Home > Askeb I (Kehamilan) > Menghitung Masa Subur

Menghitung Masa Subur

Sep 25, 2011 80 Comments by lusa

Menghitung masa subur atau menghitung ovulasi sangatlah penting maknanya bagi wanita, baik yang ingin hamil atau menghindari kehamilan. Masa subur atau ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.

Hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah hormon seks perempuan yaitu estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh perempuan. Perubahan tersebut dapat dilihat melalui beberapa indikator klinis seperti:

  1. Perubahan suhu basal tubuh.
  2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (servik).
  3. Perubahan pada servik.
  4. Panjangnya siklus menstruasi (metode kalender).
  5. Indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Manfaat Masa Subur

Masa subur dapat digunakan untuk merencanakan kehamilan maupun menghindari kehamilan (KB alamiah). Beberapa manfaat mengetahui masa subur antara lain:

  1. Menilai waktu terjadinya ovulasi.
  2. Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum.
  3. Mengoptimalkan waktu untuk hubungan seksual guna mendapatkan kehamilan.
  4. Membantu mengidentifikasi masalah infertilitas.

Menentukan Masa Subur

Menghitung masa subur dapat diketahui dengan cara melihat dari perubahan periode menstruasi, perubahan pada lendir servik maupun perubahan pada suhu basal tubuh.

Perubahan Periode Menstruasi

Cara menghitung masa subur atau menghitung ovulasi melalui periode menstruasi dikatakan efektif apabila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Adapula ahli yang berpendapat antara 22-35 hari. Sehingga sel telur keluar pada pertengahan siklus, sekitar hari ke 14 sampai ke 16 dihitung dari hari pertama menstruasi. Pendapat dari dr. Knaus bahwa ovulasi terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Sedangkan dr. Ogino berpendapat bahwa ovulasi tidak selalu terjadi tepat 14 hari sebelum menstruasi, tetapi dapat terjadi antara 12 atau 16 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Bila haid teratur (28 hari)
Siklus normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke-14 (28:2). Berarti masa suburnya 3 hari sebelum hari ke-14, yaitu hari ke-11 (14-3) dan 3 hari setelah hari ke- 14, yaitu hari ke-17 (14+3). Jadi, masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari) dari siklus haid wanita normal.

Pendapat lain mengatakan hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1 dan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.

Contoh:
Seorang wanita mendapat haid mulai tanggal 9 Maret. Tanggal 9 Maret ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 Maret dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Maret. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Maret hingga tanggal 24 Maret.

Bila haid tidak teratur
Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
Rumus :
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh:
Seorang wanita mendapat haid dengan siklus terpendek 25 hari dan siklus terpanjang 30 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya).
Langkah 1 : 25 – 18 = 7
Langkah 2 : 30 – 11 = 19
Jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-7 sampai hari ke-19.

Perubahan Lendir Servik

Lendir ServikMenghitung masa subur atau menghitung ovulasi melalui perubahan lendir servik dapat diamati dengan merasakan perubahan rasa pada vulva sepanjang hari dan melihat langsung lendir pada waktu tertentu kemudian dicatat paa malam harinya. Pemeriksaan lendir servik menggunakan jari tangan atau tisu di luar vagina dan perhatikan perubahan perasaan kering-basah. Perubahan lendir servik dapat dikaburkan dengan adanya cairan sperma, spermisida atau infeksi vagina.
Lendir servik pada masa subur seperti daun pakis.

Perubahan Suhu Basal Tubuh

Menghitung masa subur atau menghitung ovulasi dapat pula dilakukan dengan mengukur perubahan suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh adalah suhu terendah yang dicapai oleh tubuh selama istirahat atau dalam keadaan istirahat (tidur). Pengukuran suhu basal dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Perubahan atau peningkatan suhu basal tubuh pada masa subur terjadi karena hormon progesteron. Peningkatan suhu basal tubuh pada masa subur berkisar 0,2-0,5 derajat Celcius, dimulai 1-2 hari setelah ovulasi. Suhu basal tubuh diukur dengan alat yang berupa termometer basal. Termometer basal ini dapat digunakan secara oral, per vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit.

Apabila grafik (hasil catatan suhu tubuh) tidak terjadi kenaikan suhu tubuh, kemungkinan tidak terjadi masa subur/ovulasi sehingga tidak terjadi kenaikan suhu tubuh. Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya korpus luteum yang memproduksi progesteron. Begitu sebaliknya, jika terjadi kenaikan suhu tubuh dan terus berlangsung setelah masa subur/ovulasi kemungkinan terjadi kehamilan. Karena, bila sel telur/ovum berhasil dibuahi, maka korpus luteum akan terus memproduksi hormon progesteron. Akibatnya suhu tubuh tetap tinggi.

Referensi

Erlina, M. 2009. Bagaimana Menghitung dan Menentukan Masa Subur.
dokternasir.web.id/2009/03/bagaimana-menghitung-dan-menentukan-masa-subur.html diunduh 25 September 2011. 10:24 AM
Handayani, S. 2010. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Rihama
Lusa. 2010. Metode Kalender atau Pantang Berkala (Calendar Method Or Periodic Abstinence) http://www.lusa.web.id/metode-kalender-atau-pantang-berkala-calendar-method-or-periodic-abstinence/ diunduh 25 September 2010. 12:35 PM
Lusa. 2010. Metode Mukosa Serviks (Cervical Mucus Method Or Ovulasi Billings) Part 1 http://www.lusa.web.id/metode-mukosa-serviks-cervical-mucus-method-or-ovulasi-billings-part-1/ diunduh 25 September 2010. 12:40 PM
Lusa. 2010. Metode Suhu Basal Tubuh (Basal Body Temperature Method) http://www.lusa.web.id/metode-suhu-basal-tubuh-basal-body-temperature-method/ diunduh 25 September 2010. 12:30 PM
masasuburwanita.com/menghitung-masa-subur-wanita/ diunduh 24 September 2011. 03:59 AM
Ummu Salamah. 2008. Bagaimana menentukan masa subur. muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/bagaimana-menentukan-masa-subur.html/ diunduh 24 September 2011. 03:53 AM

Kata Kunci

menghitung masa subur, masa subur, asuhan kebidanan 1, meki basah, asuhan kebidanan kehamilan, asuhan kebidanan pada ibu hamil, cara menghitung masa subur yang benar, cara menghitung masa subur, menghitung ovulasi, mengetahui masa subur, asuhan kebidanan pada kehamilan, menentukan masa subur, masa subur setelah haid berapa hari, perhitungan masa subur, berapa hari masa subur setelah haid, tanda kehamilan dini masa kesuburan wanita, menghitung masa subur haid tidak teratur, cara menghitung masa ovulasi, batas masa subur wanita setelah haid, batas masa subur wanita, masa subur wanita setelah haid berapa hari, 30 hari dari tgl 20 berapa ya?, masa subur y wanita, apakah berhubungan seks pertama kali 18 hari sesudah menstruasi itu bisa hamil, masa subur wanita berapa hari setelah selesai haid.

Askeb I (Kehamilan)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

80 Responses to “Menghitung Masa Subur”

  1. Rimawati says:

    ijin copy ya mbak. isinya bagus sekali

    • lusa says:

      Silakan mbak “Rimawati”, senang bisa berbagi…. :)

    • Rena says:

      Mbk saya mau tnya kenapa yah stiap keputihan pasti gatal dan berkepanjangan dan juga saya sudah telat menstruasi selama 2 minggu
      terkadang saya jadi bingung dari pagi-siang keputihan sdngkan malam flek coklat saya kira saya akan menstruasi tpi pas saya perhatikan ternyata saya tidak menstruasi saya coba pke task pack dan hasilnya negatif jdi saya bingung harus bgaimana lagi??:(

  2. asti says:

    izin copy ya mbak

  3. lagola says:

    mau nanya mbak..
    Untuk haid yang tidak teratur pake rumus :
    Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
    Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
    Yang jadi pertanyaan,knapa harus dikurangi 18 dan 11 ??

    • lusa says:

      Penghitungan masa subur secara tradisional didasarkan pada 3 asumsi, yaitu;
      1. Ovulasi terjadi pada hari ke-14 tambah kurang 2 hari sebelum permulaan haid berikutnya.
      2. Spermatozoa bertahan hidup 2-3 hari.
      3. Ovum atau sel telur hidup selama 24 jam.

      Oleh karena itu, menentukan masa subur pada siklus haid yang tidak teratur dengan:
      1. Mengurangi 18 hari dari siklus haid terpendek, untuk menentukan awal dari masa suburnya.
      18 = 14 + 2 + 2 -> hari hidup spermatozoa
      2. Mengurangi 11 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir dari masa suburnya.
      11 = 14 – 2 – 1 -> hari hidup ovum

      Demikian penjelasannya, moga bisa membantu…

  4. nurafni says:

    mau nanya mbak…
    aq haidx ngak teratur wkt bulan agustus aq baru dpt haid 32 hari, bulan septmber 33 hari, trus blan ini aq tlat 5 hari(jadix 35 hari) aq baca diatas siklus haid 21-35 hari tp siklus haid terpnjg 30 hari jd itu gmn mba aq bingung

    • lusa says:

      Siklus menstruasi normal sekitar 21-35 hari. Pendapat lain juga ada yang mengatakan 22-35 hari.

      Jadi, siklus mba masih tergolong normal..

      Siklus menstruasi yang tidak teratur dihitung paling tidak 6 kali siklus berturut-turut. Sehingga akan didapatkan siklus terpanjang dan siklus terpendek..

      Coba.. mba nurafni baca lagi artikelnya.. Yang dimaksud siklus haid terpanjang 30 hari, itu masuk dalam contoh perhiungan masa subur..

      Moga dengan dibacanya kembali artikelnya, mbak tidak bingung lagi yaa…

  5. Aria Nur Farida says:

    Assalamualikum.
    Mba boleh konsultasi ya.
    Usia saya 36 tahun, menikah 15 tahun dan belum punya keturunan. Dua kali periksa
    dokter tidak pernah tuntas. (Agak mengecewakan).

    Mbak siklus haid saya 28 hari.
    tanggal 13 oktober 2011 saya mens hari pertama. Biasanya dalam waktu 3 hari sangat deras. Lalu hanya sedikit-sedikit mulai hari ke 4 sd 7. Apakah hal ini normal? dan Apakah saya masih bisa hamil?. Kapan masa subur saya untuk
    bulan ini? saya menghitung tgl 26 – 30 oktober 2011. mohon info benar atau tidak.

    Tidak ada keluhaan saat mens. Seperti sakit perut dll. Umum saja, sakit ping pgang dan pusing sedikit..
    Saya mohon mbak bersedia membantu saya.
    Terima kasih.
    Wassalam. Aria

  6. eden palayukan says:

    Assalamualikum

    Izin Kopy ya Mba
    Isinya bgs skali

  7. grace says:

    Hi mbak

    Kenapa ya kadang saat menstruasi hari ke 3 atau ke 4 bisa tdk keluar. Tapi keesokkannya keluar lg sampai selesai.
    Kebanyakkan sih saya 28hari.
    Trus kira2 saya bs hamil gak ya jika saya mentruasi tgl 30 Nov ’11 melakukan hubungan sex tgl 6, 8 dan 10 Nov’11.

    Sepertinya agak membingungkan dlm menghitung masa subur. Karna sdh coba bbrp bulan tp tdk kunjung hamil juga :(

    mohon infonya dan terima kasih :)

  8. ophie says:

    mbk ,
    gmn kalo ngukur suhu basal d axila ?
    jd ngukurx gk d oral atopun dubur .
    ap ad bedax ntr siklusx ??

    • lusa says:

      Berdasarkan aplikasi klinis riset, Rujukan: Wolf GC, Baker CA: Tympanic Thermometry For Recording Basal Body Temperatures menyatakan bahwa suhu tubuh basal dapat digunakan untuk memantau ovulasi atau masa subur. Pengukuran suhu oral, suhu rectal dan suhu vaginal di pagi hari dapat menggunakan thermometer merkuri/kaca atau elektronik. Pengukuran suhu yang paling akurat adalah pengukuran suhu di rektal. Hasil pengukurannya pun berbeda.

  9. yulia says:

    Assalamu’alaikum, Mbak…

    Mo tanya nih, saya hari pertama haid tgl 5 November. sampai sekarang, tgl 16 Dec, belum datang juga. Apakah itu sudah masuk telat datang bulan atau belum ?

    Ma kasih info-nya

  10. fatimah says:

    mba saya mau tanya…
    Saya bru menikah tgl 2 desember 2011 sebelumnya saya haid tanggal 26 november 2011 dan saya haid lagi tgl 12 desember 2011 setelah saya hitung masa subur saya tgl 26-30 desember tpi kenapa pas d masa subur itu saya mens lagi tapi darahnya sedikit” dan berupa cairan encer??
    Apakah saya normal sbulan mens 2 x?
    klo sirklus mens saya seperti itu tgl berapakah saya subur? Krna saya n suami ingin segera punya anak..
    Makasih mba sebelumnya… :)

  11. ali says:

    aq orang kesehatan mantap atas informasinya tapi itu masih dalam berbentuk teori tapi harus yakin yg menentukan itu semua adalah Allah SWT

  12. nur aini says:

    bak aku mwuk tya aku het yang pertma aku hed pda tgl 13-03-2009 hed lgi aku tgal 10-05-2009 aku hed lgi tgal 1-05-2011
    sekrang aku gak hed-hed tpi aku tah konsul am doktor ktanya soal kehmilan aku gak appa smuanya pak tor kturunan tpi aku ntik ktika nkah itu bsa mndul app gak y bak soal nya aku tku

  13. nur aini says:

    aku telat hed slama stu thun tpi aku konsul kta doktor nya gak apa 2 kyak mna cranya ngatsin maslah ini mbak

  14. Satu Bidan says:

    web ini recomended banget :)
    izin belajar lagi lwt web ini bu . .

  15. Yukikawaii says:

    Izin kopas buat blog saya yak :D
    Terima kasih.

  16. ulie wulansari says:

    Salam mba lusa,saya mauu nanyain knp payudata saya bengkak .trs knp hed saya gak lancar ,dari. Mulai remaja sampe skrng punya anak satu ttp saja tidak mendapat hed,?? ????????î??????-??????

  17. ainun says:

    assalamu’alaikum,
    Ijin download ya mbak …………

  18. kadarwati says:

    Assalamualaikum
    mBak maksih nGgeh ini sangat membantu saya sebagai mahasiswi kebidanan untuk mencari materi melengkapi materi perkuliahan saya
    semoga mbak dan keluarga sehat selalu… amin

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam..

      Sami-sami mbak kadarwati…

      Semoga mbak juga sehat selalu… dan sukses..

      Prestasi dapat diraih dengan kerjakeras dan BELAJAR.. BELAJAR dan TERUS BELAJAR..

      Salam untuk teman-teman di Salatiga.. :)

  19. Sunshiner says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mba,mo nanya donk?
    Agak sedikit ga nyambung dari pembahasan sih.
    he…
    Sampai usia kandungan berapa sih dikatakan ballotement?
    Dan apa2 saja penyebab kemandulan pada wanita
    Makasih sebelumnya.

  20. tresa says:

    assalamualaikum mbak aku boleh yah liat” dan ngopi isinya, kebetulan aku juga mahasiswi akbid :(. kalo boleh tau ada video yang berkenaan dgn kebidanan tidak yang bisa saya download ..
    terimakasih :))

  21. zusan says:

    gimana cara hitungx mba kalo haidx selalu lmbt antara 7 -10 hari,

  22. dhanik ummu aisyah says:

    assalamu’alaikum..mbak gimana kalo saya belum pernah haid sejak dari melahirkan 7 bulan yang lalu? bagaimana cara mengetahui masa subur saya?
    syukron infonya, jazakillah khoir…:)

  23. Henny says:

    Mbak tiap bullan aku haidnya selalu majju 2 hari, apa itu bisa dikkatakan normal,, soalnyya bingung menentukan masa subunya…misalkan aku haid tg 13, terus berhubungan tgl 20, apa itu sudah termasuuk masa subur..?mohon dijaawab mbak..makasih

  24. fanitha says:

    fanitha

    mb’kenapa saya haidnya sebulan 2 kali ya..

    tgl 2-6 maret udah dpet,truz haid lagi tgl 21-24 maret,,apakah itu masih tergolong normal??untuk itu saya pusing menentukan masa subur saya,sendangkan saya dan suami sedang merencanakan kehamilan atauj program punya anak…tolong dibantu penjelasannya ya mb…

    terimakasih…

  25. zulkipli says:

    Assalamualaikum Wr Wb
    mhn izin kopi buat istri nich, pgin pya mmongan lg nich tp blm jga hadir, padahal dh menstruasi 2 kali

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Silakan pak… Insya Allah, segera diberikan momongan …

      Tetep semangath dan terus berusaha pak…

  26. ekha says:

    aku mau jg copy ya :))

  27. Bambang says:

    mohon ijin download supaya bisa dibaca istri

    • lusa says:

      Silakan “pak Bambang”…

      Terimakasih telah berkunjung…

      Salam hangat untuk istri tercinta dan keluarga di Magetan..

  28. novitaislami says:

    ijin shared ya mbakk

  29. ayu pramesti says:

    mb ak kok msh bngung cara menentukan masa subur,,tlng dbantu ya..
    ak mens biasanya teratur tgl 14 tp bln ne kok ak telat 3 har baru mens,,jd saya mens tgl 19 april,,,siklus mens biasanya 28 hari…kira2 masa suburku tgl brp y mb,,,thanks,,,

  30. Diah Mudrikah says:

    hari pertama haid bulan Maret tgl 8, hari pertama haid bulan April tgl 7…. tapi bulan Mei ini maju jd tanggal 1….
    Untuk menentukan siklus haidnya gimana ya? trus masa subur bulan Mei mulai tanggal berapa?
    Makasih

  31. cinta says:

    Mbak, saya masih bingung cara menghitung masa subur. Mbak bisa tolongin hitung masa subur saya ga?? bulan maret saya. dapat haid tanggal 30. Lalu bulan mei saya dapat haid tanggal 6. Jd masa sudur saya kapan? N apa setiap bulan masa subur itu sama. Terima kasih.

  32. Riri says:

    Mbak…
    saya ibu dengan seorang putra dan berusia 36 tahun, saya bekerja lebih banyak menggunakan sepeda motor. 5 tahun yang lalu saya pernah keguguran tetapi tidak saya kiret karena posisi saya waktu itu di rumah sendirian. saya mau tanya mbak…
    kira-kira saya masih bisa hamil lagi ga ya mbak..
    cz kalau mens pada hari 1 mpe hari ke 3, itu bancar banget tapi sete;lah hari ke 4 mpe ke 7 itu kadang hanya ngeflek tapi kadang bancar lagi…
    mohon penjelasannya..
    cz saya pengen hamil lagi mbak..
    n bagaimana caranya bisa membuat diri untuk bisa terangsang dengan sentuhan suami.. cz kadang tidak merasa terangsang tapi malah kadang merasa geli n jijik..
    mohon penjelasannya..
    terima kasih sebelumnya..

  33. arum says:

    mb,mau tanya,tgl 19 mei sya haid,tp ni tgl 3 haid lg,knp ya mb?

  34. ajeng says:

    ass wr wb…
    mbk kenapa ya semjak saya nikah halangan saya ga teratUr?
    kadang telat 1/2 bln setelah q cek Hsilnya negatif terUs?
    gimana tu mbk?

    terimakasih

  35. liz gazano says:

    assalam……………
    mbak salm kenal ya sblumnya.
    tanya dong? katanya menghitung BBT pas masa ovulasi itu suhunya turun dulu lalu naik beberapa drajat. maksudnya gmn ya mbak agak membingungkan ne?
    lalu dibilang harus mengukur pd wktu yang sama. nah kl bangun tdr nya g teratur gtu gmn, msalah ya mbak?
    mohon jawabany ya mbak, biar “ritual”nya lancar,hehehe
    makasih

  36. ratih says:

    ?????????? ?????????? ?????????? ????? ???????????
    Mba bs hitungin msa suburq ?ª?>:/
    …Soalx aq msh bingung…aq haidx tgl 26.06.2012 siklusx biasax 28-31 hr

  37. SUSI says:

    maap mau tanya mens saya tanngal 4juli,masa subur saya tanggal brapa??tolong minta jawabannya!!!!!!!!!!!!makasih

  38. ratih says:

    Ijin copy ya mbk….

  39. mas kaka says:

    saya berhubungan sex dengan istri pada saat mens hari terakhir di siang hari.malamnya setelah itu saya dapat tugas mendadak keluar kira kira satu bulan,saat saya tepat sebulan ditempat tugas, istri bilang kalo dia hamil satu bulan,pertanyaan saya apakah berhubungan sex pada mens hari terakhir bisa menyebabkan kehamilan.walau saya juga tetap yakin semua kehendak Allah semua bisa terjadi,makasih mbak,mohon informasinya

  40. Ria says:

    Mba,,, mo nanya, untuk menentukan hari pertama menstruasi, apakah pada saat keluarnya bercak kecoklatan apa bisa disebut hari pertama menstruasi ?? atau baru setelah keluarnya bercak darah berwarna merah baru bisa disebut hari pertama menstruasi. mohon jawabannya mba, agar dapat menentukan masa subur. makasih ^_^

  41. anton says:

    ijin share mbak… makasih ilmunya… :-D

  42. Julai Yalle says:

    Siang, mau tanya mbak, kami sangat ingin memiliki anak lagi, ika hampir setiap malam melakukan “hub” apakah akan membuat sprema laki2 menjadi encer sehingga kurang bagus utk plan kehamilan? atau sebaiknya diatur gimana ya mbak?? trims

  43. leli says:

    maaf mbak saya mau tanya…. saya pertama menstruasi tgl 4,dan terakhir tgl 9.kata dokter kandungan saya,masa subur hari ke 10 sampai ke 17..kebetulan saya selalu kontrol kandungan…nah hari ke 11 setelah melakukan hubungan tiba-tiba ada adarah …kenapa mba padahal setelah selesai menstruasi sebelum hari ke 12 tidak pernah ada bercak darah lagi….

  44. tha says:

    mb sAYa th dtg bln’y awl bias’y cma 3 hri dtg bln’y kl mas sbur’y tgl brp ap bnr 11-18 msa sbur sya nya

  45. anie cintyana says:

    mbak,saya mo nny,,saya dtg bulan trkhr ni tgl 6agustus-12agustus,,jd masa sbur saya tgl brp y mbak,,,saya msh kurang ngrti cra ngitung masa subur nya,,,tlg mbak blsnnya,,,,,makasih

  46. Icsah says:

    Istri q mens pda tgl 6 agstus slsai tgl 11agstus.dn sy melakukan hubungan tgl 18 agstus sperma sy mengenai celana dlam istri saya.apakah tgl 28 agstus pd saat subur.dn smpe skrng tgl 7september kc blm dteng bulan ya?tlong penjelasannya mbak.

  47. istiqomah says:

    mbak mau nanyaa….
    .stelah beberapa bulan saya mengamatin dr siklus haid saya…
    kok siklus haid saya memndek ya mbak…
    setiap 6 hari setelah mens pertama saya mens lagii….
    kalo seperti itu,brti sy apa klainan?
    trus terapinya untuk saya ini apa?
    dan solusinya pa mbak?
    sya sgt khawatir ini….

    • lusa says:

      Siklus haid normal berkisar 21-35 hari. Ketidakteraturan siklus haid disebabkan oleh karena ketidakseimbangan hormon dan sistem metabolisme tubuh, Tidak dipungkiri juga pola/gaya hidup serta kondisi tubuh/aktivitas seorang wanita akan mempengaruhi siklus haid.

      Penyebab siklus haid tidak teratur antara lain:
      1. Fungsi hormon terganggu,
      2. Kelainan sistemik, misal: wanita dengan status gizi kurang atau lebih,
      3. Gangguan pada fungsi kelenjar gondok yang akan mempengaruhi keseimbangan hormon,
      4. Pola aktivitas fisik yang menyebabkan kelelahan,
      5. Pola makan/diet, dan
      6. Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol.

      Tips agar siklus haid tetap teratur antara lain:
      1. Kurangi stres,
      2. Atur pola makan yang sehat,
      3. Cukup istirahat,
      4. Lakukan olahraga teratur, dan
      5. Biasakan pola hidup sehat.

      Bila keluhan sehubungan dengan siklus haid bertambah parah, segera datanglah ke pelayanan kesehatan untuk berkonsultasi.

  48. Ross says:

    mba, aku mau nanya…
    aku sdh menikah 1 thn blm punya keturunan, aku sering terlambat haid. baru baru ini aku haid tgl 21 agustus setelah bulan berikut (september) tdk dpt haid, trus oktober haid di tanggal 16. kirain aku udah hamil tp periksa ga hamil. apakah itu subur atau tidak ? boleh tanya kira-kira tgl 16 oktober aku haid dan masa suburnya kapan,,,,,???? makasih ya mba……

    • lusa says:

      Mbak Ross…

      Ketidakteraturan siklus haid dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, sistem metabolisme tubuh, pola/ gaya hidup dan aktivitas seseorang. Lebih jelas dapat dibaca pada jawaban pertanyaan mbak @istiqomah

      Siklus haid merupakan faktor penentu kesuburan seorang wanita. Siklus haid teratur/normal menggambarkan organ reproduksi cenderung sehat dan tidak bermasalah sehingga produksi sel telur baik.

      Untuk mengetahui masa subur dengan siklus haid tidak teratur dapat dihitung dari siklus haid terpendek dan terpanjangnya. Siklus terpanjang – 11, siklus terpendek – 18.

  49. siska says:

    mbak aku mau nanya kalo siklus mes ku terpendek 29 dikurangi 18 jadinya tnggal 11 aku mulai masa subur padahal aku masih datang bulan lo mbak pd tanggal itu.. trus solusinya gimana ?? mohon penjelasannya,makasiiih baget sebelumnya ya mbak…

    • lusa says:

      Cara menghitung masa subur pada siklus haid tidak teratur adalah dengan memantau minimal 6 kali siklus haid. Siklus haid terpendek – 18 (menentukan hari pertama subur) dan siklus terpanjang – 11 (menentukan hari terakhir masa subur). Kasus “mbak Siska” siklus terpanjangnya bagaimana?

      Darah yang keluar pada saat pertengahan siklus (berupa flek atau spoting) dapat disebabkan adanya pecahnya folikel, yang oleh pelepasan sel telur ke dalam rahim untuk dibuahi. Hal ini merupakan hal yang normal. Masa subur dapat diketahui dengan tes pack pengukur masa subur yang digunakan pada saat hari-hari masa subur.

      Selanjutnya lakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut ke ahlinya…

  50. uwall says:

    assalamu’alaikum…mba lusa artikelnya bagus banget,insyaallah bermanfaat,tapi aku bingung,siklus haid itu maksude piye,ko aku ga mudeng ya,bisa minta tolong dijelaskan mba biar aku faham..
    makasih ya mba,

  51. lilis s says:

    assalamualaikum
    salam kenal..
    mb’ qmi mw izin copy boleh??
    makasii sblumny, :)

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam

      Silakan jikalau bermanfaat untuk referensi mbak “lilis”…
      Terimakasih telah berkunjung…. dan salam kenal juga mbak…

  52. dewi says:

    Assalamualaikum,
    salam kenel,,
    mba saya mau konsultasi boleh?
    usia 21 th, belum menikah.
    Siklus menstruasiku lancar.
    tapi terkadang setelah buang air kecil atau sudah mandi saya mendapati Ms.V saya mengeluarkan cairan berwarna putih, kalo sudah di lap sama tisu dan saya pegang jadinya seperti bening, dan tidak berbau.
    apakah ini normal?
    mohon pencerahannya, terima kasih.

    • lusa says:

      Wa’alaikum salam …

      Keluarnya lendir atau cairan dari disebut keputihan atau fluor albus. Keputihan ada yang sifatnya normal dan abnormal.

      Keputihan normal (fisiologis) keluar menjelang atau sesudah haid. Sifat lendir: berwarna putih dan menjadi kekuningan bila kontak dengan udara karena prosesokside; tidak gatal; tidak mewarnai pakaian dalam dan tidak berbau.
      Keputihan abnormal terjadi karena infeksi. Sifat lendir: terjadi peningkatan volume; bau yang khas; perubahan konsistensi dan warna.

      Penyebab terjadinya keputihan antara lain:
      1. Kurangnya perawatan personal higiene (kebersihan genetalia),
      2. Ketidakseimbangan hormon,
      3. Stres,
      4. Pola hidup tidak sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, kurang tidur.

      Untuk memperluas wacana, dapat baca juga di http://www.lusa.web.id/leukorea-fluor-albus-white-discharge-keputihan/

      Semoga, telah mendapat pencerahan dengan adanya penjelasan ini…

  53. Name says:

    Mbk, saya mau nanya nih..
    Saya dulu kalau haid smpai seminggu, dan kluar banyak darah nya. Tapi sekarang cuma 3 hri dan itu pun kluar darah nya sedikit.
    Mohon saran bgaimana agar haid saya lancar seperti dlu lagi..
    Terima kasih

  54. tita says:

    mbk mau tanya boleh ya,,
    saya itu bulan belum mens.. januari trakhir mens tgl 11 lalu mens lage baru 2 maret, jdi februari ndak mens,, siklus mens saya cmn 3 – 4 hri,, normal g sih mbk?
    trus kalo seumpama telat mens apa yg harus dilakukan?
    oh ya saya belum menikah.. umur 23 thn,,
    apa ada hubungan sama makanan?

  55. SUSI says:

    askum
    mbak mau nanya donk
    faktor apa saja sih yang membuat ketidaktahuan ibu tentang masa subur….?
    mkasi atas jawabanya

  56. SUSI says:

    klo bisa tolong d balas d email ya mbk..
    mkasi sebelumnya

  57. avriiel says:

    mbak aq mau tannya nie aq kan haid bln september tgl 26 trus blan agstus.y tgl 27 .trus masa subur aq kpan dong mba

  58. lenny says:

    izin copy ya mbak….

  59. devi says:

    mba sy mw nny..
    siklus haid sy mulai gk teratur dr th 2009, jd 3 bl sekali, sblmnya lancar setiap bulan, awal 2013 gk 3 bln lg jd 1 bl stgh sx, tp tgl 15 oktober 2013 dan br dpt lg tgl 21 jan 2014 . .
    klo seperti itu, sy menghitung ms subur sy kapan ya mba..
    mohon infonya ya mbaa..
    trmkshh

Leave a Reply