Home > Askeb I (Kehamilan) > Transisi Peran Maternal

Transisi Peran Maternal

Jul 11, 2011 2 Comments by lusa

Transisi peran dalam menjadi seorang ibu sudah dimulai pada saat kehamilan. Rubin (1984) mengobservasi langkah-langkah spesifik yang menjadi kerangka dalam memahami proses perubahan peran ibu, yaitu:

  1. Mimikri
  2. Role play
  3. Fantasi
  4. Pencarian peran yang sesuai
  5. Grief work

Mimikri

Mimikri meliputi meniru dan mengkopi perilaku dari seorang ibu atau wanita lain yang sedang hamil dalam rangka mencari tahu karakteristik dari peran seorang ibu. Tahap mimikri akan terasa pada trimester I, saat wanita hamil mulai memakai baju hamil, atau bahkan meniru postur dan langkah dari wanita hamil yang telah mendekati waktu melahirkan.

Role play

Role play meliputi berperan berdasarkan beberapa aspek yang biasa dilakukan oleh seorang ibu. Wanita hamil akan mencari kesempatan untuk memberikan perhatiannya kepada janin. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kenyamanannya dalam menerima peran sebagai ibu, serta melihat respon dari observer. Tahap ini memberikan kesempatan kepada calon ibu untuk berlatih menjadi seorang ibu yang baik.

Fantasi

Fantasi berubah-ubah di setiap trimester dan bisa saja berbeda-beda antara primigravida dengan multigravida. Fantasi terbanyak terjadi selama trimester III. Fantasi membuat wanita hamil membayangkan berbagai keinginan dan mimpi atau juga percobaan akan berbagai perilaku, seperti bagaimana rupa dan karakteristik janin?

Pencarian peran yang sesuai

Pencarian peran yang sesuai merupakan proses saat wanita hamil membangun peran yang diharapkannya dan menanamkan dalam dirinya perilaku seorang ibu yang baik, akan mengobservasi ibu-ibu yang lain dan mulai membandingkan dengan dirinya, berimaginasi berperilaku sama, kemudian memilah-milah perilaku yang sesuai dengan yang dianggap benar.

Grief work

Perasaan sedih bahwa kehidupannya akan berubah dan tidak akan pernah kembali seperti dulu sebelum mempunyai anak. Calon ibu harus dapat melepaskan kebiasaan-kebiasaannya dulu. Sekarang identitasnya akan berganti menjadi ibu dari janin yang akan dilahirkan

Referensi

bidandesa.com/psikologi-pada-ibu-hamil.html diunduh 25 april 2011 10:19 PM
Depkes RI. 1993. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dalam Konteks Keluarga. Cetakan Ke III. Jakarta.
Kusmiyati, Y. 2010. Perawatan Ibu Hamil. Yogyakarta: Fitramaya
ocw.gunadarma.ac.id/course/diploma-three-program/study-program-of-midwife-practices-d3/asuhan/perubahan-dan-adaptasi-psikologis-dalam-kehamilan diunduh 25 april 2011 10:16 PM
patriani-gift.blogspot.com/2009/03/perubahan-psikologi-pada-ibu-hamil.html diunduh 25 april 2011 11:02 PM
Pusdiknakes. 2001. Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan Fisiologis Bagi Dosen Diploma III Kebidanan. Buku 2 Asuhan Antenatal.
Sulistyowati, A. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika
Widyastuti, S. Adaptasi Psikososial Pada Masa Kehamilan. scribd.com/doc/37479306/Adaptasi-Psikososial-Pada-Masa-Kehamilan

Kata Kunci

trimester I, wanita hamil, pengertian multigravida.

Askeb I (Kehamilan)
¬© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

2 Responses to “Transisi Peran Maternal”

  1. ircham mc says:

    tolomg kami dapat berhubungan dengan Ibu, karena tulisan Ibu kami ambil untuk Buku dan Nama Ibu akan kami cantumkan dalam bnuyku dan sebagai penulis dg penuh hak royalti.

Leave a Reply