Home > Askeb III (Nifas) > Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Hematologi

Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Hematologi

Mar 02, 2010 2 Comments by lusa

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, kadar fibrinogen dan plasma serta faktor-faktor pembekuan darah meningkat. Pada hari pertama post partum, kadar fibrinogen dan plasma akan sedikit menurun tetapi darah lebih mengental dengan peningkatan viskositas sehingga meningkatkan faktor pembekuan darah.

Leukositosis adalah meningkatnya jumlah sel-sel darah putih sebanyak 15.000 selama persalinan. Jumlah leukosit akan tetap tinggi selama beberapa hari pertama masa post partum. Jumlah sel darah putih akan tetap bisa naik lagi sampai 25.000 hingga 30.000 tanpa adanya kondisi patologis jika wanita tersebut mengalami persalinan lama.

Pada awal post partum, jumlah hemoglobin, hematokrit dan eritrosit sangat bervariasi. Hal ini disebabkan volume darah, volume plasenta dan tingkat volume darah yang berubah-ubah. Tingkatan ini dipengaruhi oleh status gizi dan hidarasi dari wanita tersebut. Jika hematokrit pada hari pertama atau kedua lebih rendah dari titik 2 persen atau lebih tinggi daripada saat memasuki persalinan awal, maka pasien dianggap telah kehilangan darah yang cukup banyak. Titik 2 persen kurang lebih sama dengan kehilangan darah 500 ml darah.

Penurunan volume dan peningkatan sel darah pada kehamilan diasosiasikan dengan peningkatan hematokrit dan hemoglobin pada hari ke 3-7 post partum dan akan normal dalam 4-5 minggu post partum.
Jumlah kehilangan darah selama masa persalinan kurang lebih 200-500 ml, minggu pertama post partum berkisar 500-800 ml dan selama sisa masa nifas berkisar 500 ml.

Referensi

Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia. (hlm: 86).
Kuliahbidan. 2008. Perubahan dalam Masa Nifas. kuliahbidan.wordpress.com/2008/09/19/perubahan-dalam-masa-nifas/ diunduh 6 Feb 2010, 02:25 PM.
Saleha, 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika (hlm: 61-62).

Kata Kunci

sistem hematologi, perubahan sistem hematologi pada masa nifas, perubahan sistem hematologi, leukositosis, perubahan sistem kardiovaskuler, perubahan sistem hematologi pada ibu nifas, perubahan hematologi pada masa nifas, perubahan hematologi pada ibu nifas, perubahan fisiologis masa nifas pada sistem hematologi, perubahan kardiovaskuler pada ibu nifas, hematologi pada ibu nifas, persalinan lama, hematologi, masa pembekuan darah, masa persalinan, sistem hematologi pada masa nifas, makalah perubahan sistem hematologi pada masa nifas, anatomi hematologi, dasar teori fibrinogen, sistem hematologi pada ibu nifas, leukosit ibu nifas, perubahan fisiogis sistem hemotologi pada ibu nifas, sistem hematologi pdf, Soal tentang perubahan hematologi pada masa nifas, perubahan fisiologi masa nifas pada sistem hemotologi.

Askeb III (Nifas)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

2 Responses to “Perubahan Fisiologis Masa Nifas Pada Sistem Hematologi”

  1. putri mastaram says:

    thanks ya…………………………..

Leave a Reply