Home > Askeb III (Nifas) > Kebutuhan Dasar Ibu Nifas: Eliminasi

Kebutuhan Dasar Ibu Nifas: Eliminasi

Dec 14, 2010 No Comments by lusa

Miksi
Buang air kecil sendiri sebaiknya dilakukan secepatnya. Miksi normal bila dapat BAK spontan setiap 3-4 jam. Kesulitan BAK dapat disebabkan karena springter uretra tertekan oleh kepala janin dan spasme oleh iritasi muskulo spingter ani selama persalinan, atau dikarenakan oedem kandung kemih selama persalinan. Lakukan kateterisasi apabila kandung kemih penuh dan sulit berkemih.

Defekasi
Ibu diharapkan dapat BAB sekitar 3-4 hari post partum. Apabila mengalami kesulitan BAB/obstipasi, lakukan diet teratur; cukup cairan; konsumsi makanan berserat; olahraga; berikan obat rangsangan per oral/per rektal atau lakukan klisma bilamana perlu.

Referensi
Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia. (hlm: 97-115).
Saleha, 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika (hlm: 71-76).
Suherni, 2007. Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya. (hlm: 101-118).
blogs.unpad.ac.id/lidyasuhana/files/2010/04/Kebutuhan-dasar-ibu-nifas-PTM-6.pdf diunduh tgl 21 okt.2010,10.11 AM
bidankusholihah.blogspot.com/2009/04/kebutuhan-dasar-ibu-nifas-dan-menyusui.html diunduh tgl 21 okt.2010,10.13 AM
tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/kebutuhan-dasar-ibu-nifas.html diunduh tgl 21 okt.2010,10.14 AM

Kata Kunci

kebutuhan dasar ibu nifas, obstipasi, klisma, eliminasi pada ibu nifas, kebutuhan eliminasi ibu nifas, kebutuhan seksual ibu nifas, eliminasi pada masa nifas, gangguan bab pada ibu nifas, eliminasi ibu nifas, kebutuhan eliminasi pada ibu nifas, gangguan perkemihan pada masa nifas, pengertian klisma, sakit kepala pada masa nifas, eliminasi pada ibu hamil, pola miksi dan defekasi perubahan pola BAB dan BAK pada ibu nifas, eliminasi BAB, pertanyaan eliminasi ibu nifas, makalah eliminasi pada ibu nifas pdf, kebutuhan eliminasi untuk ibu nifas, askeb nifas dengan gangguan pola eliminasi, kebutuhan dasar eliminasi ibu masa nifas, Eliminasi untuk ibu nifas, teori eliminasi pada ibu nifas.

Askeb III (Nifas)
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.
No Responses to “Kebutuhan Dasar Ibu Nifas: Eliminasi”

Leave a Reply