Home > Gizi > Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Jun 13, 2009 11 Comments by lusa

Pengertian Asam Folat
Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Fungsi Asam Folat
Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

Sumber/ Penghasil Asam folat
Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Defisiensi Asam Folat
Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Bagi ibu hamil
Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Referensi
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia: Jakarta, 2004.
bayidananak.com/2009/02/05/kekurangan-asam-folat-pada-ibu-hamil-dapat-menyebabkan-cacat-pada-bayi
sekeluarga.com/index.php?option=com_content&view=article&id=141:kekurangan-asam-folat-pada-ibu-hamil&catid=3:keluarga-bahagia&Itemid=4

Disajikan oleh Laili Khoiriyah, Lilia Citra Mustafa, Ratih Kurnia Ardianti, Sinta Maharani, Siti Suprihati, Wakhida A.N, dan Yohanita Dewi Yuyun. (Mahasiswi Akbid KH Angkatan 2008).

Kata Kunci

makanan yang mengandung asam folat, asam folat untuk ibu hamil, makanan yg mengandung asam folat, folarin asam folat 400 mcg, obat folarin, manfaat asam folat bagi ibu hamil, manfaat jeruk untuk ibu hamil, manfaat asam folat untuk ibu hamil, fungsi asam folat, kebutuhan asam folat ibu hamil, fungsi asam folat bagi ibu hamil, pengertian asam folat, asam folat bagi ibu hamil, folarin asam folat, buah yang mengandung asam folat, fungsi asam folat untuk ibu hamil, folarin 1000, manfaat jeruk bagi ibu hamil, jeruk untuk ibu hamil, folarin untuk ibu hamil, vitamam 2, kegunaan asam folat, obat asam folat, makanan yang mengandung asam folat tinggi, manfaat asam folat.

Gizi
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

11 Responses to “Asam Folat Bagi Ibu Hamil”

  1. christine says:

    Sy sedang hamil 3 bln. Sy mengkonsumi asam folat 400 mcg dan vitamam II. Pdhl di dlm vitamam sdh terdpt asam folat 800 mcg. Kl sy pernah baca, kebutuhan asam folat utk ibu hamil 400 – 1000 mcg. Apakah sy kelebihan asam folat jika sy meminum kedua obat tsb? Dan apa efek sampingnya?
    Thanks.

    • lusa says:

      @christine Selamat atas kehamilannya…

      Resiko keracunan asam folat sangat rendah. Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihannya dibuang oleh tubuh melalui urin. Kelebihan asam folat dalam tubuh tidak memberi manfaat untuk tubuh. Sebaiknya mengkonsumsi asam folat tidak lebih dari 1000 micrograms. Untuk lebih jelasnya saya akan memberi referensi yang bisa ibu baca:
      ods.od.nih.gov/factsheets/folate.asp
      sfgate.com/cgi-bin/blogs/sfmoms/detail?blogid=46&entry_id=34268
      miscarriage.about.com/od/lifestylefactors/f/folic-acid-important.htm
      en.wikipedia.org/wiki/Folic_acid#Health_risk_of_too_much_folic_acid

  2. ayu says:

    trims infonya.saya jg bertanya2 mengenai hal yg sama spt mb christine.saya bahkan berencana minum susu 2 kali sehari ditambah dg multivitamin ber-asamfolat 800 mcg,jd total asam folatnya bisa 1400 mcg.(2 gelas susu mengandung asam folat 600 mcg).

  3. Hetty says:

    Mba, kehamilam saya saat ini memasuki 8 minggu (2 bulan). Dari awal kehamilan selain sya mengkonsumsi susu hamil, saya juga minum air perasan jeruk buah kira2 1 gelas sehari. Apakah tidak akan ada pengaruhnya pada pertumbuhan janin saya kelak. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  4. Arri says:

    maaf mbka, mau numpang nanya. istri saya lagi hamil. sama dokter dia dikasih obat namanya Q Ten, kalo gak salah isinya ubiquinone. itu buat apa ya mbak,,,, bahaya gak kalo di minum sama ibu hamil. tq

  5. anggara dewi says:

    trims infonya cuman saya mau tanya ni…saat ini saya sedang hamil sekitar 7 minggu dari dokter katanya perkembangan janin saya kurang bagus saya diberikan vitamin volavit. apakah hal ini bisa membuat perkembangan janin saya menjadi lebih baik ? terimakasih

  6. ady says:

    gimana cara mengatasi air mani yang encer ya bu ???

  7. wati says:

    Saya mau bertanya, skrg saya hamil 4bln, saya suka mkn buah apel, pisang, jeruk hmpir tiap hti saya mengkonsumsi +segelas susu anmum rasa vanila manggo.herannya sejak awal hamil saya sering BAB sehri sampe 3x n keluar angin berturut2 tp ga da keluhan.cuma heran nya knp ya saya jd sering BAB? Thanks

  8. tio friska says:

    Saya hamil jalan 2 bulan.. saya konsumsi susu ibu hamil,tapi saya jadi sering bab. Terganggukah janin saya?apa saya perlu mgganti susunya? Trims seblumya

    • wati Husaini says:

      saya seorang ibu, ank saya berusia 9bln skrg.ssya dlu jg mengalami hal yg sama dg ibu tio friska.klo hbis minum susu hamil Annum saya bab 4-5x srhri tp gak sakit mlh lega rsanya klo udah bab.tp luc
      unya klo minum yg annum coklat saya bab nya keras n susah keluar.tp Alhamdulillah saya ttp minum annum sampai 9bln masa melahirksn ank saya lahir normal sehat dg bb 3kg.

Leave a Reply