Home > KB > Cara Pakai Kondom Wanita

Cara Pakai Kondom Wanita

Mar 09, 2010 20 Comments by lusa

Kondom wanita kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan, berbentuk silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan wanita. Kondom wanita berfungsi untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksual. Kondom wanita memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.

Cara kerja kondom wanita sama dengan cara kondom lelaki, yaitu mencegah sperma masuk ke dalam alat reproduksi wanita. Manfaat, keterbatasan maupun efek samping yang ditimbulkan kondom wanita, hampir sama dengan kondom lelaki. Tingkat efektifitas kondom wanita akan tinggi, apabila cara menggunakannya benar.

Adapun cara pemakaian kondom wanita, adalah sebagai berikut:

  • Tahap 1

Gambar kondom wanita 1
Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi, benda tajam saat membuka kemasan.

  • Tahap 2

Gambar kondom wanita 2
Sebelum hubungan seksual, perhatikan kondom wanita. Kondom wanita punya ring yang lebar (outer ring) untuk bagian luar dan ring yang kecil (inner ring) untuk bagian dalam.

  • Tahap 3

Gambar kondom wanita 3
Pegang inner ring kondom, lalu tekan dengan ibu jari pada sisi ring, dan dengan jari lain pada sisi yang berseberangan, kemudian tekan sehingga sisi ring yang berseberangan akan bersentuhan dan bentuk inner ring menjadi lonjong.

  • Tahap 4

Gambar kondom wanita 4
Atur posisi yang nyaman. Posisi dapat dilakukan secara berdiri satu kaki di atas kursi, jongkok maupun berbaring.

  • Tahap 5

Gambar kondom wanita 5

Gambar kondom wanita 6

Gambar kondom wanita 7

Masukkan inner ring ke dalam vagina dengan hati-hati. Sewaktu kondom masuk ke dalam vagina, gunakan jari telujuk untuk menekan inner ring lebih jauh ke dalam vagina. Pastikan kondom jangan sampai berputar, dan outer ring (ring yang besar) tetap berada di luar.

  • Tahap 6

Gambar kondom wanita 8
Berikan sedikit minyak pelicin pada penis atau bagian dalam kondom. Bantu penis masuk ke dalam kondom.

  • Tahap 7

Gambar kondom wanita 9

Gambar kondom wanita 10

Pasca coitus, keluarkan kondom secara hati-hati dengan memutar bagian outer ring untuk menjaga air mani yang tertampung di dalam kondom tidak tumpah. Keluarkan kondom secara hati-hati. Buang kondom bekas pakai ke tempat yang aman (tempat sampah). Jangan buang di toilet.

Video cara pakai kondom wanita

Referensi

avert.org/female-condom.htm diunduh 4 Maret 2010, 9:58 PM.
health.state.ny.us/publications/9571.pdf diunduh 4 Maret 2010, 10:01 PM.
kondomku.com/page_3 diunduh 28 Feb. 2010, 10:25 PM.
organisasi.org/kondom_untuk_wanita_cewek_perempuan_dan_cara_memakai_menggunakan_condom_khusus_kaum_hawa_informasi_ilmu_seksologi_indonesia diunduh 5 Maret 2010, 04:07 PM.
plannedparenthood.org/health-topics/birth-control/female-condom-4223.htm diunduh 4 Maret 2010, 1:54 PM.
Saifuddin, BA. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. (Bagian Kedua MK 17- MK 21).
youtube.com/watch?v=zjmoQlAQP4Y

Kata Kunci

kondom wanita, cara menggunakan kondom, cara memakai kondom wanita, kondom untuk wanita, cara pakai kondom wanita, kondom perempuan, cara memakai softex, gambar kondom lelaki, condom wanita, www kondom com, bentuk kondom wanita, cara pakai kondom perempuan, cara memakai kondom perempuan, cara pemakaian kondom wanita, cara menggunakan kondom wanita, video cara memakai kondom, foto kondom, macam macam kondom wanita, foto cara memakai kondom, www kondom, cara menggunakan, jenis2 kondom, apa itu kondom, jenis kondom wanita, efek samping kondom.

KB
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

20 Responses to “Cara Pakai Kondom Wanita”

  1. blouekuthuks says:

    nais inpo….
    :shakehand

  2. Nia says:

    Mau nanyak ni mbak. Pada saat berhubungan apakah hanya suami saja yg harus pakai kondom? Atw istri jg harus pakai? Makasih jawabannya

    • lusa says:

      Mbak Nia…

      Kondom merupakan selubung/sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan.
      Kondom untuk pria sudah lazim dikenal, meskipun kondom wanita sudah ada namun belum populer. Sehingga alat kontrasepsi kondom dapat dipakai pada pria maupun wanita.

      Untuk lebih jelasnya tentang pengertian, cara kerja, efektifitas kondom dapat dibaca di:
      http://www.lusa.web.id/kondom/

      Apabila suami sudah menggunakan kondom pada saat hubungan seksual, istri tidak perlu menggunakan kondom wanita juga. Tetapi perlu diperhatikan bahwa alat kontrasepsi yang digunakan dalam batas aman.

      Baca cara pakai kondom lelaki, agar lebih efektif pemakaiannya di http://www.lusa.web.id/cara-pakai-kondom-lelaki/

      Semoga penjelasannya bisa membantu…

  3. lorensia sisilia says:

    mbak gimana cara kerja masuk kondom laki-laki
    dengan perempuan…

  4. tia says:

    kak, mau nanya ni, kok pngantin baru yg gk mau hamil dulu mana yang bagus suntik KB dg pakai kondom, takut jg qo yg baru ptama kali bhubungn jd lecet qo pake kondom,

    truz gmn dg rasa, jd beda donk gk alami,
    makisih bs konsul..:-)

  5. lusa says:

    Penggunaan kontrasepsi dengan tujuan untuk menunda kehamilan perlu dipertimbangkan oleh pasangan suami istri. Komunikasi dan kerjasama yang baik, sangat penting dalam pengambilan keputusan demi keharmonisan keluarga.

    Kontrasepsi kondom merupakan metode kontrasepsi alamiah dengan alat. Tentunya ada manfaat dan kerugiannya. Baca http://www.lusa.web.id/kondom/

    Pemakaian KB suntik merupakan metode kontrasepsi hormonal. Tentunya dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan kesuburan.

    Metode kontrasepsi alamiah tanpa alat dapat menjadi pilihan seperti :
    1. Metode kalender atau pantang berkala;
    2. Metode suhu tubuh basal;
    3. Metode mukosa serviks;
    4. Metode simptothermal, dan
    5. Coitus interuptus.

    Artikel selengkapnya tentang metode kontrasepsi bisa Tia buka di http://www.lusa.web.id/category/kb/

  6. tia says:

    syukran kak,
    dapat ilmu, bs berbagi dg krabat, ntar boleh y nanya yng lain2..hehe
    banyak yang pnasaran dlm masalah ksehatan ni..

  7. abdee says:

    Mbak, kalau pakai kondom wanita seperti itu apakah tidak mudah lepas keluar karena adanya gesekan? Saya lihat itu berbeda dengan kondom pria yang ketat melekat pada alat kelamin pria sehingga susah untuk lepas karena gesekan.

    • lusa says:

      Kondom wanita dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan, berbentuk silinder dan dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan wanita.

      Kondom wanita mempunyai dua cincin di bagian dalam dan luar. Cincin bagian dalam membantu penggunaan (penyisipan masuk ke dalam vagina) dan menjaga kondom tetap di tempatnya selama berhubungan seksual. Sedangkan cincin bagian luar berfungsi mencegah kondom tergelincir masuk ke vagina.

      Kondom wanita tidak boleh digunakan bersamaan dengan kondom pria, karena dapat rusak akibat gesekan selama hubungan seksual.

  8. komang suardana says:

    mbak mau tanya kan kita pakai kondom dalam melakukan hubungan ada efek sampingnya gaaak.?

    • lusa says:

      Berbagai macam alat kontrasepsi pasti ada efek sampingnya baik bersifat ringan maupun berat.
      Efek samping dari penggunaan kondom antara lain:
      1. Kondom dapat rusak atau bocor sebelum pemakaian,
      2. Kondom dapat bocor sewaktu melakukan hubungan seksual,
      3. Kondom dapat menimbulkan reaksi alergi, dan
      4. Pemakaian kondom dapat mengurangi kenikmatan dalam melakukan hubungan seksual.

      Hal yang berkaitan dengan kondom dapat dibaca di http://www.lusa.web.id/kondom/ dan http://www.lusa.web.id/cara-pakai-kondom-lelaki/

  9. intan says:

    mbak, tanya donk. setelah menikah disekitar selangkangan saya timbul iritasi . apa itu krna kami memakai kondom? biasanya akan terasa gatal sblm saya menstruasi.
    thanx, mbak infonya.

  10. umi says:

    bgus bngt bu

  11. vivi says:

    mbak..aku mau tanya kalo kondom wanita kan punya 2 ujung di masing2 cincinnya, bagaimana kondom wanita bisa menampung sperma dan mencegahnya masuk ke uterus bila cincin dalamnya juga berlubang?
    soalnya saya belum pernah lihat langsung kondom wanita jadi penasaran kebetulan ada tugas kampus juga. Makasih sebelumnya,artikelnya sangat beremanfaat

  12. Pola Hidup Sehat says:

    Agak ribet juga ya kalau dibandingkan dengan pasang kondom pria. Tapi memang perlu dicoba untuk variasi seks.

Leave a Reply