan tidak perlu biaya.
      2. Bisa dilakukan oleh wanita itu sendiri.
      3. Mendorong para wanita untuk segera memeriksakan diri bila menemukan benjolan pada payudaranya.

      Keterbatasan SADARI:
      1. Tidak efektif mengurangi kematian akibat kanker payudara.
      2. Menyebabkan kerugian pada biopsi dan pembedahan.
      3. Tergantung pada ketelitian, kepekaan dan intelegensi wanita tersebut.

      Referensi tentang SADARI atau breast self-examination banyak sekali… Ini ada beberapa refensi yang mungkin dapat membantu mbak “Sukma” dalam belajar:
      pitapink.com/id/skrining.php
      en.wikipedia.org/wiki/Breast_self-examination
      medpagetoday.com/HematologyOncology/BreastCancer/10149
      breastcancer.org/symptoms/testing/new_research/20090423b.jsp

      Semoga bermanfaat dan selamat belajar… :)

  8. yuinul says:

    tambah ilmuni…….

    • yuinul says:

      gimana caranya menerapkan sadari pd remaja sekarang???…….

      • lusa says:

        @yuinul:

        Alhamdulillah.. smoga ilmu yang didapat bermanfaat..

        Penerapan sadari pada remaja tidak terlepas dari peran serta pihak-pihak yang terkait, diantaranya kerjasama dinas pendidikan maupun dinas kesehatan. Sebelum menerapkan sadari, pengetahuan remaja tentang sadari digali lebih dahulu. Pemberian informasi pada remaja tentang sadari dapat dilakukan baik secara langsung maupun menggunakan media/teknologi.

        Usaha yang dapat dilakukan antara lain:
        1. Pemberian penyuluhan pada remaja tentang sadari.
        2. Adanya klinik kesehatan reproduksi remaja (KRR).
        3. Seminar/workshop untuk remaja tentang sadari.
        dsb…

        Informasi-informasi yang diberikan dengan cara apapun, mempunyai harapan bahwa remaja dapat mengenali dan melakukan pendeteksian dini pada payudaranya. Hal ini disebabkan kanker payudara masih menduduki peringkat tertinggi penyebab kematian pada wanita setelah kanker serviks.

        Smoga jawaban yang sedikit ini, bisa membantu “Yuinul”…

  9. nitha says:

    mncegah kanker payudara dengan cara sadari ya buuu,,,,,,

  10. mawar says:

    mb…klo bentuk benjolan yang aneh yang kyk gmn ya?klo di payudara ada bentuk spt bantalan(bulat tp pipih) itu apa ya?di kedua payudara ada,cm bag sblh kiri lbh besar.thanks

    • lusa says:

      Tidak semua benjolan pada payudara itu tanda kanker, tetapi perlu diperhatikan. Pada kanker, benjolan cepat membesar, keluar cairan pada puting bisa berupa darah atau nanah, benjolan terasa keras, terjadi perubahan pada kulit payudara seperti memerah atau kehitaman, dan puting yang tampak tertarik atau terhisap ke dalam dan payudara terasa nyeri.

      Namun, perlu dibedakan juga pada FAM. Benjolan terasa sebagai benjolan licin dan kenyal seperti karet, serta mudah digerakkan. Tanda tersebut, lebih sering dijumpai pada wanita yang belum menopause, dan ukurannya cenderung menetap.

      Nah, bisa dievaluasi apakah benjolan Anda cepat membesar? Keras/lunak? Menetap/bergerak? Keluar cairan abnormal/tidak? Ada perubahan pada kulit payudara/tidak? Nyeri/tidak?

      Jika ada tanda-tanda tesebut, segera periksakan diri Anda ke RS..

      Sebagai referensi bisa baca di http://www.lusa.web.id/kanker-payudara-ca-mammae/

  11. makara says:

    makasiii ea
    bantuuu bangt

  12. windha says:

    Mau tanya, kalo payudarah bila digoyangkan akan sakit, terus diamping agak nyeri dan sedikit lebih berisi
    Itu kenapa ya ??

    • lusa says:

      Dear Windha…

      Nyeri payudara dan sedikit berisi terjadi kapan? Apakah sewaktu menjelang menstruasi atau setiap saat selalu dirasakan?

      Apabila keluhan tersebut dirasakan menjelang menstruasi disebut premenstrual sindrom. Pre menstruasi sindrom adalah kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang berhubungan dengan siklus menstruasi. Lebih jelasnya bisa dibaca di http://www.lusa.web.id/premenstrual-syndrome-pms-part-1/ atau http://www.lusa.web.id/premenstrual-syndrome-pms-part-2/

      Apabila keluhan dirasakan setiap saat maka perlu diperhatikan apakah ada benjolan di payudara atau ketiak;
      perubahan bentuk dan ukuran payudara yang luar biasa;
      kerutan atau lekuk yang luar biasa pada payudara; puting payudara tertarik ke dalam; perdarahan atau keluar cairan abnormal dari puting payudara?

      Maka perlu segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, bisa jadi keabnormalan tadi mengarah pada kanker payudara.

  13. Dewi says:

    Bermanfaat banget tuch infonya supaya bisa periksa sendiri….. :)

  14. rahma says:

    apakah harus melalui tahap yang berbaring?

    • lusa says:

      Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan dengan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan bentuk payudara dengan cara berbaring.

      Tahap berdiri dengan melihat di depan cermin bertujuan untuk melihat bentuk dan keseimbangan bentuk payudara (simetris atau tidak). Sedangkan tahap berbaring, sudah dilakukan perabaan pada payudara untuk mengetahui adanya benjolan dan pengeluaran abnormal pada payudara.

      Sebaiknya, pemeriksaan payudara sendiri dilakukan secara berdiri dan berbaring.

  15. vierman says:

    klw yang udh terinveksi seprti apa penganan ya ,,,
    mohon bantuan ya

    • lusa says:

      Apa yang dimaksud infeksi payudara atau sudah mengarah kanker payudara?

      Infeksi payudara adalah peradangan pada payudara, lebih banyak terjadi pada wanita yang menyusui. Penyebab infeksi payudara disebabkan oleh bakteri Stafilokokkus aureus yang ditemukan di permukaan kulit. Gejala: bengkak dan nyeri, payudara merah dan demam.
      Penanganan: berikan pengurang sakit dan penurun panas, kompres air hangat, tetap menyusui bayi.
      Baca lebih lanjut :http://www.lusa.web.id/mastitis/

      Sedangkan kanker payudara adalah keganasan yang bermula dari sel-sel di payudara. Penanganan bisa dilakukan pembedahan dan radioterapi. Bisa baca http://www.lusa.web.id/kanker-payudara-ca-mammae/

      Moga bisa membantu…

  16. dina says:

    mau nanya, ada nga sadari payudara dari who, ?
    please bantu aku

    • lusa says:

      Dear mbak Dina…

      Langkah-langkah pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) yang di artikel ini juga sama dengan SADARI versi WHO atau dengan yang diterapkan di luar negeri..

      Beberapa artikel luar yang bisa menjadi bahan referensi:
      1. nationalbreastcancer.org/about-breast-cancer/breast-self-exam.
      2. breastcancer.org/symptoms/testing/types/self_exam/bse_steps.jspaspx
      3. breastexams.net/step-by-step-instructions/

      Semoga bisa membantu mbak…

  17. Mutia Berlianti Setianingrum says:

    SUBHANALLAH manfaat bgt infonya,,,
    barakallah n matur suwun sanget,,, :)

  18. lutpiah Amalia says:

    mba saya mw tanya.
    apakah wajar seorang wanita yg berumur 18thn, puting susu’a blum menonjol??
    *maaf sbelumnya,,prtanyaan saya agak vulgar,,ttapi saya ingin prtanyan ini bisa mba jawab,,Trims.

  19. Andi says:

    Mba Lusa, bagaimana mengatasi istri yg mempunyai vagina kering meski sudah foreplay lama ? perlu lubrikasi tambahan atau ada masalah yg perlu dikonsultasikan ke dokter ?

  20. yusi says:

    Makasih Mba….Infonya, sangat membantu.

  21. nur abdaliah says:

    mba lusa,mau tanya usia sy 26 tahun,kena klu sy tekan punting susu sy seakan keluar cairan putih bening,pdhl sy tidak menyusui anak sy lg,skrng usia anak sy 2thn 3bln.dy sempat asi 3bln sj tlng penjelasanya

  22. dewi says:

    Dear mba lusa,

    Infonya sangat membantu. Saya ibu dari 2 org anak, usia saya
    30 tahun. Sudah sebulan payudara saya terasa sedikit nyeri
    di bagian sampingnya. Tapi saya baca beberapa artikel, alhamdulillah tidak ada gejala dini yg mengarah kpd kanker.
    Jika saya raba tidak ada benjolan keras, hanya pada sekitar puting ada benjolan2 kecil yg jika ditekan bergerak2, tidak sakit pula. saya merasakan nyeri sekali ketika bangun tidur.
    Apa yg harus saya lakukan dl ya mbak,

    jazakillahh

  23. nisa says:

    mksh, ini materi yang saya cari :)

  24. yohana says:

    Maaf mbk mau tnya.saya udh praktik yg dcdangkan mbk,dansaya
    menemukan benjolan kcl tpi tltak dbgian ats bkan dsmping.pt?nya
    apkh bnjolan it tmsk bi2t kanker dan ltk kanker blm tentu dsmping saja.

  25. arif says:

    terima kasih sangat bermanfaat

  26. cecil says:

    Bentuk benjolan yang ada di ketiaknya seperti apa ya ?

Leave a Reply