Home > KB > Cara Pakai Kondom Lelaki

Cara Pakai Kondom Lelaki

Mar 05, 2010 20 Comments by lusa

Efektifitas pemakaian kondom akan tinggi, apabila pengguna kondom dapat menggunakan kondom dengan baik dan benar setiap kali akan berhubungan seksual. Angka kegagalan kontrasepsi kondom sangat sedikit yaitu 2-12 kehamilan per 100 perempuan per tahun. Kondom merupakan selubung/sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan. Selain sebagai pencegah kehamilan, juga mencegah penyakit menular seksual.

Di bawah ini, adalah cara pemakaian kondom pria.

  • Tahap 1

Gambar cara pakai kondom pria 1Kondom dipasang saat penis ereksi, dan sebelum melakukan hubungan badan.

  • Tahap 2

Gambar cara pakai kondom pria 2Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi, benda tajam saat membuka kemasan.

  • Tahap 3

Gambar cara pakai kondom pria 3
Tekan ujung kondom dengan jari dan jempol untuk menghindari udara masuk ke dalam kondom. Pastikan gulungan kondom berada di sisi luar.

  • Tahap 4

Gambar cara pakai kondom pria 4
Buka gulungan kondom secara perlahan ke arah pangkal penis, sambil menekan ujung kondom. Pastikan posisi kondom tidak berubah selama coitus, jika kondom menggulung, tarik kembali gulungan ke pangkal penis.

  • Tahap 5

Gambar cara pakai kondom pria 5
Setelah ejakulasi, lepas kondom saat penis masih ereksi. Hindari kontak penis dan kondom dari pasangan Anda.

  • Tahap 6

Gambar cara pakai kondom pria 6
Buang dan bungkus kondom bekas pakai ke tempat yang aman.

Video cara pakai kondom lelaki

Referensi

avert.org/condom.htm diunduh 4 Maret 2010, 10:17 PM.
kondomku.com/page_3 diunduh 28 Feb. 2010, 10:25 PM.
plannedparenthood.org/health-topics/birth-control/condom-10187.htm diunduh 4 Maret 2010, 1:52 PM.
Saifuddin, BA. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. (Bagian Kedua MK 17- MK 21).
youtube.com/watch?v=tcpfZKvOFZ4&feature=player_embedded

Kata Kunci

cara memakai kondom, cara pakai kondom, kondom pria, gambar kondom, cara pemakaian kondom, kondom lelaki, cara memakai kondom pria, cara penggunaan kondom, cara pake kondom, pemakaian kondom, bentuk kondom, gambar penis, cara pakai kondom pria, cara memakai condom, gambar penis ereksi, cara pakai kondom lelaki, cara pakai condom, gambar cara memakai kondom, gambar kondom pria, gambar kondom wanita, bagaimana cara memakai kondom, pakai kondom, bentuk kondom pria, pake kondom, cara menggunakan kondom pria.

KB
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

20 Responses to “Cara Pakai Kondom Lelaki”

  1. arfans says:

    Terimakasih infonya..

  2. Sent Hernanda says:

    informasi yang berguna buat yg blum bisa pakai

    • lusa says:

      @ Sent Hernanda:

      Selamat mencoba ya “Sent”…

      • abi says:

        Mbak kami pakai kondom..tp istri sering telat haid sy jadi kuatir…klo mau berhubungan gmna solusinya ?mksh

        • lusa says:

          To Abi:

          Kondom merupakan selubung/ sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan.

          Kondom yang sering dipakai adalah kondom laki-laki.

          Terlambat haid, banyak dipengaruhi berbagai faktor. Misal: hormonal, pola makan, aktivitas, dsb. Agar pemakaian kondom efektif maka setiap kali berhubungan seksual gunakan secara benar.

          Sebagai referensi bisa baca http://www.lusa.web.id/kondom/

          Terimakasih

  3. jerry says:

    emng boleh mbak gak dosa

  4. lusa says:

    Maksud pertanyaannya apa ya?

  5. tia says:

    slm… kak, gmn dg ukuran penis yang agak lumayan..?hehe. bisa muat tuh…?? maaf.hehe jd malu deh,

    • lusa says:

      Salam Tia…

      Kondom merupakan selubung/sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan. Kondom terbuat dari karet sintetis yang tipis, berbentuk silinder, dengan muaranya berpinggir tebal, yang digulung berbentuk rata. Standar kondom dilihat dari ketebalannya, yaitu 0,02 mm.

      Bukan merupakan masalah jika ukuran penis lumayan, pemakaiannya kan sewaktu penis mengalami ereksi, jadi TETEP muat kok..

      Bisa dibaca artikel tentang “KONDOM” di http://www.lusa.web.id/kondom/
      Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat..

  6. Adamsssein [Penulis Buku] says:

    waduh lengkap banged bahasannya, tapi mendidik kok secara psikologis juga, smoga gak disalahgunakan yah Mbak?

  7. yud080 says:

    gan ada gak kondom buat cewe…??? jwb makasih

    salam kenal..??

  8. santi says:

    slm… mau nanya kak, gmn dgn kondom wanita, kita pakai wkt bhubungan gk bs menikmati, krn dinding vagina dh terhalang dg kondom. tas pnjelasannya trmksh kak, wslm..

    • lusa says:

      Kondom wanita berbentuk silinder dan dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan wanita. Kondom wanita mempunyai dua cincin di bagian dalam dan luar. Cincin bagian dalam membantu penggunaan (penyisipan masuk ke dalam vagina) dan menjaga kondom tetap di tempatnya selama berhubungan seksual. Sedangkan cincin bagian luar berfungsi mencegah kondom tergelincir masuk ke vagina.

      Alat kontrasepsi kondom baik untuk laki-laki maupun wanita mempunyai keterbatasan sebagai berikut:
      1. Efektifitas tidak terlalu tinggi,
      2. Tingkat efektifitas tergantung pada pemakaian kondom yang benar,
      3. Adanya pengurangan sensitifitas pada penis,
      4. Harus selalu tersedia setiap kali berhubungan seksual,
      5. Perasaan malu membeli di tempat umum, dan
      6. Masalah pembuangan kondom bekas pakai.

      Sebagai referensi, “Santi” bisa baca artikel tentang “Kondom” di http://www.lusa.web.id/kondom/ dan http://www.lusa.web.id/cara-pakai-kondom-wanita/

      Demikian penjelasannya, smoga bisa membantu…

  9. Angger kurniawan says:

    Mbak mau tanya klo menggunakan kondom laki” salah maka dampaknya apa dan klo laki” sudah menggunakan kondom pada saat mau melakukan seks kalo perempuan.nya sudah terkena penyakit hiv/aids apakah bisa menular kpd laki” yang mau seks pda perempuan tdi
    tolong di jawab penting

  10. F-xy says:

    mkasih yo mbk…?
    he

  11. darwin says:

    S’lam Mbak..
    saya mau minta pejelasan dan sedikit solusinya ya aja mbak bahwa pemakaian kondom pda pria yg (+)terkenak penyakit menular(HIV/AIDS) msih bisa menularkan pda wanita saat berhubungan sexsual sehingga wanita ya (+) HIV/AIDS Mbak.itu kok bsa ya Mbak,kemudian solusi ya gimna tu Mbak bgi pria yg (+)HIV?AIDS tsb ?

Leave a Reply