Home > Askeb I (Kehamilan) > Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama

Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama

Jul 06, 2011 7 Comments by lusa

Kehamilan trimester pertama merupakan periode adaptasi. Respon yang muncul pada periode ini adalah sebagai berikut:

  1. Ketidakyakinan / ketidakpastian
  2. Ambivalen
  3. Fokus pada diri sendiri
  4. Perubahan seksual

Ketidakyakinan/ketidakpastian

Awal minggu kehamilan, wanita akan merasa tidak yakin dengan kehamilannya dan berusaha untuk mengkonfirmasikan kehamilan tersebut. Hal ini disebabkan karena tanda-tanda fisik akan kehamilannya tidak begitu jelas atau sedikit berubah. Setiap wanita memiliki tingkat reaksi yang bevariasi terhadap ketidakyakinan akan kehamilan. Wanita hamil akan berusaha untuk mencari kepastian bahwa dirinya hamil, menjadi takut akan kehamilan yang terjadi dan berharap tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa dirinya tidak hamil.

Fase ini, seorang wanita akan mengobservasi seluruh bagian tubuhnya untuk memastikan perubahan yang mengindikasikan tanda- tanda kehamilan, merundingkan kepada keluarga dan teman tentang kemungkinan bahwa telah terjadi kehamilan, memvalidasi kehamilan tersebut dengan menggunakan tes kehamilan.

Ambivalen

Ambivalen didefinisikan sebagai konflik perasaan yang simultan, seperti cinta dan benci terhadap seseorang, sesuatu, atau keadaan (Bobak, Lowdermilk, & Jensen, 2005). Setiap wanita hamil memiliki sedikit rasa ambivalen dalam dirinya selama masa kehamilan. Ambivalen merupakan respon normal individu ketika akan memasuki suatu peran baru. Beberapa wanita merasa bahwa ini tidak nyata dan bukanlah saat yang tepat untuk hamil, walaupun ini telah direncanakan atau diidamkan.

Wanita yang sudah merencanakan kehamilan sering berpikir bahwa dirinya membutuhkan waktu yang lama untuk menerima kehamilan, akan merasa khawatir dengan bertambahnya tanggung jawab dan perasaan akan ketidakmampuannya untuk menjadi orang tua yang baik, serta takut jika kehamilan ini akan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain.

Fokus pada diri sendiri

Awal kehamilan, pusat pikiran ibu berfokus pada dirinya sendiri, bukan pada janin. Ibu merasa bahwa janin merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari diri ibu, calon ibu juga mulai berkeinginan untuk menghentikan rutinitasnya yang penuh tuntutan sosial dan tekanan agar dapat menikmati waktu kosong tanpa beban. Banyak waktu yang dihabiskan untuk tidur.

Perubahan fisik dan meningkatnya hormon akan menyebabkan emosi menjadi labil. Perubahan hormonal merupakan bagian dari respon ibu terhadap kehamilan. Perubahan hormon ini dapat menjadi penyebab perubahan mood, hampir sama seperti saat wanita mestruasi atau menopause. Mood ibu hamil akan mudah sekali berubah-ubah. Perubahan ini seringkali membuat ibu dan orang-orang di sekitarnya menjadi bingung.

Perubahan seksual

Selama trimester I, seringkali keinginan seksual wanita menurun. Ketakutan akan keguguran menjadi penyebab pasangan menghindari aktivitas seksual. Apalagi jika wanita tersebut sebelumnya pernah mengalami keguguran.

Kesimpulan

Perubahan psikologis kehamilan trimester pertama adalah:

  • Merasa tidak sehat dan benci kehamilannya
  • Selalu memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuhnya
  • Mencari tanda-tanda untuk lebih meyakinkan bahwa dirinya sedang hamil
  • Mengalami gairah seks yang lebih tinggi tapi libido turun
  • Khawatir kehilangan bentuk tubuh
  • Membutuhkan penerimaan kehamilannya oleh keluarga
  • Ketidakstabilan emosi dan suasana hati

Referensi

bidandesa.com/psikologi-pada-ibu-hamil.html diunduh 25 april 2011 10:19 PM
Depkes RI. 1993. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dalam Konteks Keluarga. Cetakan Ke III. Jakarta.
Kusmiyati, Y. 2010. Perawatan Ibu Hamil. Yogyakarta: Fitramaya
ocw.gunadarma.ac.id/course/diploma-three-program/study-program-of-midwife-practices-d3/asuhan/perubahan-dan-adaptasi-psikologis-dalam-kehamilan diunduh 25 april 2011 10:16 PM
patriani-gift.blogspot.com/2009/03/perubahan-psikologi-pada-ibu-hamil.html diunduh 25 april 2011 11:02 PM
Pusdiknakes. 2001. Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan Fisiologis Bagi Dosen Diploma III Kebidanan. Buku 2 Asuhan Antenatal.
Sulistyowati, A. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika
Widyastuti, S. Adaptasi Psikososial Pada Masa Kehamilan. scribd.com/doc/37479306/Adaptasi-Psikososial-Pada-Masa-Kehamilan

Kata Kunci

yhs-mystartdefault, kehamilan, kehamilan trimester pertama, perubahan psikologis masa nifas, kehamilan trimester 1, menstruasi, trimester pertama, askep kehamilan, trimester pertama kehamilan, kehamilan trisemester pertama, askep kehamilan trimester 1, perubahan psikologis pada ibu hamil, askeb ibu hamil trimester 1, perubahan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan, perubahan fisiologis pada ibu hamil, asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester 1, perubahan dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan trimester 1 2 3, perubahan fisiologis kehamilan, psikologis ibu hamil trimester 1, penjelasan perubahan psikologis pada kehamilan trimester 1, perubahan psikologi trimester 1, makalah proses adaptasi fisiologis dan psikologi kehamilan, makalah proses adaptasi fisiologi dan psikologi dalam masa kehamilan, sebutkan respon emosional ibu selama kehamila, trimester pada kehamilan.

Askeb I (Kehamilan)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

7 Responses to “Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama”

  1. astuti says:

    salam kenal..sy mau nanya tentang hal@ askeb..maklum bru kuliah..jd mohon dapat memberikan arahan ilmunya

  2. dwi ayu says:

    mbak,bnr bgt yg sampean tls…kalo blh share,gmn solusi terbaiknya??thx

  3. diana eka lestari says:

    emang sih……
    kalow bisa bantu ,
    minta di bantu jg donk??????
    soalnya baru belajar jg…..

  4. inDry says:

    thanks :)

  5. gunawan says:

    wah, mbak lusa canggih banget. apalagi mau share tentang ilmunya. semoga semakin sukses ya. membaca blog mbak jadi bisa memahami istri

Leave a Reply