Home > Askeb III (Nifas) > Konsep Dasar Masa Nifas

Konsep Dasar Masa Nifas

Sep 11, 2009 74 Comments by lusa

Tujuan pembelajaran

Mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini dapat :

  1. Menjelaskan pengertian masa nifas
  2. Menjelaskan tujuan asuhan masa nifas
  3. Menjelaskan peran dan tanggungjawab bidan dalam masa nifas
  4. Menjelaskan tahapan masa nifas
  5. Mengetahui kebijakan program nasional masa nifas

Pengertian Masa Nifas

  1. Masa nifas adalah masa dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai 6 minggu setelah melahirkan (Pusdiknakes, 2003:003).
  2. Masa nifas dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil yang berlangsung kira-kira 6 minggu. (Abdul Bari,2000:122).
  3. Masa nifas merupakan masa selama persalinan dan segera setelah kelahiran yang meliputi minggu-minggu berikutnya pada waktu saluran reproduksi kembali ke keadaan tidak hamil yang normal. (F.Gary cunningham,Mac Donald,1995:281).
  4. Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan bayi yang dipergunakan untuk memulihkan kesehatannya kembali yang umumnya memerlukan waktu 6- 12 minggu. ( Ibrahim C, 1998).

Tujuan Asuhan Masa Nifas

Tujuan dari pemberian asuhan pada masa nifas untuk :

  1. Menjaga kesehatan ibu dan bayinya, baik fisik maupun psikologis.
  2. Melaksanakan skrinning secara komprehensif, deteksi dini, mengobati atau merujuk bila terjadi komplikasi pada ibu maupun bayi.
  3. Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan kesehatan diri, nutrisi, KB, cara dan manfaat menyusui, pemberian imunisasi serta perawatan bayi sehari-hari.
  4. Memberikan pelayanan keluarga berencana.
  5. Mendapatkan kesehatan emosi.

Peran dan Tanggung Jawab Bidan dalam Masa Nifas

Bidan memiliki peranan yang sangat penting dalam pemberian asuhan post partum. Adapun peran dan tanggung jawab dalam masa nifas antara lain :

  1. Memberikan dukungan secara berkesinambungan selama masa nifas sesuai dengan kebutuhan ibu untuk mengurangi ketegangan fisik dan psikologis selama masa nifas.
  2. Sebagai promotor hubungan antara ibu dan bayi serta keluarga.
  3. Mendorong ibu untuk menyusui bayinya dengan meningkatkan rasa nyaman.
  4. Membuat kebijakan, perencana program kesehatan yang berkaitan ibu dan anak dan mampu melakukan kegiatan administrasi.
  5. Mendeteksi komplikasi dan perlunya rujukan.
  6. Memberikan konseling untuk ibu dan keluarganya mengenai cara mencegah perdarahan, mengenali tanda-tanda bahaya, menjaga gizi yang baik, serta mempraktekkan kebersihan yang aman.
  7. Melakukan manajemen asuhan dengan cara mengumpulkan data, menetapkan diagnosa dan rencana tindakan serta melaksanakannya untuk mempercepat proses pemulihan, mencegah komplikasi dengan memenuhi kebutuhan ibu dan bayi selama priode nifas.
  8. Memberikan asuhan secara professional.

Tahapan Masa Nifas

Masa nifas terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu :

  1. Puerperium dini
    Suatu masa kepulihan dimana ibu diperbolehkan untuk berdiri dan berjalan-jalan.
  2. Puerperium intermedial
    Suatu masa dimana kepulihan dari organ-organ reproduksi selama kurang lebih enam minggu.
  3. Remote puerperium
    Waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat kembali dlam keadaan sempurna terutama ibu bila ibu selama hamil atau waktu persalinan mengalami komplikasi.

Kebijakan Program Nasional Masa Nifas

Kebijakan program nasional pada masa nifas yaitu paling sedikit empat kali melakukan kunjungan pada masa nifas, dengan tujuan untuk :

  1. Menilai kondisi kesehatan ibu dan bayi.
  2. Melakukan pencegahan terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya gangguan kesehatan ibu nifas dan bayinya.
  3. Mendeteksi adanya komplikasi atau masalah yang terjadi pada masa nifas.
  4. Menangani komplikasi atau masalah yang timbul dan mengganggu kesehatan ibu nifas maupun bayinya.

Asuhan yang diberikan sewaktu melakukan kunjungan masa nifas:

KunjunganWaktuAsuhan
I6-8 jam post partumMencegah perdarahan masa nifas oleh karena atonia uteri.
Mendeteksi dan perawatan penyebab lain perdarahan serta melakukan rujukan bila perdarahan berlanjut.
Memberikan konseling pada ibu dan keluarga tentang cara mencegah perdarahan yang disebabkan atonia uteri.
Pemberian ASI awal.
Mengajarkan cara mempererat hubungan antara ibu dan bayi baru lahir.
Menjaga bayi tetap sehat melalui pencegahan hipotermi.
Setelah bidan melakukan pertolongan persalinan, maka bidan harus menjaga ibu dan bayi untuk 2 jam pertama setelah kelahiran atau sampai keadaan ibu dan bayi baru lahir dalam keadaan baik.
II6 hari post partumMemastikan involusi uterus barjalan dengan normal, uterus berkontraksi dengan baik, tinggi fundus uteri di bawah umbilikus, tidak ada perdarahan abnormal.
Menilai adanya tanda-tanda demam, infeksi dan perdarahan.
Memastikan ibu mendapat istirahat yang cukup.
Memastikan ibu mendapat makanan yang bergizi dan cukup cairan.
Memastikan ibu menyusui dengan baik dan benar serta tidak ada tanda-tanda kesulitan menyusui.
Memberikan konseling tentang perawatan bayi baru lahir.
III2 minggu post partumAsuhan pada 2 minggu post partum sama dengan asuhan yang diberikan pada kunjungan 6 hari post partum.
IV6 minggu post partumMenanyakan penyulit-penyulit yang dialami ibu selama masa nifas.
Memberikan konseling KB secara dini.

Referensi

Saifudin, Abdul Bari Dkk, 2000, Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Yayasan Bidan Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta
Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
borneo-ufi.blog.friendster.com/2008/07/konsep-nifas-eklamsi-forceps/ diunduh 1 September 2009: 20.00 WIB.
Ibrahim, Christin S, 1993, Perawatan Keebidanan (Perawatan Nifas), Bharata Niaga Media Jakarta
masanifas.blogspot.com/ diunduh 1 September 2009: 20.10 WIB.
Pusdiknakes, 2003. Asuhan Kebidanan Post Partum. Jakarta: Pusdiknakes.
Saleha, 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika.
Suherni, 2008. Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya.
yoana-widyasari.blogspot.com/2009/04/satuan-acara-pengajaran-s.html diunduh 1 September 2009: 20.05 WIB.
Image, theasianparent.com

Kata Kunci

nifas, pengertian nifas, masa nifas, askeb nifas, askeb 3, tahapan masa nifas, kunjungan masa nifas, konsep dasar masa nifas, kunjungan nifas, pengertian masa nifas, kebutuhan dasar ibu pada masa nifas, tujuan asuhan masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, askeb ibu nifas, kunjungan ibu nifas, askeb nifas normal, asuhan masa nifas, asuhan kebidanan nifas, kebutuhan dasar pada masa nifas, asuhan ibu nifas, tujuan masa nifas, asuhan nifas, asuhan pada ibu nifas, pengertian ibu nifas, nifas adalah.

Askeb III (Nifas)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

74 Responses to “Konsep Dasar Masa Nifas”

  1. S. Edi says:

    waw baru tau nih yang beginian

  2. 4ndr3 says:

    mangtabs gan infonya….

    kebetulan ane lagi nyari tugas.

    thanks ya…

  3. maya says:

    ajibbb…. tugass ogut kelarr… thanxx iaaa,,,

  4. nine says:

    Waduh t’bantu bgt nih tuk nyelesein tugas yg bentar lgi hrus dkumpulin…thanx ya!!!

  5. rini yuliani says:

    assalamu’alaikum,,.

    ini quw Rini mahasiswa DIII Kebidanan,,. gy nyari referensi ato artikel tentang “Cara atau Macam Memberikan Kenyamanan Pada Ibu Nifas” itu apa saja ya,,.??? terima kasih atas ilmunya,,. :)

    • lusa says:

      Artikel tentang Cara atau Macam Memberikan Kenyamanan Pada Ibu Nifas belum pernah saya buat…

      Terimakasih request artikelnya, diusahakan dicari referensinya dan segera dibuat…

      Makasieh yaaa….

  6. tyas says:

    mkce ilmu’na……
    ini sngat2 membatu tugasku……………

  7. AFRA says:

    tengkiyu………. infox sgt membantu

  8. diana says:

    kasih info macam2 kontrasepsi yg pas buat ibu pasca bersalin dunkzz

  9. bety says:

    terimakasih artikelnya, copas ya

  10. Ilul Lonelly says:

    makasiiii……..ilmu y

  11. arma wati says:

    bu tolong tentang perdarahan masa nifas …………
    kalo bisa tenttqang retensio sisa plasenta gt bu,,,,,,,,,,,

  12. Ami Wahyuni says:

    bu,saya melahirkan dng kasus presbo,anak lahir 12 januari 2011,sampai sekarang masih sering keluar darah,3 hari berhenti,4 hari keluar lagi,apakah masih dalam kategori normal?tq

    • lusa says:

      Masa atau waktu nifas berlangsung 40-42 hari atau 6 minggu setelah melahirkan. Pengeluaran darah pada masa nifas akan berangsur-angsur sedikit dan berhenti.. Setelah masa nifas selesai, ibu dapat langsung mengalami siklus menstruasi karena adanya perubahan hormon hipotalamik pituitary ovarium..

      Jadi, kemungkinan mb Ami sudah masuk ke siklus menstruasi juga bisa.. Tetapi harus diwaspadai apabila pengeluaran darah bertambah banyak dan disertai tanda-tanda yang tidak normal.. Langsung aja ke pelayanan kesehatan terdekat…

  13. Windi Wardani says:

    Assalmualaykum…. Bu lusaaaaa…….wow, mantabs jaya nih web nya… mau dongs dibuatin… :)

    ane windi buk, yang dulu magang di MU… :)

    syukron infonya, sangat bermanfaat… jazakillah… :)

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam mba Windi…

      Boleh kok kalo mau jadi kontributor di lusa.web.id..
      Kirim aja tulisan ke email saya…

      Semoga saya tidak kena penyakit lupa aja ya mba…

      Ya.. alhamdulillah.. mumpung masih bisa berkarya… ditunggu masukannya ya…

  14. Yully says:

    Bu.Lusa..
    Saya Yully..
    saat saya dapat web ini, saya senang sekali..
    sedikit lebih membantu dari sebagian tugas perkuliahan yang telah diberikan dosen..
    Maaf y, Bu.. saya boleh CoPas y, untuk menambah sebagian materi yang belum terselesaikan..
    terima kasih, Bu..
    selalu kembangkan ilmu2 Anda untuk di bagikan untuk orang2 yang membutuhkan..
    selalu jaya y, Bu..
    wish you lucky..
    Ass. ..

  15. Trisna says:

    makasih banget yah untuk ilmunya………..
    ini sangat dan sangat membantu saya menyelesaikan tugas yang semakin menumpuk…
    ttp kembangkan ilmunya n bagi-bagi lagi yah….:) GOOD LUCK

  16. syahrul says:

    makasih yah atas infonya and semoga sukses…..

  17. yuli says:

    sy bu yuli. setelah 2 minggu habis melahirkan, sdh tdk keluar lagi darah nifas. yang ada cairan berwarna putih. tapi hari ke 37 masa nifas, keluar darah berwarna merah bercampur lendir. apakah itu normal dialami oleh ibu nifas atau saya sdh memasuki masa menstruasi? mohon jawabannya

    • lusa says:

      Dear bu Yuli,
      Masa nifas adalah masa dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai 6 minggu setelah melahirkan. Selama masa nifas, organ reproduksi mengalami perubahan antara lain perubahan lochea. Lochea adalah cairan yang berasal dari rongga rahim dan vagina selama masa nifas. Lochea ada 4 yaitu: lochea rubra, sanguinolenta, serosa dan alba. Penjelasan lebih lanjut tentang lochea ada di http://www.lusa.web.id/perubahan-fisiologis-masa-nifas-pada-sistem-reproduksi-part-2/.
      Jadi, pengeluaran darah pada masa nifas terakhir adalah berwarna putih atau seperti lendir keputihan saja. Masa nifas yang dialami bu Yuli memang tidak sampai 6 minggu, dan hal tersebut masih normal.

      Sedangkan darah yang keluar pada hari ke 37, bisa jadi adalah darah menstruasi, dan hal tersebut juga dikatakan normal. Pada masa nifas akan terjadi juga perubahan pada sistem endokrin atau hormon pada tubuh. Hormon yang mempengaruhi lama atau tidaknya menstruasi setelah nifas selesai adalah hipotalamik pituitary ovarium. Penjelasan lebih lanjut tentang perubahan sistem endokrin, bisa bu Yuli baca di:
      http://www.lusa.web.id/perubahan-fisiologis-masa-nifas-pada-sistem-endokrin/

      Demikian jawaban atas pertanyaan bu Yuli.. Semoga bermanfaat.. Terimakasih..

  18. ana putri says:

    assalammualaikum,
    ana snang bisa dpat blog anti, , , ,
    penambahan ilmu buat ana baik pribadi maupun kuliah,
    semoga blog nih selalu bermanfaat bt semuanya, makasih anti atas masukannya,,,

    tetap selalu berjaya yahhh,,
    wassalamm

    • lusa says:

      Wassalamualaikum Anti Ana Putri….

      Senang skali anti sudah mampir ke web lusa…

      Smoga bisa memberikan manfaat….

      Ditunggu juga saran dan kritikan dari anti…

      Terimakasih juga atas doanya….

  19. zhi says:

    Saya ibu baru..
    Melahirkan 29 november kemarin, yang ingin saya tanyakan..
    Setelah masa nifas saya hanya mengeluarkan bercak merah dan itupun sedikit.. Selama 3hari lalu berhenti.
    Apakah itu drah haid? ?
    Dan kapan saya bisa mulai meminum pil kb.
    Karena dianjurkan meminum pada masa haid.
    Jujur saya takut hamil lagi, karena luka sesar sya blm kering.
    Mohon jawaban nya..
    Terimakasih.

  20. Meiske says:

    aslamualaikum BU Lusa…
    mau bertanya kalau KIE tentang tanda-tanda bahaya ifas itu diberikan saat kunjungan yang ke berap post partum?

    Nuwun….

    • lusa says:

      Wss..

      Mbak Mieske, KIE tentang tanda bahaya nifas dapat diberikan setelah kunjungan nifas pertama (6-8 jam postpartum) atau sebelum ibu pulang dari tempat pelayanan kesehatan.

      Untuk evaluasinya dilakukan pada kunjungan nifas kedua (6 hari post partum) yaitu dengan menilai adanya tanda-tanda infeksi, perdarahan maupun komplikasi nifas yang lain.

      Semoga, jawaban yang singkat ini bisa membantu..

      Makasih..

  21. vina says:

    ass. bu lusa

    sebelum nya Q ucapkan banyak terima kasih atas ilmu yang bu lusa berikan d web ne,,
    moga2 bermanfaaat bg Q bu.

    Q vina dr DIII KEBIDANAN (SUMBAR)
    Q boeh request g bu,,???

    Q ingin d jelasin d artikel bu selanjut nya,,
    tentang bagaimana penatalaksanaan masalh2 yang terjadi pada ibu nifas ,,??

    terima kasih sebelumnya bu… :)

  22. dewi poenya emen says:

    Ass…..
    ibu Lusa ku yg cantik….

    Ngintip Artikel ibu yach….buat mencari tambahan informasi,untuk mengerjakan tugas dari ibu dosen… tentang Masa Nifas……
    hee……

    Wass….

  23. eka cahya agustya says:

    makasii ia kak.. kak ada contoh format makalah nifas gak kak..

  24. shepty says:

    saya mhsiswi d3 kebidanan…..
    ibu lusa,,,,,,,
    apa akibat tidak melakukan kunjgan masa nifas….?????
    sangat mmbantu bgt bu bwt tugas akhir,,,,,,,

    • lusa says:

      Kunjungan pada masa nifas paling sedikit dilakukan empat kali, dengan tujuan untuk :
      1. Menilai kondisi kesehatan ibu dan bayi;
      2. Melakukan pencegahan terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya gangguan kesehatan ibu nifas dan bayinya;
      3. Mendeteksi adanya komplikasi atau masalah yang terjadi pada masa nifas, dan
      4. Menangani komplikasi atau masalah yang timbul dan mengganggu kesehatan ibu nifas maupun bayinya.

      Berdasarkan tujuan dari kunjungan pada masa nifas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa akibat dari tidak melakukan kunjungan nifas adalah tidak terpantaunya kondisi kesehatan ibu dan bayi, masalah dan komplikasi selama masa nifas tidak terdeteksi dan tidak tertangani.

      Semoga penjelasannya dapat membantu dan bermanfaat..
      Semoga lancar dan sukses…:)

  25. ellen says:

    makasihh ya bu..
    sangad membantu..
    :-)

  26. nana says:

    bu
    tolong tampilin pengertian ibu nifas donk
    plizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    • lusa says:

      1. Masa nifas adalah masa dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai 6 minggu setelah melahirkan (Pusdiknakes, 2003:003).
      2. Masa nifas dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil yang berlangsung kira-kira 6 minggu. (Abdul Bari, 2000:122).
      dst….

      Mbak Nana, coba banyak lebih eliti kembali, gak perlu tergesa-gesa.. Insya Allah, di artikel halaman ini sudah ada…

      Selamat belajar…

  27. yani_machy says:

    mbak, tolong krmkan soal-soal yang berkaitan dengan kebidanan di alamat email saya. trimakasih sebelumnya

  28. @nenk says:

    makasih yua ibu dah bantu saya tugas saya kini sudah selesay,,,,
    :)

  29. Lia says:

    Salam kenal mbak,… aku abis melahirkan yach, pada hari ke 30 udah nggak kluar lagi darah nifas nya, trus jk pd hari ke 35 kita berhubungan dengan suami apakah udah masuk masuk masa subur, kl blum masuk masa subur trus kapan yach masa subur nya (cara menghitung masa subur setelah nifas selesai ), makasih yach sebelumnya…

    • lusa says:

      Masa subur setelah melahirkan pada ibu satu dengan yang lain berbeda. Kembalinya kesuburan dapat dilihat dari haid, tetapi setelah melahirkan tidak semua ibu langsung haid karena menyusui. Pada ibu menyusui, kemungkinan besar mendapatikan haid lebih lama daripada ibu yang tidak menyusui. Hormon yang mempengaruhi lamanya menstruasi setelah melahirkan adalah hipotalamik pituitary ovarium. Baca selengkapnya http://www.lusa.web.id/perubahan-fisiologis-masa-nifas-pada-sistem-endokrin/

      Hubungan seksual setelah melahirkan dapat dilakukan setelah darah nifas berhenti. Namun demikian, hubungan seksual setelah melahirkan tergantung dari pasangan suami istri tersebut. Selama periode nifas, hubungan seksual dapat mengalami penurunan akibat:
      1. Gangguan/ketidaknyamanan fisik
      2. Kelelahan
      3. Ketidakseimbangan hormon
      4. Kecemasan berlebihan
      5. Pemulihan kesehatan ibu
      Baca lebih lanjut http://www.lusa.web.id/kebutuhan-dasar-ibu-nifas-seksual/

      Jadi, hubungan seksual yang aman setelah melahirkan pada ibu yang belum mendapatkan haid sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi.

  30. Windi Yuliani Marinci says:

    TERIMA KASIH KA ATAS TULISANYA ,,, INI SANGAT BERMANFAAT :)

  31. iyya says:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    makasih yah,,
    ini sangat bRmanfaat buat Saya.

    tetap berkarya aja N sukses selalu.

    Ka’ bisa ga’ d tampilkan juga/krim k e-mailq
    bagaimana perubahan TTV pada masa nifas??
    tolong yah kak…

  32. iyya says:

    Assalamualaikum Wr. Wb..
    ka’ aq yg tdi kRim koment yg d atas,,m’af Lupa cantumkan nma.

    Ka’ msih bRkaitan dgan yg d atas law bisa perubahan TTV ibu nifas d cantumkan juga referensinya N hal. berpa..
    tp kalau bisa yah Ka’,,

    m’af sebelumnya kalu banyak permintaanya..

    salam kenal N wassalam

  33. ummi says:

    Asa. wr. wb
    kalo ada hamil risti……ada nifas risti juga tidak ? bantu ya bu….please…tuk bahan skripsi. mksh

  34. ummi says:

    Wowww !!… trmksh ya bu….sip !

  35. risma says:

    Ass… Saya risma dri D3 kebidanan…!!! Tolong penjelasannya tentang akibat melakukan hbgan seksual selama masih haid. Mksih sblm n sesudah.y kak.

    • lusa says:

      Wss…

      Pada saat haid terjadi pelepasan lapisan dalam dinding rahim yang terdiri dari darah dan sel-sel kelenjar endometrium. Sehingga hubungan seksual pada saat haid tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan resiko yang mungkin terjadi.

      Resiko yang dapat terjadi antara lain:
      1. Endometriosis
      Endometriosis terjadi karena pada saat hubungan seksual wanita mengalami orgasme. Saat orgasme, rahim berkontraksi dan menyebabkan darah kotor dari menstruasi bisa masuk ke dalam perut melalui saluran telur.

      2. Luka trauma mulut rahim akibat infeksi.

      3. Infeksi
      Hubungan seksual dapat menimbulkan luka dan endometrium meluruh, darah menstruasi atau sperma tidak steril dapat masuk ke dalam tubuh.

      Demikian penjelasannya, semoga dapat membantu….

  36. ummi says:

    lagi bu….. program nas kunjungan nifas dimulai thn brp ya bu? mksh..sy tggu…bikin bab 1 kti

    • lusa says:

      Dear Ummi

      Pelayanan nifas yang tertuang dalam Kepmenkes No 938/ MENKES/ SK/VIII/2007 tentang standar pelayanan kebidanan pada ibu nifas (standar no 15) menyatakan bidan memberikan pelayanan selama masa nifas melalui kunjungan rumah pada hari ketiga, minggu kedua dan minggu keenam setelah persalinan.

      Pelayanan nifas yang tertuang di dalam Kepmenkes Nomor : 828/MENKES/SK/IX/2008 menyatakan ibu nifas mendapatkan pelayanan nifas sedikitnya 3 kali.

      Pelayanan nifas yang tertuang dalam Permenkes RI No. 2562/MENKES/PER/XII/2011 tentang Juknis Jampersal, Bab III menyebutkan pelayanan ibu nifas dan bayi baru lahir dilaksanakan 4 kali.

      Semoga bisa menjadi wacana.. Makasih

  37. fyaaa says:

    trimaksih mbaa sngat bermanfaat sekali dan tgas sya trbantu

  38. aksa says:

    makasih,,,,,

  39. Etha says:

    Ass….
    Bu lusa kalau mau buaat kuesioner untuk peran bidan dalam memberikan konseling terhadap terjadi nya mastitis keg mana ya…..?????

Leave a Reply