Home > Askeb III (Nifas) > Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Kardiovaskuler

Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Kardiovaskuler

Mar 02, 2010 No Comments by lusa

Volume darah normal yang diperlukan plasenta dan pembuluh darah uterin, meningkat selama kehamilan. Diuresis terjadi akibat adanya penurunan hormon estrogen, yang dengan cepat mengurangi volume plasma menjadi normal kembali. Meskipun kadar estrogen menurun selama nifas, namun kadarnya masih tetap tinggi daripada normal. Plasma darah tidak banyak mengandung cairan sehingga daya koagulasi meningkat.

Aliran ini terjadi dalam 2-4 jam pertama setelah kelahiran bayi. Selama masa ini ibu mengeluarkan banyak sekali jumlah urin. Hilangnya progesteron membantu mengurangi retensi cairan yang melekat dengan meningkatnya vaskuler pada jaringan tersebut selama kehamilan bersama-sama dengan trauma selama persalinan.

Kehilangan darah pada persalinan per vaginam sekitar 300-400 cc, sedangkan kehilangan darah dengan persalinan seksio sesarea menjadi dua kali lipat. Perubahan yang terjadi terdiri dari volume darah dan hemokonsentrasi. Pada persalinan per vaginam, hemokonsentrasi akan naik dan pada persalinan seksio sesarea, hemokonsentrasi cenderung stabil dan kembali normal setelah 4-6 minggu.

Pasca melahirkan, shunt akan hilang dengan tiba-tiba. Volume darah ibu relatif akan bertambah. Keadaan ini akan menimbulkan dekompensasi kordis pada penderita vitum cordia. Hal ini dapat diatasi dengan mekanisme kompensasi dengan timbulnya hemokonsentrasi sehingga volume darah kembali seperti sediakala. Pada umumnya, hal ini terjadi pada hari ketiga sampai kelima post patum.

Referensi
Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia. (hlm: 85-86).
Kuliahbidan. 2008. Perubahan dalam Masa Nifas. kuliahbidan.wordpress.com/2008/09/19/perubahan-dalam-masa-nifas/ diunduh 6 Feb 2010, 02:25 PM.
scribd.com/doc/16287636/ASUHAN-KEPERAWATAN-MATERNITAS
diunduh 12 Feb 2010, 04:30 PM.
scribd.com/doc/17226035/Post-Partum-Oke diunduh 8 Feb 2010, 11:46 PM.
scribd.com/doc/24817163/Postpartum-Normal diunduh 12 Feb 2010, 04:46 PM.

Kata Kunci

diuresis, hemokonsentrasi, perubahan sistem kardiovaskuler pada masa nifas, retensi cairan, perubahan sistem kardiovaskuler pada ibu nifas, diuresis adalah, perubahan fisiologis masa nifas pada sistem kardiovaskuler, pengertian hemokonsentrasi, perubahan kardiovaskuler pada masa nifas, penyebab diuresis, hemokonsentrasi adalah, sistem kardiovaskuler, perubahan sistem kardiovaskuler masa nifas, perubahan fisiologi masa nifas pada sistem kardiovaskuler, askep ibu nifas, dekompensasi kordis, perubahan fisiologis sistem kardiovaskuler pada masa nifas, sistem kardiovaskular, kardiovaskuler, Penjelasan Sistem Kardiovaskuler pada masa Nifas, perubahan fisiologis pada sistem kardiovaskuler pada masa nifas, perubahan fisiologis sistem kardioveskuler pada masa nifas, tanda dan gejala sistem kardiovaskuler pada ibu nifas, materi perubahan sistem kardiovaskuler pada ibu nifas, bagaimana cara ibu menghadapi perubahan kardiovaskuler.

Askeb III (Nifas)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.
No Responses to “Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Kardiovaskuler”

Leave a Reply