Home > KB > Cara Pakai Diafragma

Cara Pakai Diafragma

Mar 09, 2010 3 Comments by lusa

Diafragma dirancang aman dan disesuaikan vagina untuk menutupi serviks. Diafragma merupakan kap berbentuk bulat, cembung, terbuat dari lateks (karet) yang dapat dibengkokkan. Alat kontrasepsi metode barier yang berupa diafragma ini mempunyai cara kerja sebagai berikut:

  1. Mencegah masuknya sperma melalui kanalis servikalis ke uterus dan saluran telur (tuba falopi).
  2. Sebagai alat untuk menempatkan spermisida.

Efektifitas diafragma untuk mencegah kehamilan sekitar 94% bila wanita selalu menggunakannya dan 84% bila wanita tidak selalu menggunakannya. Selain itu, diafragma akan efektif apabila cara menggunakannya benar dan tepat.

Dibawah ini merupakan cara pemakaian alat kontrasepsi metode barier diafragma.

Pemasangan Diafragma

  • Tahap 1

Gambar pemasangan diafgragma 1Kosongkan kandung kemih dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pastikan diafragma tidak berlubang. Oleskan spemisida pada kap diafragma secara merata.

  • Tahap 2

Gambar pemasangan diafgragma 2Cari posisi yang nyaman pada saat pemasangan diafragma. Posisi dapat dengan mengangkat satu kaki ke atas kursi, duduk di tepi kursi, berbaring ataupun sambil jongkok. Pisahkan bibir vulva. Tepi diafragma melipat menjadi dua dengan sisi yang lain. Letakkan jari telunjuk di tengah kap untuk pegangan yang kuat. Spermisida harus berada di dalam kap.

  • Tahap 3

Gambar pemasangan diafgragma 3
Masukkan diafragma ke dalam vagina jauh ke belakang, dorong bagian depan pinggiran ke atas di balik tulang pubis. Masukkan jari ke dalam vagina sampai menyentuh serviks. Sarungkan karetnya dan pastikan serviks telah terlindungi.

Perhatian
Diafragma masih terpasang dalam vagina sampai 6 jam setelah berakhir hubungan seksual. Jika hubungan seksual berlangsung di atas 6 jam setelah pemasangan, tambahkan spermisida ke dalam vagina. Jangan meninggalkan diafragma di dalam vagina lebih dari 24 jam.

Pelepasan Diafragma

  • Tahap 1

Gambar pelepasan diafgragma 1Sebelum melepas diafragma, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kait bagian ujung diafragma dengan jari telunjuk dan tengah untuk memecah penampung.

  • Tahap 2

Gambar pelepasan diafgragma 2
Tarik diafragma turun dan tarik keluar. Cuci dengan sabun dan air, kemudian keringkan sebelum disimpan kembali di tempatnya.

Referensi
plannedparenthood.org/health-topics/birth-control/diaphragm-4244.htm
Saifuddin, BA. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. (Bagian Kedua MK 21- MK 24).

Kata Kunci

kb diafragma, alat kb diafragma, tuba fallopi, pengertian kanalis servikalis, metode kb diafragma, tuba falopi, vagina diafragma, jari masuk meki, gambar alat kontrasepsi diafragma, gambar diafragma, kondom wanita diaprahma, cara pemasangan kondom diafragma, Alat kontrasepsi diaphragm, prinsip kerja diafragma (cervical cap), Pemasagan kb vaginah, kondom wanita atau diafragma, kondom diaphragma, kondom diafragma, Gambar meki dimasukin spermisida, gambar memex keluar seperma, maksud kb diafragma, kondom perempuan (diaphragma), koleksi foto vagina cewek pakai alat kontrasepsi, gambar vagina saat pembukaan, Gambar vargina wanita masukkn jari.

KB
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

3 Responses to “Cara Pakai Diafragma”

  1. ndari says:

    assalamualaikum,,
    kak mau tanya, apakah itu aman dan tidak sakit ketika memasangnya,,??
    dan di mana alat itu bisa di beli, kayaknya masih ada banyak yang awam sama diafragma itu.
    terimakasih

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Diafragma dirancang aman dan disesuaikan vagina untuk menutupi serviks. Diafragma akan efektif apabila digunakan dengan benar dan tepat. Tingkat efektifitasnya untuk mencegah kehamilan mencapai 94%.

      Cara pemasangannya mudah, hampir sama dengan pemakaian kondom wanita.

      Cervical cap atau diafragma memang jarang digunakan sebagai alat kontrasepsi. Bisa didapatkan di klinik pelayanan KB yang menyediakan diafragma atau di apotik dengan resep.

      Demikian, semoga bermanfaat…

  2. alysta says:

    Dear Lusa,
    Bentuk dari alat itu sendiri kecil atau besar? krn saat saya searching digoogle untuk ukurannya terlihat besar?untuk pembeliannya apa harus menggunakan resep?
    Tks

Leave a Reply