Home > Askeb I (Kehamilan) > Pertumbuhan Janin dalam Kandungan

Pertumbuhan Janin dalam Kandungan

Jun 08, 2011 148 Comments by lusa

Pertumbuhan dan perkembangan janin dimulai sejak terjadinya konsepsi. Kehamilan akan berlangsung selama 280 hari atau 10 bulan atau 40 minggu terhitung dari hari pertama haid terakhir. Perubahan-perubahan dan organogenesis terjadi pada berbagai periode kehamilan.

Pertumbuhan hasil konsepsi dibedakan menjadi 3 tahapan penting yaitu: tingkat ovum (telur) umur 0-2 minggu, dimana hasil konsepsi belum tampak terbentuk dalam pertumbuhan; embrio (mudigah) antara umur 3-5 minggu dan sudah tampak rancangan bentuk alat-alat tubuh; janin (fetus) di atas usia 5 minggu dan sudah berbentuk manusia.

Perubahan-perubahan dan organogenesis pada periode kehamilan.

Bulan ke-0

Sperma membuahi ovum, membelah, masuk di uterus dan menempel pada hari ke-11

Gambar 1. Zigot

Minggu ke-4 / Bulan ke-1

Bagian tubuh embrio yang pertama muncul akan menjadi tulang belakang, otak, dan saraf tulang belakang. Jantung, sirkulasi darah dan pencernaan juga sudah terbentuk.

Gambar 2. Janin 4 minggu

Minggu ke-8 / Bulan ke-2

Panjang janin 250 mm. Jantung mulai memompa darah. Raut muka dan bagian utama otak dapat terlihat. Terbentuk telinga, tulang dan otot di bawah kulit yang tipis.

Gambar 3. Janin 8 minggu

Minggu ke-12 / Bulan ke-3

Panjang janin 7-9 cm. Tinggi rahim di atas simpisis (tulang kemaluan). Embrio menjadi janin. Denyut jantung terlihat pada USG. Mulai ada gerakan. Sudah ada pusat tulang, kuku, ginjal mulai memproduksi urin.

Gambar 4. Janin 12 minggu

Minggu ke-16 / Bulan ke-4

Panjang janin 10-17 cm. Berat janin 100 gram. Tinggi rahim setengah atas simpisispubis. Sistem muskuloskeletal sudah matang, sistem saraf mulai melakukan kontrol. Pembuluh darah berkembang cepat. Tangan janin dapat menggenggam. Kaki menendang aktif. Pankreas memproduksi insulin. Kelamin luar sudah dapat ditentukan jenisnya.

Gambar 5. Janin 16 minggu

Minggu ke-20 / Bulan ke-5

Panjang janin 18-27 cm. Berat janin 300 gram. Tinggi rahim setinggi pusat. Verniks melindungi tubuh. Lanugo menutupi tubuh dan menjaga minyak pada kulit. Terbentuk alis, bulu mata, dan rambut. Janin membuat jadwal teratur tidur, menelan dan menendang.

Gambar 6. Janin 20 minggu

Minggu ke-24 / Bulan ke-6

Panjang janin 28-34 cm. Berat rahim 600 gram. Tinggi rahim di atas pusat. Kerangka berkembang cepat. Berkembangnya sistem pernafasan.

Gambar 7. Janin 24 minggu

Minggu ke-28 / Bulan ke-7

Panjang janin 35-38 cm. Berat rahim 1000 gram. Tinggi rahim antara pertengahan pusat – prosessus xifodeus. Janin bisa bernafas, menelan dan mengatur suhu. Terbentuk surfaktan dalam paru-paru. Mata mulai membuka dan menutup. Bentuk janin dua pertiga bentuk saat lahir.

Gambar 8. Janin 28 minggu

Minggu ke-32 / Bulan ke-8

Panjang janin 42,5 cm. Berat rahim 1700 gram. Tinggi rahim dua pertiga di atas pusat. Simpanan lemak berkembang di bawah kulit. Janin mulai menyimpan zat besi, kalsium dan fosfor. Kulit merah dan gerak aktif.

Gambar 9. Janin 32 minggu

Minggu ke-36 / Bulan ke-9

Panjang janin 46 cm. Berat rahim 2500 gram. Tinggi rahim setinggi prosessus xifodeus. Kulit penuh lemak, organ sudah sempurna.

Gambar 10. Janin 36 minggu

Minggu ke-40 / Bulan ke-10

Panjang janin 50 cm. Berat rahim 3000 gram. Tinggi rahim dua jari bawah prossesus xifodeus. Kepala janin masuk PAP (pintu atas panggul), kuku panjang, testis telah turun. Kulit halus hampir tidak ada lanugo.

Gambar 11. Janin 40 minggu

Referensi

Depkes RI. 1993. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dalam Konteks Keluarga. Cetakan Ke III. Jakarta.
Kusmiyati, Y. 2010. Perawatan Ibu Hamil. Cetakan ke VI. Yogyakarta: Fitramaya.
Mochtar, R. 1998. Sinopsis Obstetri: Obstetri Fisiologi-Obstetri Patologi. Edisi 2. Jakarta: EGC
Neil, W.R. 2001. Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan. Jakarta: Dian Rakyat.
Salmah, dkk. 2006. Asuhan Kebidanan Antenatal. Jakarta: EGC.
Sulistyawati, A. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika

Kata Kunci

pertumbuhan janin, perkembangan janin, pertumbuhan janin dalam kandungan, janin 7 bulan, verniks, simpisis, gambar janin 7 bulan, janin, organogenesis, janin 28 minggu, perkembangan janin 7 bulan, janin 5 bulan, janin 4 bulan, janin dalam kandungan, janin 8 bulan, pertumbuhan janin dalam rahim, pertumbuhan embrio, janin 32 minggu, pertumbuhan bayi dalam kandungan, bayi dalam kandungan, gambar janin, janin 6 bulan, janin 20 minggu, gambar janin 5 bulan, kandungan 7 bulan.

Askeb I (Kehamilan)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

148 Responses to “Pertumbuhan Janin dalam Kandungan”

  1. ALARM says:

    Tks infonya, semoga manfaat

    • lusa says:

      sama-sama… smoga bisa dimanfaatkan ilmunya :)

      • Annisa says:

        As.salamualaikum..mbak mau tanya donk…mm apa ya pengaruhnya bwt bayi yg mndengarkan musik atau alqur’an saat msih dlm kndungan..

      • solichin says:

        Mba mav ganggu..Qu mau tanya,,istri qu ko udh 10 bln,blm melahirkan jg y..Kira-kira,supaya cepat melahirkan,solusinya apa y.?Mohon infonya y mba.Sebelumnya terima kasih banyak mba

        • lusa says:

          Pak Solichin…

          Umur kehamilan 10 bulan, bila dibuat dalam minggu berarti 40 mg.
          Menurut umur kehamilannya, dikatakan cukup bulan/matur/ normal adalah usia kehamilan 38-40 minggu. Demikian juga, hitungan hari perkiraan lahir (HPL) adalah 40 mg.
          Apabila sampai dengan umur kehamilan 42 minggu (batas maksimal usia kehamilan), belum terjadi persalinan maka sebaiknya segera diakhiri kehamilannya.

          Kehamilan lebih bulan memberikan pengaruh terhadap ibu dan janin. Bagi ibu, sering dijumpai persalinan lama dan perdarahan. Sedangkan pada janin/bayi, dapat berakibat kematian.

          Hal yang dapat dilakukan antara lain: lakukan hubungan suami istri (karena sperma mengandung prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi). Cara tersebut merupakan cara alami, jika belum berhasil segera datang ke rumah sakit untuk dilakukan terminasi kehamilan berupa induksi persalinan (pacuan) atau secsio sesarea.

          Demikian pak Solichin… Semoga persalinan istri diberikan kelancaran, semuanya dalam keadaan sehat..

          Amin..

  2. Prima Saja says:

    menakjubkan…

  3. bidan hj.Asniar says:

    uni sangat terbantu dg infonya, trims ya!

  4. Arnesa says:

    Subhannalloh

  5. habibah says:

    Subhanallah , saya bisa melihat lebih jelas kondisi janin usia 9-10 minggu lewat pemaran diatas , kalau di cek di usg cuma 2 dimensi hitam putih saja, namum alhamdulillah bahagianya kami sekarang bisa mengetahui kondisi si buah hati.

  6. bram says:

    maaf mbak.. saya mau bertanya mengenai berat janin pd usia kendungan lbh dr 8 bln

    td pagi istri sy pergi ke dokter, tp diantar oleh bpk mertua sy krn sy sedang bekerja. Siangnya sy telfon istri sy mengenai kondisi kandungan.. istri sy bilang ke sy bhw bayi normal n sehat2 saja tp berat bayi hny 2,2kg yg artinya blm normal u/ berat bayi dan itu termasuk BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) krn >2,5kg :(

    Dan yg mau sy tanyakan adalah :
    1. apakah bs menambah berat bayi pd usia 8bulan ?
    2. makanan/vitamin apa saja yg bs menambah brt bayi ?
    3. apakah pd saat persalinan(usia 9bln 2minggu) berat bayi bs bertambah ?

    sy sgt mengharapkan jawaban secepatnya, pengetahuan sy ttg kehamilan kurang, atau mbak bs memberi balasan pd pesan SMS via no sy di 085222060281

    best regards

    Bram

  7. Annisa says:

    Subhanallah

  8. RAHMAWATY says:

    Assalamu alaikum …………
    bu, saya mau tanya…. tanggal 09 nopember 2011 ini kandungan saya sudah memasuki 9 bulan, saya ingin tanya selama bulan ke 8, kaki saya bengkak gak turun2 meski sudah saya tinggikan menggunakan bantal, sela2 jari tangan saya berwarna coklat tua,………. apa keluhan itu tidak berbahaya buat janin yang saya kandung mohon penjelasannya……

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam Wr. Wb
      Bengkak pada kaki atau tangan terjadi akibat kenaikan tingkat sodium oleh karena pengaruh hormon kehamilan, gangguan sirkulasi pada tungkai bawah, maupun adanya tekanan pada pembesaran uterus pada vena pelvik ketika duduk atau pada vena inferior ketika berbaring.

      Cara mengatasinya dengan: menghindari posisi berbaring, menghindari posisi tegak dalam waktu lama, mengangkat kaki ketika duduk/ istirahat, menghindari kaos kaki yang ketat.

      Apabila keluhan bengkak muncul pada seluruh kaki, tangan, wajah dan lama kembalinya jika ditekan, maka perlu dicurigai adanya pre eklamsia.
      Tanda bahaya lain, jika bengkak disertai dengan gejala anemia, protein dalam urin serta hipertensi.

      Jika benar dicurigai pre eklamsia, dapat membahayakan ibu dan janin. Pada janin dapat terganggu pertumbuhan dan perkembangannya, bahkan kematian janin.
      Demikian penjelasannya, moga bermanfaat..

  9. Nea says:

    Subbohanollah…

  10. Nea says:

    makasih untuk infox,,sangat membantu buat kita para wanita…

  11. iin says:

    maaf mabak mo tnya, ini khamilan pertama saya, usia kandungan sudah memasuki bulan ke-5, tapi koq gerakan janin belum terlalu aktif cm kadang2 saja! apa ada masalh dengan kandungan saya?? makasih sebelum’a….

    • lusa says:

      Dear mbak IIn..

      Saya coba bantu jawab pertanyaan mbak..

      Gerakan pertama kali pada kehamilan atau disebut quickening dapat dirasakan pada minggu ke 18 atau minggu 20 (primigravida/kehamilan pertama) dan umur 14 atau 16 minggu pada multi gravida/kehamilan kedua atau lebih.

      Mbak Iin, tidak perlu kuatir dengan keadaan tersebut, dan insya Allah selama tidak ada komplikasi dalam kehamilan tidak ada masalah..
      Bisa baca juga tentang artikel http://www.lusa.web.id/diagnosis-kehamilan/

      Saran: rajin periksa ke tenaga kesehatan setiap sebulan sekali atau bila ada keluhan.

      Smoga ibu dan janin sehat selalu…

  12. nova says:

    bgs skali foto dan infonya..tp utk anak kembar ada g y…? soalnya skg sy sdg hamil kembar 18 bln. jd pgn lht perkembangannya. tnx b4.

    • lusa says:

      terimakasih “Nova”… Maaf sekali, untuk gambar pertumbuhan janin kembar belum punya..

      Masukan yang bagus, diusahakan artikel tentang kehamilan bayi kembar..ditunggu update-nya…

  13. naning says:

    semoga ilmu yang disebarkan akan memberi barokah pada yang menyampaikan,…..dan sungguh besar kuasa Alloh terhadap makhlukNya…..thanks infonya….

  14. lina says:

    mbak aku mau tanya nich..
    aku baru hamil pertama,tapi masih 4minggu aku mengalami keguguran mbak..
    aku mau tanya apa itu harus dikuret??
    atau bisa bersih dengan sendirinya waktu haidnya sudah berhenti…

    • lusa says:

      Mbak Lina, yang sabar njih…

      Usia kehamilan 4 minggu atau bulan pertama, bagian tubuh embrio yang pertama muncul akan menjadi tulang belakang, otak, dan saraf tulang belakang. Jantung, sirkulasi darah dan pencernaan juga sudah terbentuk.

      Seandainya terjadi keguguran, tidak selalu dilakukan kuretase. Dilihat dulu, hasil konsepsi keluar seluruhnya atau hanya sebagian. Jika hasil konsepsi telah keluar semua, dan rahim telah kosong maka tidak dilakukan kuret dan diberi obat.

      Akan tetapi, jika hasil konsepsi hanya sebagian yang keluar, baru dilakukan kuretase..

      Untuk meyakinkan apakah hasil konsepsi telah keluar semua, lakukan USG..

    • yeni says:

      hampir 10 blan kuk blum lahir ,apa yg harus dilakukan

      • lusa says:

        Mbak Yeni…

        Umur kehamilan 10 bulan, bila dibuat dalam minggu berarti 40 mg..

        Menurut umur kehamilannya, dikatakan cukup bulan/matur/normal adalah usia kehamilan 38-40 minggu.. Demikian juga, hitungan hari perkiraan lahir (HPL) adalah 40 mg..

        Apabila sampai dengan umur kehamilan 42 minggu (batas maksimal usia kehamilan), belum terjadi persalinan maka sebaiknya segera diakhiri kehamilannya..

        Kehamilan lebih bulan memberikan pengaruh terhadap ibu dan janin. Bagi ibu, sering dijumpai persalinan lama dan perdarahan. Sedangkan pada janin/bayi, dapat mengakibatkan kematian..

        Mbak Yeni, sebaiknya segera periksa kembali ke pelayanan kesehatan untuk segera mendapat penatalaksanaan lebih lanjut..

        Semoga ibu dan bayi selalu dalam keadaan SEHAT…

  15. endah says:

    mba mau tanya dong..
    apakah mungkin bayi usia 4,5 bulan bisa lahir?

    • lusa says:

      Maaf sebelumnya mbak Endah..
      Maksud pertanyaannya bagaimana?
      Bayi berumur 4,5 bulan bisa melahirkan? Atau wanita dengan usia kehamilan 4,5 bulan dapat mengalami persalinan?
      Mohon klarifikasi pertanyaannya…

      Terimakasih..

  16. Anita dewi says:

    jadi pengen segera hamil lagi…
    mba lusa, tambah sukses ya… ;)

  17. Raida says:

    Assl.wr.wr
    salam kenal mba lusa aku raida dari banjarmasin (KalSel)
    aku mau tanya nh mba, benar gak katanya klo kita sering minum air dingin atau es itu membuat bayi besar dalam perut ssehingga pada saat melahirkan nanti susah utk lahir scra normal jadi harus cesar?

    • lusa says:

      Wss. wr.wb

      Salam kenal juga mbak Raida..

      Air dingin atau air es tidak menyebabkan bayi besar.
      Faktor penyebab bayi besar antara lain: faktor ibu dan faktor bayi. Faktor ibu: ibu penderita sakit gula (diabetes melitus). Pada ibu dengan DM, akan mengalami gangguan penggunaan gula darah yang disebabkan tidak berfungsinya hormon insulin, sehingga dapat menyebabkan bayi menjadi tumbuh besar.

      Bayi besar dapat meningkatkan risiko persalinan misalnya terjadi bahu bayi tersangkut dan, kalaupun bayi lahir, kemungkinan mengalami gangguan nafas, trauma tulang leher, bahu dan selubung sarafnya. Komplikasi pasca persalinan dengan bayi besar: ibu dapat mengalami gangguan berjalan pasca melahirkan akibat peregangan maksimal struktur tulang panggul. Sebaiknya jika telah terdeteksi bayi besar, maka persalinan dengan secsio sesarea untuk mengurangi resiko di atas.

      Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dan pemeriksaan selama kehamilan.

      Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat..
      Salam untuk keluarga di Banjarmasin…

  18. AlinIa says:

    Yth. Mba Lusa di Tempat
    Ass.Wr. Wb.
    Salam kenal mba lusa saya Ali, saya mau tanya istri saya hamil dan sekarang usianya sudah 7 minggu,tetapi istri sya setiap hari mengalami flek warna coklat tpi sedikit, saya sudah memeriksakan kedokter dan dari dokter dikasih obat penguat tapi masih mengalami flek dan istri saya mempunyai sakit ambeyen/wasir, pertanyaan saya?

    1. Apakah berbahaya apa yang dialami oleh istri saya & perkembangan janin bagaimana?
    2. Apakah ada obat yang bisa menyembuhkan flek dan apakah benar terjadinya keguguran disebabkan oleh flek?
    3. Apakah yang terbaik jika istri saya melahirkan melalui sesar/normal?

    Mohon bantuan dan petunjuk mba lisa terima kasih?

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb
      Salam kenal juga bapak Ali..
      Perdarahan dari jalan lahir pada kehamilan muda merupakan tanda bahaya kehamilan pada triwulan pertama. Perdarahan di awal kehamilan perlu dicurigai adanya tanda-tanda keguguran (abortus), kehamilan mola/ kehamilan anggur, maupun kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan).

      Sebelum melakukan tindakan, perlu dipastikan diagnosanya dulu. Apakah abortus, kehamilan mola atau kehamilan ektopik? Apabila tidak ada keluhan penyerta, maka kemungkinan terjadi ancaman keguguran.

      Perdarahan yang terus-menerus dapat membahayakan ibu maupun janin yang dikandung. Terapi atau pengobatan tergantung diagnosa penyakit. Bila keguguran masih dapat dipertahankan maka ibu harus bed rest total dan diberikan obat penguat kehamilan. Artikel mengenai tanda bahaya kehamilan muda, abortus dan kehamilan ektopik dapat bapak baca di http://www.lusa.web.id/deteksi-dini-komplikasi-ibu-dan-janin/ , http://www.lusa.web.id/abortus/ dan http://www.lusa.web.id/kehamilan-ektopik-ectopic-pregnancy/
      Semoga bisa memberikan wacana.

      Pertolongan persalinan dilihat dulu kasusnya. Apabila pertumbuhan dan perkembangan janin baik, tidak ada komplikasi selama kehamilan dan tidak ada penyulit selama persalinan, maka ibu dapat melahirkan secara normal.
      Demikian bapak, semoga penjelasannya dapat diterima… Ibu dan calon bayi, sehat hingga kelahirannya nanti..

  19. dita says:

    mbak, q prnh d usg 28-1-12 tp negatif. tgl 21-2-12 cek usg br kliatan kantung rahim aj, dkter blg positif tp blm tau usia kandungan q krn mens q g trtur. .. trus smlm q k dkter lg dcek usg krn kmrn siang 24-2-12 wktu bak kluar darah ky mens tp sdikit.. nah, pas cek smlm, dokter blg shrusny usia ini sdh trlihat janin, tp ini ksg, bs jd blighted ovum gt. q jd bgung cm slisih 4hr tdny g tau usia skrg jd blg hrsny sdh ad, kan q ny jd ngedrop mbak kl gitu.. mo tny2 lg udh brenti mikirny…

    bnr gt mbak kt dokter? kl q bc artikel d atas usia s.d 2mgg br kntung.. mhn pnjelasany, trims

    • lusa says:

      Dear mbak Dita…

      Embrio mulai terbentuk pada minggu ke 4, tetapi belum tampak jelas. Sedangkan pada minggu ke 8, akan terbentuk fetus, mulai tampak bagian tubuh janin.

      Untuk mengetahui kepastian hamil tidaknya dilihat dari adanya gerakan janin, terdengar denyut jantung janin dan USG terlihat janin. Diagnosis kehamilan dapat mbak baca di: http://www.lusa.web.id/diagnosis-kehamilan/

      Perdarahan yang keluar dimungkinkan ke arah abortus, dan bisa jadi blighted ovum. Sebaiknya evaluasi ulang 2 minggu lagi untuk melihat ada tidaknya perkembangan janin.

      Sekedar sharing dan berbagi pengalaman. Saya juga pernah dua kali mengalami kejadian seperti itu. Janin tidak berkembang.
      Mbak Dita tidak perlu cemas, sebaiknya berbesar HATI, sedekat mungkin dengan NYA, sabar dan ikhlas..
      Apapun yang terjadi, adalah kuasa NYA. Insya Allah, jika saat ini belum diberi, suatu saat akan diberikan yang LEBIH.

      Tetap semangath ya mbak…

  20. nurul says:

    alhmdulilah
    kndungan saya sudah memasuki 7bulan
    dan pergerakkan nya sangat aktif :)

  21. ferry says:

    indah karya Agung NYA membentuk dari hanya cairan dan gumpalan

  22. rina dwiyanti says:

    apa penyebab terjadinya pendarahan di saat hamil muda umur 6 bulan misalnya. terima kasih

    • lusa says:

      Perdarahan yang terjadi pada kehamilan umur lebih 6 bulan disebut perdarahan antepartum. Perdarahan antepartum dapat berasal dari kelainan plasenta (plasenta previa, solusio plasenta atau perdarahan yang belum jelas sebabnya) dan bukan dari kelainan plasenta (erosi, polip, varises yang pecah).

      Masalah perdarahan antepartum yang disebabkan oleh plasenta previa, dapat mbak baca di http://www.lusa.web.id/plasenta-previa/

      Demikian, penjelasan yang sedikit ini moga bermanfaat..
      Terimakasih…

  23. norhana mohd ali says:

    sungguh teruja. saya sedang hamil 10minggu!

  24. riancahyanie says:

    slam kenal mb lusa,sya rian ,saya skrng hamil 19 minggu tp ko perut saya tidak membesar y biasa saja,,apakah kondisi janin saya dalam kandungan normal,mohon penjelsan’ny ini khamilan pertama saya.

    • lusa says:

      Salam kenal juga mbak Rian..

      Memasuki minggu ke-20/ bulan ke-5, tinggi rahim setinggi pusat, panjang janin 18-27 cm dan berat janin 300 gram. Ibu hamil juga mulai merasakan gerakan janin pada minggu ke 18 atau minggu 20 (primigravida/ kehamilan pertama).

      Tanda tidak pasti kehamilan antaranya perut dan uterus membesar sesuai usia kehamilannya. Sedangkan tanda pasti
      kehamilan dapat dilihat dari: gerakan janin, terdengar denyut jantung janin, tambak bayi saat USG.
      Baca artikel tentang “Diagnosis Kehamilan” : http://www.lusa.web.id/diagnosis-kehamilan/

      Oleh karena itu, untuk meyakinkan bahwa kehamilan dalam keadaan normal segera periksa ke pelayanan kesehatan. Pemeriksaan seawal mungkin sebagai langkah deteksi komplikasi pada kehamilan. Makasih..

  25. kayla says:

    mbk lusa
    Mbk sy mau tanya, bulan kemaren sy keguguran n dikuret tgl 18februari, seminggu kemudian sy dan suami behubungan lg soalnya kata dokter sudah gk apa2.
    Yang mau sy tanyakan, apakah mungkin saya hamil lg dari stelah kuret kemaren soalnya sampai sekarang masih blm datang bulan lg, dan kalau memang positif hamil, apakah gak apa apa soalnya baca di artikel artikel baru boleh hamil setelah 3bln.
    Trimakasih, ditunggu infonya ya mbk… Tlg di emailkan juga ya mbk jawabnnya…

    • lusa says:

      Hubungan seksual setelah keguguran dapat dilakukan apabila darah sudah tidak keluar lagi dari rahim. Namun demikian, sebelum melakukan hubungan seksual perlu dipertimbangkan aspek psikologis maupun fisik istri. Aspek psikologis adalah perasaan menerima dan kenyamanan istri pasca keguguran, sedangkan aspek fisik adalah kesiapan organ reproduksi dan sistem hormonal sudah kembali normal.

      Jangka waktu untuk mempersiapkan kehamilan sebaiknya 2-3 bulan pasca keguguran. Masalah kesuburan tergantung dari fungsi hormonal. Bisa jadi pasca keguguran, kesuburan sudah kembali normal sehingga memungkinkan terjadinya kehamilan.

      Sebelum hamil, carilah dulu penyebab dari keguguran. Keguguran bisa disebabkan trauma, infeksi atau penyebab lainnya.

      Apabila sudah terjadi kehamilan sebelum 2-3 bulan pasca keguguran, segera lakukan pemeriksaan rutin ke tenaga kesehatan.

      Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat..
      Terimakasih..

  26. ulil says:

    ko kata bidan bayi ku sehat ,, mengapa pada usia 11 minggu blum terdengar denyut jantung nya

    • lusa says:

      Mbak Ulil..

      Pertumbuhan dan perkembangan janin pada usia kehamilan 11 minggu adalah panjang janin 7-9 cm, tinggi rahim di atas simpisis (tulang kemaluan) dan embrio baru menjadi janin.

      Denyut jantung janin pada usia 11 minggu sering belum terdengar dikarenakan bagian-bagian janin belum teraba dengan jelas dan terkecoh dengan bunyi bising usus. Oleh karena itu, untuk memastikannya “mbak Ulil” dapat melakukan pemeriksaan USG.

      Ibu tidak perlu terlalu cemas, sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan yang teratur.. Insya Allah, bayi yang dikandung selalu dalam keadaan sehat hingga kelahirannya..

  27. KenKen says:

    ass.
    Mba, mo tanya.. Skrg adalah khamilan ke 3ku, setelah yg ke 2 kguguran usia 7mgg-blighted ovum. Hamil skrg usia 4 bln tepat selasa ini, 27 maret 2012. (mens trkhr 6 des 2011). Yg ingin saya tanyakan, ketika 3,5 bln khamilan, saya periksa kedokter krn telah mlakukan prjalanan jauh+diare selama 3 hari. Ternyata dokter bilang bayi sy sehat, dng berat 500gr. Ket. BPD 2,62cm, EFW 511gr, EDD 04-09-12. Saya sempat tkt apa normal dng ukuran itu atau dktr slh mmeriksa, krn trll trburu2 dlm mmriksa stiap pasien yg dtng. masuk 4 bln/16 mgg saya sdh sering mrasakan gerak, tp diperut kanan atas (mlewati pusar), apa normal ukuran+gerak janin 4bln, tolong jawabannya trims.. Wass

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Alhamdulillah, semoga dikehamilan yang ke tiga selalu diberi kesehatan dan kelancaran hingga kelahiran mbak.. Amin..

      Sampai dengan tanggal 31 Maret 2012, umur kehamilan ibu adalah 16 minggu lebih 4 hari (dihitung dari HPHT). Secara teori pada usia kehamilan 16 minggu atau bulan ke 4, panjang janin 10-17 cm dengan berat janin 100 gram. Tinggi rahim pertengahan antara simpisis (tulang kemaluan) – pusat. Perkembangan sistem muskuloskeletal sudah matang, sistem saraf mulai melakukan kontrol, pembuluh darah berkembang dengan cepat. Tangan janin dapat menggenggam, kaki menendang aktif. Pankreas memproduksi insulin dan kelamin luar sudah dapat ditentukan jenisnya.

      Quickening atau perasaan gerakan janin dapat dirasakan pada minggu ke 18 atau minggu 20 (primigravida/ kehamilan pertama) dan umur 14 atau 16 minggu pada multi gravida/ kehamilan lebih dari dua. Gerakan janin pertama kali dapat digunakan untuk menentukan umur kehamilan.

      Insya Allah, apa yang dirasakan ibu masih dalam kehamilan normal. Lakukan pemeriksaan rutin kehamilan paling tidak sebulan sekali pada triwulan ke dua ini.

  28. Fika says:

    janin mulai masuk panggul umur berapa ya?
    kehamilan saya masuk 9 bulan tp kok kaya belum msk panggul?

    • KenKen says:

      ass.
      Terima kasih atas doa+penjelasannya mba lusa..
      Apakabar..
      Mba, selasa kemarin aku br aja periksa. Kandungannku 24 minggu skrg, berat 655 gr, perkiraan dokter perempuan+smua ok+sehat aja alhmdllh..
      Tp posisi msh sumsang, kepala diatas+kaki dibawah..
      Yg ingin saya tanyakan,
      1.gmn caranya supaya posisi janin mnjadi benar+tdk sumsang..? Stiap slesai sholat sy sujud 5-10 mnt, apa benar+efektif!?
      2.Berat sy sdh naek dr 74 menjadi 82kg = 8kg kehamil ke 6 bln ini, apakah msh normal atau sdh overweight?
      3.anak prtm sy polidaktili, baik kaki+tngn, akankah anak ke2 sy ini sperti kknya lg..? Kkhawatiran pasti ada; tp balik2 lg sy pasrah+serahkan smuanya kepada Allah swt yg mh besar dan mh mnciptakan.
      Mudah2an tdk, ckp kknya sj. Dokter mnyarankan usg 4 dimensi untuk mngetahuinya, tp mahal skali..
      Tlng diberi penjelasan+jawaban..
      Terima kasih byk.. ^^

  29. nugriah says:

    subhanallah..Maha Suci Allah ya…td sy baru USG sang janin,skg sdh masuk 20minggu..gambar td jd terbayar rasa penasarannya…:)

    • lusa says:

      Alhamdulillah…

      Moga ibu dan bayi yang dikandung senantiasa SEHAT hingga kelahirannya…

      Semangath Bunda…

  30. tuti says:

    Assl mba lusa,, saya mau tanya kehamilan saya kan sudah mau memasuki 4 bulan tapi kok belum ada gerakan2 dari sang janin ya?? Saya takut ada kenapa2 dengan janin saya, tapi saya berharap sih janin saya baik2 aja dan sehat,,,

    • lusa says:

      Waalaikum salam

      Ibu Tuti,
      Perasaan gerakan janin pertama kali atau yang disebut queckening dapat dirasakan ibu hanil pada usia kehamilan minggu ke 18 atau minggu 20 (primigravida/ hamil pertama) dan umur 14 atau 16 minggu pada multi gravida/ kehamilan lebih dari dua.
      Gerakan janin pertama kali ini dapat digunakan untuk menentukan umur kehamilan.

      Bisa jadi, ibu Tuti belum peka merasakan gerakan janin. Insya Allah, dengan semakin bertambahnya usia kehamilan ibu dapat segera merasakan gerakan janin. Karena pertumbuhan janin semakin pesat, baik dari ukuran maupun berat janinnya.

      Untuk meyakinkan bayi ibu tidak ada masalah/ kelainan, ibu dapat melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG.

      Demikian penjelasan saya, semoga membantu..
      Insya Allah, ibu dan bayi selalu sehat hingga kelahiran.. Amin..

  31. bundanya ubayd says:

    assalamu’alaikum,bagus banget infonya,salam kenal……..o iya mb saya mau tanya saya tu penasaran kenapa ya atau sebabnya apa kok saya kalau hamil pasti besar semua anak pertama lahir 3,5 kg dan yg ke – 2 lahir dg bb 4 kg…..kira@ sebabnya apa y mb?apa minum sirup/teh manis bisa bikin janin besar dikandungan/terimakasih

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam…

      Salam kenal juga mbak… Alhamdulillah, moga bisa bermanfaat..

      Berat badan bayi lahir normal antara 2500 – 4000 gram. Berat badan bayi lahir lebih dari 4000 gram disebut bayi besar atau makrosomia.

      Penyebab bayi besar adalah riwayat penyakit diabetes, kenaikan berat badan yang berlebihan sewaktu hamil dan faktor genetik/ keturunan.

      Hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi bayi besar antara lain:
      1. Menjaga kenaikan berat badan selama kehamilan;
      2. Makan makanan yang bergizi seimbang;
      3. Melakukan olahraga ringan atau aktivitas;
      4. Bagi ibu yang mempunyai riwayat diabetes, lakukan dan patuhi diet dan pengobatan sesuai anjuran dokter,
      5. Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur ke tenaga kesehatan.

      Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat…:)

  32. bundanya ubayd says:

    o iya mb kalau misal anak pertama lahir secara cesar dan anak ke dua lahir dengan cara spontan/normal apa untuk kehamilan selanjutnya saat lahiran harus dibawah pengawasan dokter? gak bisa sama bidan ya ?

    • lusa says:

      Hal yang perlu diperhatikan dalam pertolongan persalinan adalah kenyamanan dan keamanan pasien. Pertolongan persalinan dapat dilakukan oleh bidan, selama ibu tidak memiliki riwayat resiko tinggi dan komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

      Apabila, “Bundanya ubayd”, memiliki riwayat resiko tinggi dan komplikasi selama kehamilan dan persalinan yang lalu, sebaiknya bersalin di rumah sakit dengan fasilitas yang menunjang. Meskipun nanti bisa ditolong oleh bidan, tetapi “Bunda” sudah ada di rumah sakit.

  33. febri natalia says:

    Hai mba Lusa… Saya mau nanya ini adek saya hamil 5bln dan mengalami pendarahan. Dan hrs opname,udh hampir 1minggu ini. Skrg permasalahan nya selaput air ketuban nya bocor sehingga rembes terus air ketuban nya sehbs pipis dlm jumlah sdkt. Penyebab utama selaput ketuban bisa bocor itu apa mba? Dan apakah baby di dlm kandungan baik2 saja… Makasih bnyk mba info nya..

  34. nita says:

    hay mbak saya sekarang hamil 9 minggu ,tp knapa ya waktu di tes sensitif 4 minggu yang lalu kox warna nya satu jelas satu nya gak sama padahal dah satu bulan aku hamil kata bidan nya aku hanil

  35. ina says:

    mb mau share nich, hari pertama mens 15 feb 2012 (sampai berapa hari aku lupa) trus setelah selesai mens aku lupa ga minum pil KB, ada hubungan badan sama suami tgl 27 feb 2012. Untuk meyakinkan aku hamil atau tidak aku tidak melakukan hubungan selama 1 bln dan tgl 25 maret 2012 aku test hasilnya positif. Aktifitas seperti biasa tgl 1 may 2012 aku merasakan kelelahan yg sangat (perasaan aktifitas seperti biasa tidak ada yg berat) tgl 2-3 may kepala pusing. tgl 4 may ada flek coklat satu tetes tgl 5 may saya ada hubungan badan keesokan harinya flek tambah byk dari coklat ke hitam menjadi kemerahan. Aku periksa ke bidan dan hanya diberi obat penguat aja (premaston 5) tgl 7 aku ke bidan lagi karna udh ada bercak darah merah disertai keluarnya lendir / gumpalan kenyal berwarna merah (seperti darah mens ada yg kenyal2) tapi bukan berbentuk kantong cuma berbentuk lembaran merah kehitaman. Sama bidan perutku ditempeli alat utk mendengarkan detak jantung janin tp tidak kedengaran, kata bidan aku disuruh USG utk memastikan janinku berkembang atau tidak. Bidan juga bilang kalau masih mengeluarkan darah aku hrs di kuret (sereeeeeemmmmm) aku ga mau dikuret) mb kira kira kenapa ya kok bisa saya hamil tapi mengeluarkan darah apa ini yg namanya abortus immens. Berbahayakah? tindakan apa yg harus aku lakukan jika benar2 janinku tidak berkembang ? apa bisa dikeluarkan tanpa dikuret mengingat kehamilanku kata bidan udah 11 minggu. Mohon jawabannya ya mb ke email aku ina_na52@yahoo.com Trims atas jawabannya saya tunggu

  36. Pipit says:

    Ass. Wr Wb

    Dear Mba Lusa,

    Mba q hamil sudah 3 minggu, ini anak pertama q entah knapa q males sekali minum susu. Bisa minta tips – tipsnya gak mba supaya bayiku nnt sehat dan tidak kekurangan nutrisi selama di kandungan. Nuwun :)

    Wass…..

  37. patresia says:

    Hy mba lusa….saya mau tanya,kehamilan saya skrng 31 minggu kt dokter puji tuhan akn lahir perempuan tp saya sering bngt sakit di daerah vagina,truz klo lg berhubungan rasa’a ga nyaman bnget,kaya nya daerah vagina saya sakit,perih kaya lecet gitu,,, kira” knpa yah apa memang seperti ini gejala kehamilan nya atau tidak,,,mohon jawabannya ya mba trims ataz jawaban nya saya tunggu yah

  38. yani says:

    Ass…mba lusa.
    mba saat ini saya hamil pertama dgan usia kandungan skitar 7blan ( HPHT 21 september 2011) smalam pas saya USG dokter bilang BB janin 2,3 kg trus lingkar kepala 35, lingkar perut 32. dokter bilang seharusnya ukuran perut sma kepala sama tetapi ini lbih bsar kepala. yang saya tanyakan
    1. apakah berat janin yg 2,3kg itu terlalu besar untuk usia kandungan 7blan?
    2. berbahayakah bila ukuran kepala ma perut berbeda & bgaimana cr mengatasinya?
    3. dalam seminggu ini saat bersenggama saya merasa sakit seperti wktu pertama & merasa vagina saya lbih smpit dr biasanya jd penisnya susah msuk. apakah ini bahaya & apakah ada kaitannya dgn kndungan? trims…

  39. Ade says:

    Ass…mba sya mau tnya…
    Usia khmilan sya hmpir 3blan
    tp sya msh mrasa mual n ssah mkn…
    Bgaimna cra’y agar byi sya ttp trpnuhi asupan gzi’y…
    Thnx

  40. Dwi permatasari says:

    Saya sdh hamil 2x,tp setip bulan ke 3 kehamilan saya s’lalu keguguran.Skrng saya t’lah hamil yg ke 3x,saya takut akan keguguran lg.Apakah ada solusi buat saya…???”Trmh ksh”

  41. maya indriani says:

    Ass.. Mbk lusa
    saya mau tanya mbk..tngal 27april sy skit mbk trus ke dokter dikasih obat anti nyeri sama anti biotik trus disuntik obat penahan sakit. Trus tgl 2mei saya testpack dan alhamdulillah hasilnya positif jadi ini kehamilan saya yg ke 2 mbk.
    Mlmnya saya kedokter kandungan karn saya mersperut saya skit dan sesekali keram. Dokter sdh kasih obqt penguat kandungan
    yg mau syanyakn sm mbk.
    Apakah ada pengaruh ke janin saya suntikan penahan sakit td sm obt anti nyerinya.
    Terima kasih bnyk ya mbk. Ditunggu infonya.

  42. juntak says:

    Dear Mba Lusa
    Mba istri saya hamil jalani 2 bulan tapi sering mengalami kram (naik betis) pada kaki sebelah kanan ? apa itu hal yang biasa ya mba ? tq

  43. agil says:

    ass.makacih tas infonya,,sangat bermanfaat…

  44. ayie says:

    Saya hamil yg kedua, ank sy yg p’tama lahir-a 1,8 kg. Apa solusi biar ank ke 2 ini bs lahir dg berat normal? Vitamin pa yg sebaik-a sy minum?
    Skrng sy hamil 6 bln.
    Balas ke e-mail aj. .
    Thanks sblm-a.

  45. riky says:

    ass mbak,
    saya mau nanya,istri saya hamil anak pertama,usia kandungan hampir masuk 6 bulan.kalau saya perhatikan perut istri saya koq kayaknya kadang2 besar sebelah mbak,yang kanan agak besar daripada yang kiri dan kalau istri saya berdiri lama sering merasa pusing dan mual,padahal kami rutin memeriksa kehamilan tiap 1xbln.mhon penjelasan nya y mbak dan terima kasih sebelumnya..

  46. heni says:

    ass ibu..aku mau tanya saat ini usia kandungan ku 5bulan..saat aku usg kepala janin ku di bawah..dan aku sering banget ngalamin keram pada perut..dan skit sekali ketika aku mau jalan atau buang air..yang aku mau tnya kan apa kah bahaya jika kandungan baru 5bulan kepala janin di bawah dan apa mungkin anak ku bisa lahir duluan sebelum waktu..makasih ibu mohon di jawab..ass;)

    • lusa says:

      Wss..

      Posisi normal bagian terbawah janin memasuki usia kehamilan cukup bulan dan saat persalinan adalah kepala. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, panjang dan berat janin akan bertambah besar. Dengan demikian, akan rahim akan semakin membesar pula.

      Kram perut yang dirasakan selama hamil disebut dengan kontraksi. Keadaan ini tidak membahayakan selama kontraksi yang terjadi berlangsung terus menyerus dan disertai dengan sakit yang hebat. Apabila hal ini terjadi dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur.
      Kontraksi dapat hilang dengan istirahat.

      Pembesaran janin yang berakibat pula pembesaran rahim dan kepala bayi yang mulai turun ke rongga panggul, maka membuat tekanan pada kandung kencing. Hal ini yang menyebabkan ibu hamil sering kencing dan nyeri pada bagian bawah perut.

      Kondisi kehamilan ibu masih dalam batas normal, sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin kehamilan sekitar 4 minggu sekali untuk mendeteksi adanya komplikasi atau penyulit selama kehamilan.

      Semoga kehamilan ibu, tetap sehat, lancar hingga persalinan. Amin..

  47. kataucheng says:

    terpukau melihat foto2 janinnya .. diurut dengan umur janinnya lagi … great post :D

  48. babang says:

    mb mau nanya usia kandungan istri sy msk 2 bln, kmrn wkt msh 1 bln sering keluar darh tp dikit, apakah nnt berpengaruh pd janin sy?

  49. lusa says:

    Usia kehamilan 2 bulan memang masih dalam masa kehamilan rentan sehingga perlu berhati-hati.

    Perdarahan pada trimester pertama merupakan hal yang harus diperhatikan. Perlu dicurigai adanya ancaman keguguran.. Faktor penyebabnya antara lain: kelainan kromosom, faktor ibu, penyakit, dsb.. Bisa baca http://www.lusa.web.id/abortus/

    Perdarahan terus-menerus jelas akan mempengaruhi janin.. Kehamilan dapat berakhir/ terputus (abortus), gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin.
    Pengaruh perdarahan selama kehamilan pada ibu dapat terjadi anemia, syok, infeksi bahkan kematian…

    Saran: jika perdarahan masih berlanjut dan berulang, segera priksa ke spesialis kandungan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat…

    Semoga istri dan bayi yang dikandung selalu sehat… Selamat dan lancar hingga proses persalinan.. Amin..

  50. Pipit says:

    Ass. Wr Wb

    Dear Mba Lusa,

    Mba q hamil sudah 3 minggu, ini anak pertama q entah knapa q males sekali minum susu. Bisa minta tips – tipsnya gak mba supaya bayiku nnt sehat dan tidak kekurangan nutrisi selama di kandungan. Nuwun :)

    Wass…..

    • iie says:

      dear pipit,,,
      saiia memang blm hamil dan sedang program,,,
      saran saiia, km konsumsi ice cream sbg penggganti susu, tapi jangan berlebihan ya … :)

  51. nita abritsetia says:

    askum mbk lusa….
    saya mw tanya usia kandungan sya berumur 29mnggu kmren sya usg ternyata baby ny sungsang….
    kira2 msih bsa berubh posisinya ap tidak???
    trus klu bs cranya seperti ap???
    karna sya pingin lahir normal….

    • lusa says:

      Pertanyaan mbak Nita hampir sama dengan pertanyaan mbak @felly

      Insya Allah, jika latihan kneechest dilakukan dengan benar/ tepat dan tidak ada komplikasi lain maka posisi bayi akan berubah…

      Semoga ibu dan bayi tetap sehat.. lancar hingga persalinan..

      Aminn…

  52. Nirmah says:

    ass.. mbak..
    saat ini umur kehamilanku 12 minggu (kehamilan pertama),, aku slalu terbangun saat tidur malam karena perutku selalu terasa sakit (kram),apa itu tidak berbahaya bagi janiniku mbak????
    dan umur brapa yah mbak, bisa terlihat jenis kelamin pada janin ku ini….???
    makasih yah mbak sebelumnya…

    • lusa says:

      Wss..

      Kram perut selama kehamilan merupakan hal yang biasa terjadi dan tidak membahayakan. Namun demikian, jika kontraksi berkepanjangan dan menimbulkan rasa sakit dapat mengakibatkan keguguran dan kelahiran prematur. Istilah lain “kram perut selama kehamilan” disebut kontraksi.

      Penyebab kram perut adalah gangguan asupan oksigen ke rahim sehingga menyebabkan kekurangan oksigen. Gangguan oksigen dapat disebabkan oleh aktivitas ibu yang berlebihan, asupan gizi kurang, faktor emosi dan posisi tidur yang tidak nyaman.

      Penanganan: Ibu hamil sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan, kurangi aktivitas yang berlebihan, makan makanan yang bergizi dan kurangi stres selama hamil.

      Jenis kelamin janin dapat terlihat saat usia kehamilan memasuki minggu ke 20 atau bulan ke lima.

  53. Felly says:

    Dear mba Lusa..
    Mba usia kandunganku skrg 29-30 mgg.
    Kmrn aku periksa, posisi msh sumsang.. Padahal dr umur 6 bln kmrn aku dah rajin sujud, aku harus gmn supaya ga sumsang, agar bs lahir normal seperti anakku yg pertama?
    Dokter bilang bayiku sehat, berat 2kg, apa normal untuk ukuran 29-30mgg? Baby aktif bgt..
    Dl anak pertamaku dl lahir 3,75kg. Mohon dijawab..
    Trmksh byk..
    Wass..

    • lusa says:

      Berat janin memasuki minggu ke-32/bulan ke-8 sekitar 1700 gram, gerakan bayi aktif.

      Lazimnya, bagian bawah janin berupa kepala.
      Letak sungsang adalah bagian terbawah janin bukan kepala, bisa berupa punggung atau bokong.

      Letak sungsang , dapat berubah sebelum usia kehamilan 34 minggu. Semakin usia kehamilan memasuki cukup bulan, dan bagian bawah janin (bokong) belum berubah, maka kemungkinan kecil berubah menjadi kepala. Bayi semakin besar, sehingga sulit untuk berputar.

      Cara mengatasi letak sungsang adalah dengan posisi kneechest atau sujud, dan dilakukan sehari -2 kali. Evaluasi setelah melakukan posisi kneechest 4-6 minggu, dengan harapan posisi bagian bawah janin telah berputar (kepala).

      Apabila hingga usia kehamilan 36-40 minggu posisi belum berubah, persalinan dapat dilakukan dengan operasi sesar atau persalinan pervaginam dengan indikasi medis.

  54. Marini says:

    Dear Mba Lusa,
    saya pernah baca di sebuah media, kalo seorang pendertia tirod, disarankan untuk tidak hamil karena bisa memepngaruhi pertumbuhan janin, benar ngga sih mba ?? kalo benar sejauh mana pengaruhnya terhadap janinnya tersebut ???
    Mohon dijawab ya mba…..
    Trimakasih….

  55. rini says:

    Rini
    hay mbak lusa
    sy mo nanya,sy kn sdh hamil 7bln kemaren pas usg kata dokter bayi nya sehat tp berat badan janin nya belum normal,harus makan yg manis2…
    apakah puasa tidak apa2?
    apakah berpengaruh terhadap janin?
    mohon djawab ya mba
    makasih…

    • lusa says:

      Hai juga Rini… Salam kenal…

      Menurut Islam, tidak berpuasa diperbolehkan dalam keadaan seperti hamil dan menyusui.

      Ibu diperbolehkan berpuasa apabila keadaan bayi dalam keadaan normal dan fisik ibu kuat. Sebelum melakukan puasa, sebaiknya konsultasi dengan ahlinya, baik spesialis kandungan maupun gizi.

      Berpuasa sewaktu hamil, tidak akan mempengaruhi janin apabila selama kebutuhan nutrisi terpenuhi untuk ibu dan janin.

      Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat puasa antara lain:
      1. Makan bergizi dan cukup minum ketika sahur dan berbuka;
      2. Kuatkan niat untuk menjalankan puasa;
      3. Cukup istirahat dan kurangi kegiatan sehari-hari, dan
      4. Hentikan puasa, apabila ibu mengalami keluhan.

      Semoga penjelasannya dapat membantu.

  56. ilma says:

    Mbak, usia kehamilan saya 8 minggu. Ini kehamilan saya yang kedua.Karena saya punya tekanan darah rendah oleh dokter saya diberi H*ptam*l untuk meningkatkan tekanan darah saya. Tapi saya teledor baca resepnya. Seharusnya 1 hari 1/2 tablet, malah saya minum 1 hari 1 tablet. saya baru sadar waktu hari ke 3. Langung asaya berhenti mengkonsumsi obat itu. Apakah hal itu tidak mempengaruhi janin saya?
    Lalu 1 minggu kemarin waktu saya bangun tidur saya mendapati bawahan saya mengering/mengeras oleh cairan yang tidak berwarna. Cairan apa ya mbak? apa keputihan? karena sedikit ada noda putih tapi kok bekasnya banyak amat?
    Trims ya mbak…

  57. tri julianti says:

    subhanallah, foto – fotonya sangat menjelaskan sekali,
    sangat bermanfaaat bagi sayaa..

    terima kasih moga selalu memberikan artikl yang berkualitas seperti ini.

  58. Arti says:

    Assalamualaikum mbak,aku hamil umur 16 minggu.baru jum’at kmrn aku pendarahan,hasil usg katanya bagus.dan katanya dipertahankan,udh seminggu.tp klo saya kecing kok msh keluar lendir putih ya.kira” bayiku bisa selamat ndk ya,mksh

    • lusa says:

      Dear Arti…
      Wa’alaikum salam wr.wb
      Alhamdulillah… Ikut berbahagia jika kondisi kehamilan mbak dalam keadaan sehat… Insya Allah, hingga persalinan ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat… Amin..

      Perdarahan di usia kehamilan kurang dari 20 mg, perlu diwaspadai.. Kemungkinan dicurigai terjadinya abortus maupun perdarahan antepartum (perdarahan selama kehamilan) yang diakibatkan plasenta previa..

      Bisa baca di http://www.lusa.web.id/abortus/ dan http://www.lusa.web.id/plasenta-previa/

      Keputihan selama kehamilan merupakan hal yang normal. Perubahan PH vagina selama hamil diakibatkan oleh perubahan hormon. Keputihan dapat bersifat normal maupun tidak normal. Keputihan yang normal adalah putih susu atau bening, encer, tidak berbau dan tidak gatal. Sedangkan keputihan abnormal adalah berwarna kehijauan atau bercampur darah, menggumpal, jumlah banyak, berbau, timbl rasa gatal, dan nyeri saat buang air kecil.

      Bila ditemui keputihan yang tidak normal selama hamil, maka segeralah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan atau spesialis kandungan.

      Keputihan yang tidak ditangani dengan segera, menimbulkan kelahiran prematur, ketuban pecah sebelum waktunya dan berat badan bayi lahir rendah.

      Artikel mengenai keputihan dapat dibaca di http://www.lusa.web.id/leukorea-fluor-albus-white-discharge-keputihan/

  59. nini.silvia says:

    mba usia kandungan ku 15 minggu awalnya dan sudah di usg, 2 dokter menyatakan bahwa janin ku tidak berkembang atau BO. dan harus segera di kuret,lalu saya pertahankan dulu setelah saya pindah ke bidan dan pindah dokter untuk usg hari senin. tanggal 30-07-2012 saya pendarahan dan tanggal 31-07-2012, saya usg dan hasilnya bagus bayinya kuat.tapi pendarahan saya masih keluar sampai sekarang kira”ada masalah atau tidak ya dengan kandungan saya.?dan perut saya juga belum keliatan besar apa pengaruh dengan badan saya yg kurus ya jadi kehamilan dalam usia kandungan saya yang segini tidak terlihat.?

    • lusa says:

      Perdarahan selama kehamilan memang perlu diwaspadai. Perdarahan yang terjadi pada trimester pertama kemungkinan keguguran, blighted ovum (janin tidak berkembang), kehamilan ektopik, maupun kehamilan anggur.

      Namun demikian, darah yang keluar dari jalan lahir perlu dipantau jumlahnya. Tidak selamanya, darah yang keluar membahayakan. Dengan kata lain, merupakan hal yang normal ketika:
      1. Sel telur yang telah dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim di awal kehamilan,
      2. Saat plasenta tertanam dalam lapisan rahim,
      3. Melunaknya serviks pada awal kehamilan,
      4. Perubahan hormon sewaktu hamil, atau
      5. Infeksi vagina.

      Perkembangan janin pada usia kehamilan 15 minggu adalah panjang janin 10-17 cm, berat janin 100 gram, tinggi rahim antara pertengahan simpisis – pusat.

      Berat badan ibu selama hamil memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Berat badan ibu yang kurang selama kehamilan dapat beresiko gangguan pertumbuhan bayi, ancaman keguguran dan kelahiran prematur serta risiko cacat pada bayi.

      Oleh karena itu, perlu diperhatikan oleh para ibu hamil agar makan makanan bergizi yang memenuhi syarat dengan gizi seimbang, hentikan kebiasaan buruk selama kehamilan dan konsumsi vitamin selama kehamilan seperti asam folat, tablet besi dan kalsium.

      Pengaruh status gizi pada ibu hamil dapat dibaca di http://www.lusa.web.id/pengaruh-status-gizi-bagi-ibu-hamil/

      Smoga bisa membantu dan bermanfaat…

  60. meta says:

    Assl mbk
    Saat ini sy lgi hmil r bln lbh
    Wktu periksa ktanya janinnya bagus,tp sya skrang mengalami kputihan lebih lama gan lebih banyak dri sbelum hamil.yg sy tnyakan,apakah kputihan saat hamil berpengaruh pda prtumbuhan dan perkembangan janin.
    Trima kasih sbelumnya

  61. Nurul A'yun says:

    Sungguh sangat bermanfaat penjelasan dan gambar pertumbuhan janin, sangat bermanfaat bagi saya untuk tambahan ilmu dan bahan saya mengajar, makasih

  62. Dyah says:

    Assalamualaikum mbak,
    Saat ini usia kandunganku memasuki 27minggu, tadi mlm aku periksa ke dokter bilangnya bb janin masih 670gr, berat janin seharusnya sdh 1kg, oh ya mbak aku penderita DM gula darah puasa 142 dan 2 jampp 207, yang mau saya tanyakan bagaimana menambah berat janin, dan ada pengaruh apakah terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin, jika janin lahir nanti, trims.

  63. rijki says:

    Ass.Wr.Wb. Maaf mbak saya mau nanya,apakah pada usia kandungan 5 minggu sudah terdengar detak jantung si janin dgn menggunakan USG ? pada usia atau minggu keberapa akan terdetak jantung si janin mulai terdengar dgn menggunakan USG ?

  64. desy says:

    Ass.mbk lusa mw tny.skg aq hml 6 bln dan seluruh tubuh gatal2 amat sgt sampai lecet terutama perut.perut mengalami luka mgk akibat aq garuk.awalny lukany kecil tp lama2 mkn melebar dgn sndrny(udh q thn tdk menggaruk).yg q tnykn apakah luka2 lecet berwrn coklat d perutq bs mempengaruhi janin?trs apa penyebab gatal d sekujur tubuhq dan adakah obatny?

  65. Nunik prima says:

    Assalamualaikum mbak
    Sy saat ini dinyatakan positif hamil oleh dokter
    Hpht sy tgl 13 juli2012
    Siklus haid sy 30_35 hari
    Pd tgl 24 sy usg vaginal kok blum keliatan apa apa?
    Normal kah?
    trims ats jwvn nya

  66. novi says:

    assalamualaikum mba,

    aku mau tanya, aku sudah 2 kali mengalami persalinan, 2 bayi yang ku lahirkan selalu premature karena usia kehamilan belum cukup bulan, kehamilan pertama melahirkan saat usia kandungan 32 minggu, kehamilan ke dua aku mengandung bayi kembar tetapi 1 keguguran saat usia 11 minggu dan 1 lagi aku melahirkan saat usia kehamilan 28 minggu walaupun pada akhirnya bayiku hanya bertahan 5 hari karena menurut dokter paru2nya belum terbentuk di usia 28 minggu, yang ingin aku tanyakan adalah 2x pengalaman melahirkan sebelum usia kandungan 32 – 40 minggu apakah akan berulang di kehamilanku selanjutnya, karena rasa trauma yang aku alami melahirkan sebelum waktunya, karena banyak orang mengatakan lahir sebelum usia kandungan yang pas akan terulang kembali saat melahirkan nanti, solusinya bagaimana agar saat kehamilan selanjutnya tidak terulang kembali.
    terima kasih ya mba.

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Pengalaman persalinan yang mbak Novi alami merupakan ujian hidup untuk menuju tingkat “sabar” yang lebih tinggi. Dengan bersabar semoga akan mendapatkan yang lebih baik. Amin..

      Persalinan prematur adalah persalinan yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu.

      Penyebab persalinan prematur antara lain:
      1. Komplikasi medis maupun obstetrik, seperti perdarahan sewaktu hamil, hipertensi, jantung, diabetes melitus.
      2. Faktor gaya hidup, seperti kebiasaan merokok, kenaikan berat badan selama hamil kurang, penggunaan obat-obatan, alkoholik.
      3. Infeksi air ketuban (Amniotic Fluid Infection), yang disebabkan miroorganisme pada alat reproduksi wanita.
      4. Ketuban pecah prematur pada kehamilan preterm.

      Adapun faktor resiko yang dapat menyebabkan persalinan prematur antara lain:
      1. Riwayat prematur sebelumnya,
      2. Ibu kurang gizi,
      3. Kelainan mulut rahim dan kadar alfa-fetoprotein tinggi,
      4. Infeksi,
      5. Riwayat perdarahan,
      5. Stress/depresi,
      6. Gaya hidip tidak sehat,
      7. Riwayat kehamilan ganda,
      8. Ibu dengan riwayat penyakit berat.

      Solusi agar mengurangi kejadian persalinan prematur adalah dengan melakukan pemeriksaan kehamilan sedini mungkin dan terus melakukannya secara teratur. Konsultasikan kemungkinan penyebab riwayat persalinan prematur yang dulu kepada dokter spesialis.

      Demikian mbak Novi, atas penjelasannya.. Mks.

  67. Felly says:

    ass.
    Mba lusa apakabar..
    Alhamdulillah, berkat usaha+doa+saran dokter+mba lusa+tmn2.. Akhirnya posisi janinku sudah mutar sejak memasuki usia 9 bln. Posisi kepala sudah dibawah, menurut dokter sudah mulai masuk jalan lahir, tp begitu periksa ke bidan katanya belum masuk jalan lahir, karena masih bs kepegang+digoyang2 kepalanya, mana yg benar..?
    Perkiraan lahir tgl.9 sept nanti, itu berarti 1 mgg kedepan.. Skrg 38mgg, sabtu kmrn periksa sudah 3,1 kg.
    Apa yg harus sy lakukan, selain jalan kaki di pagi hari (baiknya brp lama/kali/jauh perhari?!)+senam kecil berdiri jongkok sbanyak 10 x setiap hari.. Berhubung misua sy khawatir+menolak untuk campur, karena tidak tega melihat sy+mengetahui sy sering mngeluhkan nyeri+linu dibagian kmaluan.. Mohon saran..!?
    Dan telapak tangan kanan saya linu sekali, apa kalsium sy tersedot oleh baby, sy mnm cdr/obat kalsium dr dokter tp msh ttp linu/kram tlpk tngn sy. Terimakasih byk.
    O ya mba, minal aidzin wal faidzin, maap lhr bthn ya ^^

  68. shella says:

    makasih ya mba:D jadi bisa ngerjain tugas deh

  69. Felly says:

    Ass.
    Mba lusa, alhmdllh akhirnya aku melahirkan jg scr normal, telah lahir putri ke dua kami, hari jumat, 7 sept 2012, dng berat 4,2kg, panjang 51cm.. Terima kasih atas doanya+informasi yg diberikan.. ^^
    Wassalam

    • lusa says:

      Wss..

      Alhamdulillah, bunda Felly…. Smoga menjadi putri yang sholekhah… Kedua orangtuanya selalu senantiasa sabar mengasuh dan mendidik putra-putrinya…

      Salam hangat untuk keluarga…

  70. Ana says:

    sore…
    aku Ana..
    mba ternyata anak keduaku polidaktili lg, sama dengan anak yg pertama.. sebelumnya dokter menyatakan kalau yg pertama polidaktili, kmungkinan yg kedua dan berikutnya tidak. ternyata Allah berkehendak lain, kedua anakku polidaktili, berjari tangan 6 kaki 6.. tp biar bagaimanapun kami ttp bersyukur, itulah kebesaran Allah, Allah yg maha besar dan maha menciptakan.. dikeluarga ku, akulah yg polidaktili dr 4 bersaudara.. yg lainnya normal seperti biasa.. aku sudah dioperasi sejak aku bayi, hasilnya tak serapih dokter jaman skrg.. tp aku ttp brsyukur, ikhlas dng keadaanku, dan menerima dng ikhlas kondisi anak2ku.. semoga aku bisa merawat, mendidik, dan membesarkan amanat Allah ini dng baik.. terkadang ada sesuatu yg blm kita pahami dng yg Allah maksud..
    mba, apa sebenarnya hubungan bayi di bedong, dng bentuk kaki lurus.. apa betul bedong selain menghangatkan, membuat kaki lurus..??
    mengingat bayiku sudah masuk usia 17 hari ini sudah tidak betah kalau dibedong..
    mohon dijawab, trims

    • lusa says:

      Polidaktili adalah suatu kelainan yang diwariskan gen autosomal dominan P, sehingga penderita memiliki kelebihan jari pada kaki maupun tangannya.
      Penyebab polidaktili adalah kelainan kromosom pembentukan organ tubuh janin sewaktu ibu hamil muda atau trimester pertama. Kemungkinan, selama ibu hamil banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet atau unsur steratogenik yang menyebabkan gangguan pertumbuhan.

      Namun demikian, semuanya patutlah disyukuri. Allah memberikan sesuatu kekurangan, pastilah ada kelebihan. Alhamdullillah, ibu dan keluarga ikhlas menerima.

      Membedong bayi masih merupakan hal yang kontroversi,. Namun demikian, hal ini masih sering dilakukan dengan tujuan agar bayi tetap hangat dan mengurangi kematian bayi secara mendadak saat tidur (SIDS).
      Hal yang perlu diperhatikan sewaktu membedong bayi :
      1. Berikan alternatif lain pada bayi yang merasa tidak nyaman saat dibedong, misal menggunakan sleeping bag,
      2. Bedong bayi pada saat bayi dan ibu akan tidur,
      3. Pakaikan pakaian bayi yang nyaman saat akan membedong,
      4. Pastikan bedongan tidak menutupi kepala, telinga, dan dagu yang dapat mengganggu pernafasan,
      5. Hindari membedong bayi terlalu kuat dengan kaki lurus.

  71. mesya izzi says:

    Ass. mau tanya jika perut terasa sakit di pusaran saat hamil umur 16 minggu itu gejala apa ya . mks

    • lusa says:

      Wss.

      Sakit perut sewaktu hamil merupakan hal yang normal bagi ibu hamil, namun demikian ada juga sakit perut yang membahayakan bagi kehamilan.

      Sakit perut yang membahayakan ibu hamil, apabila disertai dengan flek darah, perdarahan, keputihan tidak normal, demam, dsb.
      Sedangkan sakit perut yang normal terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh:
      1. Perut kembung, terjadi pada ibu hamil karena adanya pengaruh hormon yang memperlambat proses pencernaan dan tekanan dari rahim yang terus tumbuh terhadap perut dan usus.
      2. Konstipasi, disebabkan oleh adanya hormon yang memperlambat pergerakan mekanan melalui saluran cerna sehingga ibu merasa tidak nyaman.
      3. Kontraksi Braxton-Hicks, kontraksi yang terjadi akibat peregangan rahim sehingga perut terasa kencang (kram), rasa sakit timbul tenggelam dan tidak terlalu sakit.

      Rasa sakit yang timbul di sekitar pusar dapat diakibatkan tekanan dari kulit yang mengalami peregangan kuat atau efek samping dari mual muntah yang terus menerus. Jika mual muntah telah berhenti, tetapi masih terasa sakit perut, maka segeralah periksa ke tenaga kesehatan.

      Demikian penjelasannya.. Moga bermanfaat..

  72. ana says:

    assalamualaikum mbak…
    teman saya sekarang sudah hamil 7 minggu, tapi baru sekarang dia tau kalau dia sedang hamil,sedangkan dia sudah minum obat-obatan untuk melancarkan haid.
    itu gimana mbak…apa ada efek nya dengan janin????takut nya ada masalah dengan perkembangan janin.

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Pada usia kehamilan 7 minggu atau memasuki minggu ke-8/bulan ke-2, pertumbuhan dan perkembangan janin adalah mulai terbentuk telinga, tulang dan otot di bawah kulit yang tipis. Jantung mulai memompa darah serta raut muka dan bagian utama otak dapat terlihat. Panjang janin sekitar 250 mm.

      Efek dari konsumsi jamu pelancar haid saat hamil antara lain menimbulkan mual, muntah, perut panas, diare, lemas, sakit perut, sakit pinggang, perdarahan, kejang-kejang, dan pingsan. Tentunya jika efek yang ditimbulkan berlangsung terus dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin. Pertumbuhan dan perkembangan janin dapat terganggu, bahkan bisa terjadi keguguran.

      Jika, teman “mbak Ana” sudah mengetahui bahwa dirinya telah hamil, sebaiknya segera hentikan pemakaian jamu pelancar haid dan periksa ke tenaga kesehatan/spesialis kandungan.

  73. eni yuliawati says:

    asz…. mksh tas infonya mbg…..

  74. anidha says:

    DEAR MBA LUSA,
    ASSALAMUALAIKUM….

    Mba saya sedang hamil usia 15minggu namun dari awal kehamilan 0-12minggu saya tidak tahu kalau saya hamil,baru ketahuan usia 13minngu karena menstruasi saya telat,ditambah saya tidak merasakan gejala-gejala kehamilan trimester pertama
    yg ingin saya tanyakan
    1.apakah berbahaya bagi janin saya karena tidak tercontrol ditrimester awal?
    2.sampai saat ini saya benar2 tidak merasakan apa2,hanya perubahan pada perut saja yg mulai membuncit,apakah normal keadaan tsb?
    3.di malam hari menjelang tidur seluruh badan terasa ngilu
    seperti org msuk angin,apakah itu normal?

    TERIMA KASIH

    ANIDHA

  75. Pewidya says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Ibu Lusa, saya mohon ijin membuat link pada laman ini.
    trima kasih.

  76. norhaizaismail says:

    haiza nk tnya .haiza sudah lewat dtng bulan 2 hr.tp bdn bahagian belakang sya amat skt,pening dn mls nk membuat krj.itu ada kh tanda2nya.

  77. joko susilo says:

    assalamualaikum , mba mu tanya dong , tentang kahamilan istri aku , skrng dah mngnjak 5 bln , waktu d priksa dokternya kok katanya denyut jantungnya masih samar , kata dokternya seharusnya sudah jelas , kira2 knpa yea mba, apa kandungan istri aku sehat2 aja atau ada masalah , makasih untuk sebelum dan sesudah . mnta jawabannyaa langsng yea mbak .

  78. Kartika says:

    Gimana posisi tidur yg nyaman dan dianjurkan bagi ibu dan bayi dalam kandungan pada usia kehamilan 3 bulan??
    Tq jawabannya

  79. muna says:

    Ass.mba.
    skrng aq hamil ank ke-2 baru sktar 2 bln. sblum aq hamil, aq mengalami haid tdk teratur krng lbh 2 thn dan keputihan. akhir thn 2012 aq k dokter kandungan. pertama keputihanku d obati & sembuh. tp, haid q blm tratur jg. stiap bln aq rutin k dokter kandungan. pd bln mei dan juni 2013 haid q normal. dan juli 2013 ini aq telat haid dan stlah q testpack hasilnya positif. d awl bln k-2 kehamilanku, perut sbelah kiri bgian bwah dekat pinggang agak perih. dan aq prgi k dokter kandungan utk mmriksakannya. stlh dpriksa pkai alat yg dmasukkan dr kmaluan, kta dokter: ad pembengkakan d sblh kiri dan ad kantung rahim jg, aq d bri obat penguat janin dan vitamin dan tdk perih lg. tp, d awl bln k-3 kehamilan q, ad terasa perih lg. apakah janin dlm kandunganq tdk brmasalah? krn kt dokter kandungan q, kmungkinan aq mngalami hamil d luar kandungan. pdahal slama aq hamil ini tdk ad pndarahan sama sekali. tlng di balas scepatnya ya mba. thanks ats jwbannya.

  80. rya says:

    ass mb’lussa.
    uk saya skrg msuk 35mggu. hpl tgl 15 sept.
    pd usia 32mggu sy kontrol ke bidan & di ukur tinggi fundus hasilnya berat janin sy 1,8. stelah kontrol selama 4 hari sy mkan ice cream coklat. & 2mggu kemudian saya kontrol lg & di ukur lg berat janin sy sekitar 2,6 – 2,8. bidan menyarankan agar mengurangi nasi, mi, roti, susu.
    yg mau sy tnyakan apakah krna mkn ice cream jd berat janin tumbuh dg cepat? apakah sy hrus benar2 mengurangi mknan2 trsbt mengingat sy selalu lapar & tdk bs klo tdk mnm susu hamil & mkn nasi sehari bs smpai 6x.
    tlg informasinya ya mb’lussa.
    terimakasih.

  81. Sulis says:

    dear mba Lusa..
    Aq mo tanya, setelah kelahiran anak ke dua ku aq mnggunakan KB suntik 3bln, tapi 2bln kmrn aq ganti dng yg 1 bln sekali.. Dng tujuan supaya dpt haid+ingin ganti pake IUD (sakit ga mba pasang IUD?)

    Tgl.4-7 september kmrn aq flek darah sdikit2, blm lancar.. Apa itu sdh bs disebut mens..
    Dan aq blm sempet di suntik lg waktu itu, krn bu bidan yg biasa nyuntik aq jarang dirumah+aq jg smpt keluarkota..
    Tgl.16 kt campur, apa itu trmsk tgl.subur..?

    3hr kmrn aq mrasa pusing2, cenat cenut dibagian bwh, apa aq hamil? Sempat bbrp hr kmrn aq tespek, tp negatif hasilnya?
    Skrg tgl.30 oktober, apa sudah terbaca mba..?

    Mdh2an nanti saja diwaktu yg tepat, mngingat yg kcl br brusia 1th..
    Mohon jawabannya mba, terima kasih..

    Wassalam

  82. Nina Yusuf says:

    asslm.
    maaf saya mau sherring…saya pernah mngalami keguguran sbanyak empat kali. dua kali stelah anak pertama dan dua kali selah anak yg ke dua. anak pertama usia nya skrg tiga belas thn dan anak ke dua tujuh tahun. skrg saya kmbali hamil..usia kndungan enam minggu. tp usg tidak nampak janin didlm kantung bayi…apakah kmungkinan saya akan kmbali mngalami keguguran? krn riwayat empat kali keguguran yg lalu janin tidak tumbuh..hanya kantung bayi mbesar.
    dokter mminta saya kmbali dua minggu kedepan u kmbali usg saya sgt khawatir kmbali mngalami kguguran.
    mhon penjelasannya. trims

  83. firdanisa says:

    assalammualaikum…
    bu saya sedang menjalani usia kehamilan minggu ke 10, perut bagian bawah kiri sy terasa keras jika di raba. kadang” sakit. kira” kenapa ya bu? tims

  84. lia says:

    assalamualaikum…
    mbak usia kehamilan saya usia 6 minggu, kemudian keluar darah seperti haid gak berenti”. perut kram,ari” sakit.kemudian saya periksa kedokter katanya abbortus imminens, tapi dokternya gak bilang apa penyebabnya,disruh istirahat 2 minggu, sehari setelah itu keluar gumpalan darah, apa itu janin saya yang keluar mbak?mohon infonya mbak,

  85. Yani Nuraeni says:

    assalamu”alaikum..
    mbak usia saya 43thn, Subhanallah… Allah mengaunugrahi sy kehamilan. kehamilan sy ini memasuki 6 minggu, pada usia kehamilan 5 mnggu ada sedikit keluar bercak tanpa mules, sy langsung periksa ke dokter dn lsg di rawat di rs 1 mnggu dn bedrest di rmh 1 mnggu tnapa aktivitas, bercak hanya 2 hari sesekali sj saat stelah membersih pipis, lalu sy kontrol lg , kata dokter janin tak nampak…karena penasaran sy periksa k dokter lain katanya janin g gerak, sy coba bertanya k dokter ga gerak atau lemah, eh dokter bilang keduanya bisa g gerak karena lemah. kenapa bisa begitu?…, sy hany ingin mempertahankan janin ini..dg doa kpd Allah SWT harapn terbesar sy dn upaya sy yg sdg dilakukan.
    mhn balasannya mbak,,

  86. Yani Nuraeni says:

    assalamu’alaikum
    mbak menambahkan bercak sedikit keluar tgl 1 pebruari, tanggal 2 dn 3 peb keluar kalau saat mencuci vagina selesai pipis, tgl 4 s.d. mengirim surat tidak ada lg. hari senin tgl 24 peb sy kontrol untuk melihat janin sy lg, Mdh2n Allah SWT mnggerakkannya hny Allah Yang Maha Mnggerakkan dn mengkhendaki segalanya, amiin.

  87. deni suryani says:

    subhanallah
    infony keren

  88. deni suryani says:

    assalamualaikum
    mba lusa
    saya mo tanya kenapa diawal bulan pertama kehamilan disarankan tuk tidak berhubungan suami istri?
    trus boleh tidbk di awal bulan pertama kehamilan tetap berhubungan?

  89. Davina says:

    Assalamualaikum

    mau tanya

    saya sekarang hamil menginjak bulan ke 8

    kemarin kontrol diberitahu SP.OGnya

    panjang janin 58,7cm dan berat 1970gr.

    apakah itu normal ? yang saya tahu panjang janin rata-rata bulan ke-8 kehamilan sekitar 42-46 cm

    Terimakasih

  90. bhea says:

    mat sore. . . bu. saya mw tanya ne. saya skarng umur janin saya suda 7 mw jaln 8 tp blm perksa sma skali. yang jd pertnyaanx apa ini berbhaya ? makasi

    • lusa says:

      Salam…

      Sesuai dengan kebijakan program pemerintah tentang pelayanan antenatal atau kunjungan ibu selama hamil, menetapkan frekuensi kunjungan antenatal sebaiknya minimal 4 (empat) kali selama kehamilan, dengan ketentuan:
      1. Minimal 1 kali pada trimester I hingga usia 14 minggu.
      2. Minimal 1 kali pada trimester II, 14-28 minggu.
      3. MInimal 2 kali pada trimester III, 28-36 minggu dan 36 minggu sampai lahir.

      Tujuan kunjungan antenatal/ selama hamil antara lain:
      1. Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi;
      2. Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental, dan sosial ibu dan bayi;
      3. Mengenali secara dini adanya ketidak normalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil;
      4. Mempersiapkan persalinan cukup bulan, melahirkan dengan selamat, ibu maupun bayinya dengan trauma seminimal mungkin;
      5. Mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI Eksklusif;
      6. Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara normal.

      Oleh karena itu, segera ibu datang ke fasilitas pelayanan kesehatan, tidak ada kata terlambat untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sekarang. Agar kehamilan ibu terjaga dengan baik, kondisi ibu dan bayi sehat hingga kelahiran.

  91. Retno listy says:

    Askum Mbk sy mw tanx usia kandungan sy masi 1bln apakah boleh berhubungan sm suami pada saat usia kandungan 1bln itu pd usia brapa bulan saja yg boleh sm tdk boleh berhbungan suami istri pd saat kita sedang hamil mohon jawabanx ya mbk mksh

  92. dhewi says:

    assalamu’alaikum..
    mba lusa..

    mba aq mo tanya, skarang aq sudh memasuki usia 6 buln kehamiln tp msh sering mual, & selama hamil susah ‘bab’ jg feses berwarna gelap/ agak hitam, sy sering merasa takut ttapi setiap kontrol k dokter ktny gk papa & debay nya sehat.. mohon info dr mba lusa trimakasih..
    wassalamu’alaikum..

Leave a Reply