Home > KB > Cara Minum Pil Kombinasi

Cara Minum Pil Kombinasi

May 17, 2010 17 Comments by lusa

Cara Minum Pil Kombinasi
Pil kombinasi terbagi dalam berbagai merk, dan biasanya di dalammya terdapat brosur tentang cara pemakaiannya. Sebelum menggunakan pil kombinasi, baca dengan seksama dan pahami bagaimana minum pil dalam keadaan khusus.

Catatan:

Tunjukkan cara mengeluarkan pil dari kemasannya dan pesankan untuk mengikuti anak panah (sesuai hari) yang menunjuk deretan pil berikutnya.

Petunjuk Umum
Berikut ini adalah panduan penggunaan pil kombinasi secara umum:

  1. Pil kombinasi sebaiknya diminum setiap hari pada saat yang sama.
  2. Pil yang pertama dimulai pada hari pertama sampai hari ke tujuh siklus haid.
  3. Penggunaan pil kombinasi dianjurkan diminum pada hari pertama haid.
  4. Pada kemasan 28 pil, dianjurkan mulai minum pil plasebo sesuai dengan hari yang ada pada kemasan.
  5. Bila kemasan 28 pil habis, sebaiknya mulai minum pil dari kemasan yang baru.
  6. Bila kemasan 21 pil habis, tunggu 1 minggu kemudian mulai minum pil dari kemasan yang baru.
  7. Minum pil yang lain, apabila terjadi muntah dalam waktu 2 jam setelah meminumnya.
  8. Penggunaan pil kombinasi dapat diteruskan, apabila tidak memperburuk keadaan saat terjadi muntah hebat atau diare lebih dari 24 jam.
  9. Penggunaan pil apabila terjadi muntah dan diare berlangsung sampai 2 hari atau lebih sama dengan aturan minum pil lupa.
  10. Tes kehamilan dilakukan apabila tidak haid.

Aturan Pil Lupa
Apabila lupa minum 1 pil (hari 1-21), maka setelah ingat segera minum 2 pil pada hari yang sama (tidak perlu menggunakan metode kontrasepsi lain).
Apabila lupa minum 2 pil (hari 1-21), sebaiknya minum 2 pil setiap hari sampai jadual yang ditetapkan (sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi lain atau tidak melakukan hubungan seksual sampai pil habis).

Petunjuk Untuk Pasien Post Partum yang Tidak Menyusui
Pil kombinasi diminum setelah 3 minggu post partum. Jika sudah 6 minggu post partum dan sudah melakukan hubungan seksual, sebaiknya menunggu haid dan gunakan metode barier.

Petunjuk Untuk Pasien Post Partum yang Menyusui
Petunjuk untuk pasien post partum yang menyusui sama dengan petunjuk umum dan aturan pil lupa. Sebelum menggunakan pil kombinasi, berikan konseling dan KIE pada pasien tentang berbagai metode kontrasepsi.

Referensi
Budi, S. 2008. Pil Kontrasepsi. kuliahbidan.wordpress.com/2008/07/17/pil-kontrasepsi/ diunduh 06 Mei 2010, 12: 05 AM
contraception.about.com/od/prescriptionoptions/p/Combination.htm diunduh 23 April 2010, 01: 28 PM
mayoclinic.com/health/best-birth-control-pill/MY00996/rss=1 diunduh 23 April 2010, 11: 02 PM
medic8.com/healthguide/articles/ocp.html diunduh 21 April 2010, 01: 48 PM
patient.co.uk/health/Combined-Oral-Contraceptive-Pill.htm diunduh 21 April 2010, 01: 47 PM
Saifuddin, BA. 2008. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. (Bagian Kedua MK 28 – MK 33).

Kata Kunci

cara menggunakan pil kb, pil kb 1 kombinasi, cara minum pil kb diane 35, Cara minum pil Kb kombinasi, cara minum diane 35, cara minum pil kb andalan, cara pemakaian pil kb, aturan minum pil KB, cara minum pil kb diane, penggunaan pil kb, aturan minum pil kb diane 35, kontrasepsi pil kombinasi, pil kb yang bagus, cara minum pil kombinasi, pil kb diane, cara meminum pil kb, cara minum pil kb microgynon, manfaat pil kb diane 35, cara minum diane, cara pil kb diane 35, cara minum pil kb 28 tablet, cara minum pil kb 1 kombinasi, cara minum pil kb diane 35 pertama kali, sebaiknya minum pil kb sebelum berhubungan atau selesai berhubungan?, cara terapi hamil dengan pil kb kombinasi.

KB
© LUSA.web.id   |   Share :  
lusa

About the author

Pengajar dan pendidik aktif di perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, juga seorang praktisi kesehatan di Yogyakarta. Menghabiskan waktu luang berkumpul bersama keluarga (suami & anak) serta menulis di lusa.web.id.

17 Responses to “Cara Minum Pil Kombinasi”

  1. Intan says:

    saya haid tanggal 16 des dan sekarang tgl 25 des,, klo saya baru mau memulai minum pil kb, gmn tuh?

    • lusa says:

      Dear mba Intan…
      Sebelum minum pil kb, bisa baca artikel terkait di:
      http://www.lusa.web.id/pil-kombinasi-combination-oral-contraceptive-pill/

      Apakah haidnya sudah selesai? Atau sudah melakukan hubungan seksual?

      Cara minum pil kb kombinasi sebaiknya ikuti aturannya (baca lebih seksama lagi di http://www.lusa.web.id/cara-minum-pil-kombinasi/

      Penggunaan pil kombinasi secara umum:
      1. Pil kombinasi sebaiknya diminum setiap hari pada saat yang sama.
      2. Pil yang pertama dimulai pada hari pertama sampai hari ke tujuh siklus haid.
      3. Penggunaan pil kombinasi dianjurkan diminum pada hari pertama haid.
      3. Pada kemasan 28 pil, dianjurkan mulai minum pil plasebo sesuai dengan hari yang ada pada kemasan.

      Jadi…
      Minum pil kb sebaiknya pada saat mulai haid/ haid masih berlangsung..
      Jika haid sudah selesai, minum sesuai dengan harinya.
      Baca juga aturan minum pada kemasan, karena setiap kemasan mempunyai aturan minum yang kemungkinan berbeda..

  2. diena says:

    saya mau tanya, kontrasepsi untuk ibu menyusui yang baik tanpa ada efek samping itu apa? karena yang saya tahu kalau pil kombinasi sama suntik kombinasi punya efek samping bagi asi dan bayinya, sedangkan mbak saya masih takut akan terjadi kehamilan meski sudah asi eksklusif, terimaksih…

    • lusa says:

      Dear Bunda Diena…

      Semua bentuk kontrasepsi ada kelebihan dan kekurangannya, sehingga kemungkinan pasti ada efek sampingnya .

      Penggunaan kontrasepsi pil atau suntik kombinasi merupakan kontraindikasi bagi ibu menyusui karena mempengaruhi hormon laktasi. Sehingga ibu lebih baik dianjurkan menggunakan kontrasepsi non hormonal, KB alami ataupun yang mengandung satu hormon.

      Perlu dipertimbangkan juga, jarak kehamilan berikutnya agar anak mendapat hak asuh penuh baik ASI maupun kasih sayang bunda tercinta.

      Sebaiknya, sebelum memilih salah satu kontrasepsi lakukan konsultasi ke bidan atau tenaga kesehatan untuk mendapatkan edukasi yang jelas mengenai alat kontrasepsi.

      Demikian, bunda Diena semoga penjelasannya memberikan pencerahan… Makasih..

  3. linda says:

    dear ibu lusa…

    saya bingung neh pilih kb apa?? sudah konsul sama dokter spog tp ttp masih bimbang…karena semua ada kelebihan n kekurangan!anak saya masih berumur 6bln..saya msh menyusui..sama dokter diberi pilihan IUD atau suntik 3bln…
    nah masalahnya kalo IUD saya takut..meski sudah dibilang tidak sakit ttp saja badan saya lgsg panas dingin..ngeri ada alat dlm tubuh saya….sedang suntik 3bln/hormonal efek sampingnya banyak bgt…
    suami mendukung kb alami tp semua org meragukan kb alami karena lebih banyak gagalnya…..
    tolong masukannya,terimakasih….

  4. Amelia says:

    Amelia,
    dear ibu Lusa
    Saya bingung nih saya sebelumnya pakai kontrasepsi suntik per 3 blnan terus saya mau ganti ke pil Diane 35 .
    Saya tanya ke bidan katanya langsung diteruskan dengan pil kb bk nya .
    Saya harus suntik KB pada tanggal 15 Agustus apa benar saya langsung teruskan pada tanggal 15 agustus itu atau saya harus menunggu sampai men dulu?
    Tapi selama saya suntik KB saya tidak men.
    tolong petunjuknya ya bu?

  5. merlyn says:

    Saya sudah pake pil kb andalan slama 28 hri.tpa stelah itu sya trskan minum ? ª?î kaplet ???? berikutnya pil ???? wrn putih udh dpt 4hri ??????? bru dpt haid… Benar kah cra sya? Ato mnum kaplet ???? brikut tgu haiD dtg bru mnum ? ª?î ?

  6. helen tampubolon says:

    saya pakai pil kb diane 21 setelah haid bln 10.haid nya tgl 23 dan sampai skarang saya blm haid.stlah habis kemasan pertama, saya langsung makan kemasan ke 2.saya udah test kehamilan negatif,apakah mengkomsumsi pil ini tdk menstruasi/?padahal saya tdk pernah lupa minum pil atau apakah saya salah aturan?

    • lusa says:

      Pil KB diane 21 mengandung Siproteron dan Etinilestradiol. Pil KB ini termasuk pil kombinasi artinya pil KB yang mengandung hormon esterogen dan progesteron.

      Efek samping dari penggunaan pil kombinasi adalah:
      1. Peningkatan risiko trombosis vena, emboli paru, serangan jantung, stroke dan kanker leher rahim.
      2. Peningkatan tekanan darah dan retensi cairan.
      3. Pada kasus-kasus tertentu dapat menimbulkan depresi, perubahan suasana hati dan penurunan libido.
      4. Mual (terjadi pada 3 bulan pertama).
      5. Kembung.
      6. Perdarahan bercak atau spotting (terjadi pada 3 bulan pertama).
      7. Pusing.
      8. Amenorea.
      9. Nyeri payudara.
      10. Kenaikan berat badan.

      Pada kasus mbak Helen, efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan pil KB diane 21 adalah amenore (tidak perdarahan/spoting).
      Penanganannya: lakukan tes kehamilan, bila tidak hamil dan cara minum sudah benar (tidak masalah). Dan lanjutkan untuk minum pil kembali. Bisa jadi masih masa adaptasi hormon dalam tubuh. Atau tidak haid kemungkinan kurang adekuatnya efek lestrogen terhadap endometrium (tidak perlu pengobatan).

      Sebagai bahan rujukan bisa baca di http://www.lusa.web.id/pil-kombinasi-combination-oral-contraceptive-pill/

  7. mei says:

    Saya ayu baru menikah belum maau hamil menggunakan pil kb Diane bulan kemarin di Hari Pertama Haid Tp yg Jadi masalah menstrusi Jadi kepanjangan sampai Hari ini Udah 10 hari belum berhenti pendarahan yg Tadinya Biasa normal 1 minggu Udah Beres jd khawatir lanjut minum mlm ini… Soal’nya terasa mules seperti hari pertama haid Dan Sangaat Menyiksa sakit’nya mending sebelum minum pil Diane Dan. Cuma. Hari. Pertama….. º°??°º?:)ª:)K:)ª:)§:)?:)?º°??° º jwbn’nyaa

    • lusa says:

      Penggunaan pil KB atau KB hormonal tidak hanya memiliki efek samping amenorea atau tidak haid, tetapi bisa terjadi perdarahan pervaginam atau spoting.
      Efek samping ini (perdarahan) normal terjadi pada penggunaan 3 bulan pertama. Hal ini disebabkan terjadi adaptasi hormonal.
      Bila perdarahan/spotting masih terjadi, segeralah datang dan konsultasi ke tenaga kesehatan.

      Penanganan efek samping ini akan diberikan pil estrogen dosis tinggi (50 mikrogram) sampai perdarahan teratasi, kemudian dianjurkan kembali ke dosis awal.
      Bila perdarahan berlanjut, dianjurkan melanjutkan pil estrogen dosis tinggi (50 mikrogram) atau disarankan dengan metode kontrasepsi lain.
      http://www.lusa.web.id/pil-kombinasi-combination-oral-contraceptive-pill/ , bisa digunakan sebagai bahan referensi..

      Moga dapat mambantu memberikan penjelasan… Terimakasih…

  8. rudian syah says:

    ada teman sy tanya, dlu dia ikut suntik kb, namun sekrang masa suntikanya telah habis, dan akhrnya dia haid, kbiasiaan haidnya 8hr dan sudah suci krn dia ingin ganti pil KB akhrnya di dia telan 1pil setelah itu ternyata darahnya kluar lg, krn dia pertama kali menggunakan pil it dia takut meminumnya lag sampai 4hr. Apakh dia hrus hruz lanjutkan atau ganti yg baru?

  9. vita says:

    saya baru pertama kalinya memakai pil kb diane 21. sebelumnya saya belum pernah kb. saya menggunakan pil kb 2 hari setelah menstruasi selesai (bidan mengatakan tidak masalah). saya minum pil kb setiap hari dan jam yang sama. pada saat pil habis,saya tidak menstruasi dan saya melakukan tes kehamilan hasilnya negatif. ketika saya minum pil lagi setelah 7 hari istirahat muncul bercak coklat tua dan hanya sedikit saja (mungkin menstruasi). peristiwa itu berlangsung sampai 8 hari dan tidak setiap hari muncul bercak tersebut. namun saya tetap melanjukan pil kb. apa yang harus saya lakukan?bingung nih..

  10. wiwin says:

    biasanya saya minum pil kb jam 10 malam lah pada malam itu saya lupa dan ingat bsok harinya jam 7 pagi langsung saya minum pil yg itu tadi malam pada paagi itu apakah salah? tetapi saya tdk berhubungan

  11. puji says:

    saya bingung mau pilih kontrasepsi apa. suami sy kerja diluar kota.. biasa ketemu 3 bln sekali. bs ndak sy minum pil kb nya 4 hr sebelum berhubungan stlh suami sy pergi lg ke lokasi pekerjaaannya sy tdk minum.. begitu lg siklusnya 4 hr sblm suami dtg sy mulai lg minum pil kb. apakah hal itu benar

  12. dina says:

    saya dina.
    saya sudah nikah hampir 6 tahun tp blm dkaruniai keturunan krna masalah haid tidak lancar apakah saya bisa minum pil kb untuk mempelancar haid….

    l
    berbahaya nggak bagi saya yg blm punya anak tp mau minum pil kb….
    cara minum yg bener minum pil kb yg bener gmn???
    apa bisa untuk mancing kehamilan…
    mohon infony.

  13. estyvidyarini says:

    Bs gak pil kb diane 35 di minum pada saat haid sdh berhenti..

Leave a Reply